Review Seri Balap Formula 1 GP Brasil 2009: Well done, Jenson!

Perburuan gelar F1 tahun ini berakhir sudah. Meskipun seri balap masih menyisakan satu lagi di Abu Dhabi dua pekan mendatang, juara dunia pembalap dan juara dunia konstruktor sudah bisa dipastikan sejak hari minggu kemarin di sirkuit Interlagos, Sao Paulo, Brazil.

Ya, pada balapan yang berlangsung tanggal 18 Oktober 2009, Jenson Button berhasil mengunci gelar juara dunia musim ini sekaligus memastikan timnya, Brawn-GP, sebagai juara dunia konstruktor. Secara otomatis, punah sudah peluang Rubens Barrichello dan Sebastian Vettel untuk merebut gelar tersebut dari tangan Jenson Button.

Dengan keberhasilannya finish di posisi kelima dalam balapan kemarin, poin yang dikumpulkan Button memang sudah tidak mungkin dikejar lagi. Dan, cerita ala Cinderella pun akhirnya menjadi kenyataan. Bayangkan, di awal tahun, karir Button di F1 sempat terancam dengan mundurnya Honda sebagai salah satu tim utama di F1 karena krisis finansial global. Untunglah ada Ross Brawn (mantan team principal Honda F1 Racing) yang menjadi penyelamat.

Dengan dana yang sangat pas-pasan, Ross Brawn nekad membentuk tim darurat dari sisa-sisa Honda untuk mengarungi kompetisi F1 musim 2009. Bahkan, Jenson Button, selaku pembalap utama, harus rela gajinya dipotong secara signifikan dan menjadi salah satu yang terendah di F1. Brawn-GP sendiri menjadi tim yang paling miskin di F1. Hal inilah yang semula membuat semua pecinta F1 meragukan Brawn-GP bisa bertahan dalam persaingan F1 yang begitu keras.

Tapi, kenyataan berkata lain. Sejak awal musim, Brawn-GP bersama Jenson Button (dan tentu saja Rubens Barrichello) membalik semua prediksi. Dari 7 lomba pertama, Button sukses merebut 6 kemenangan, sekaligus menempatkan dirinya sebagai kandidat serius juara dunia tahun ini. Tim yang semula hanya dianggap ‘anak bawang’ ternyata secara ajaib berhasil berubah menjadi lebih dari kuda hitam. Brawn-GP melesat bak meteor dan bersinar lebih terang daripada bintang di langit.

Sempat mendapat perlawanan hebat di akhir musim dari Sebastian Vettel dengan tim Red Bull-nya, akhirnya Button dengan tim Brawn-nya berhasil membuktikan bahwa mereka adalah yang terbaik musim ini. Well done, Jenson! Great Brawn! Terima kasih karena telah menyuguhkan sebuah musim terbaik sekaligus ajaib di F1.

Jenson Button ketika masih bersama Honda.
Jenson Button ketika masih bersama Honda.
Tim Brawn-GP merayakan gelar juara dunia F1 2009.
Tim Brawn-GP merayakan gelar juara dunia F1 2009.
Review Seri Balap Formula 1 GP Brasil 2009: Well done, Jenson!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s