Final Draw 2010 FIFA World Cup South Africa

Undian pembagian grup putaran final Piala Dunia FIFA 2010 sudah berlangsung tadi malam (4/12/2009) di Cape Town, Afrika Selatan, dengan hasil sebagai berikut:

Grup A: Afrika Selatan, Meksiko, Uruguay, Prancis.
Grup B: Argentina, Nigeria, Korea Selatan, Yunani.
Grup C: Inggris, Amerika Serikat, Aljazair, Slovenia.
Grup D: Jerman, Australia, Serbia, Ghana.
Grup E: Belanda, Denmark, Jepang, Kamerun.
Grup F: Italia, Paraguay, Selandia Baru, Slovakia.
Grup G: Brazil, Korea Utara, Pantai Gading, Portugal.
Grup H: Spanyol, Swiss, Honduras, Chile.

Melihat konfigurasi tersebut, tak pelak ada beberapa grup yang pantas disebut sebagai grup neraka (tapi bukan berarti grup yang lain ringan) karena dihuni oleh tim-tim yang mempunyai kekuatan seimbang. Grup-grup neraka tersebut adalah grup A, grup D, grup E, dan grup G. Sedangkan grup B, grup C, grup F, dan grup H, relatif tidak terlalu ketat persaingannya.

Di grup A, tuan rumah Afrika Selatan akan menghadapi jalan terjal untuk lolos ke babak selanjutnya karena di situ ada dua juara dunia (Prancis dan Uruguay) serta Meksiko yang memiliki tradisi kuat di Piala Dunia. Bisa jadi mitos bahwa tuan rumah selalu lolos ke babak selanjutnya tidak akan berlaku kali ini. Meski demikian, saya pribadi tetap berharap Afsel bisa lolos dan membuat kejutan di grup ini. Prancis? Well, kalau masih tampil angin-anginan seperti sekarang, siap-siap saja mengulang memori pahit tahun 2002 saat mereka gagal melangkah ke babak 16 besar. Meksiko dan Uruguay mempunyai kans besar untuk menemani tuan rumah ke babak kedua.

Grup B relatif lunak. Juara dunia dua kali, Argentina (jagoan saya :P), diramal tidak akan kerepotan. Lawan yang paling berat mungkin adalah Elang Super Nigeria. Tapi juga jangan meremehkan Korea Selatan dan Yunani. Ingat kejutan yang mereka buat di Piala Dunia 2002 dan Piala Eropa 2004. So, hati-hati, Diego! Kalau Anda lengah, Argentina will cry seperti tahun 2002. Prediksi saya, Argentina dan Nigeria yang akan lolos ke babak kedua.

Satu lagi grup yang agak longgar, grup C. Favorit juara (katanya, sih…), Inggris, hanya akan ditantang oleh Amerika, Aljazair, dan Slovenia. Dua tim yang saya sebut terakhir bisa dibilang tim anak bawang karena sangat minim pengalaman di Piala Dunia. Yang bisa menyulitkan The Three Lions adalah pasukan Sam’s Army, Amerika. Di Piala Konfederasi kemarin, The Yanks hampir juara sebelum ditekuk Brazil di final. Yes, grup ini tampaknya menjadi milik Inggris dan Amerika.

Nah, ini dia nerakanya neraka, grup D. Jagoan Eropa, tim Panzer Jerman, akan ditantang Australia, Serbia, dan Ghana. Bisa dibilang keempat tim ini punya kemampuan merata secara teknis. Jerman hanya menang di pengalaman dan factor mental saja. So, inilah grup yang paling seru untuk disimak dan paling layak dibuat taruhan. Mehehehe… Saya pribadi lebih condong memilih Jerman dan Australia yang akan berhasil keluar dari grup maut ini.

Grup E juga termasuk berat, meski tidak sepanas grup D. Di sini bercokol tim Oranje Belanda, tim Dinamit Denmark, Blue Samurai Jepang, dan Singa-Singa Perkasa Kamerun. Denmark dan Belanda memang lebih diunggulkan, tapi saya mengharapkan Jepang bisa membuat kejutan menemani Belanda lolos ke babak 16 besar. Kebanggaan Asia berada ditangan Jepang.

Satu lagi jagoan saya, Italia, berada di grup ringan, yaitu grup F. Meski saya tidak menjagokan Italia juara lagi kali ini (karena sudah juara tahun 2006, jadi sekarang giliran Argentina :P), saya rasa Gli Azzurri nggak akan kesulitan lolos dari grup F. Potensi pengganjal ada di tangan Paraguay. Sedangkan Slovakia dan Selandia Baru bisa dibilang sebagai tim ABG yang baru saja mencicipi atmosfer Piala Dunia. Biar pun demikian, saya berharap Selandia Baru yang akan bersama Italia lolos ke putaran dua.

Selanjutnya, grup G. Ya, di grup ini bakal terjadi derby Real Madrid karena dihuni oleh Brazil dan Portugal. Jadi, kita bakal menyaksikan dua punggawa El Real, Kaka dan Cristiano Ronaldo saling tikam. Inilah the battle of galacticos dan merekalah yang bakal lolos dari grup ini. Dua tim lain, Korea Utara dan Pantai Gading, saya rasa harus rela hanya menjadi penonton. Meski demikian, Pantai Gading dengan Didier Drogba-nya punya peluang untuk menikam Brazil atau Portugal dari belakang kalau mereka berdua tidak berhati-hati.

Grup terakhir, grup H, adalah grup yang ringan seperti halnya grup F. Jawara Eropa, tim Matador Spanyol, saya rasa tidak akan kesulitan lolos dari sini dengan ditemani salah satu di antara Swiss, Honduras, atau Chile. Saya rasa Swiss punya peluang lebih besar karena mereka dikenal sulit dikalahkan dan stabil selama di Piala Dunia. Ingat, tahun 2006, Swiss adalah satu-satunya tim yang tersingkir tanpa pernah kalah di Piala Dunia Jerman tersebut. Waktu itu, anak-anak Swiss Army hanya kalah adu penalti lawan Ukraina di putaran kedua.

OK, deh. Inilah ulasan awal menuju Piala Dunia 2012, eh 2010.😛 Menunggu kick-off pertama di Afrika Selatan, enam bulan lagi, bukan waktu yang lama, kok. Prepare yourself, guys! Welcome to the planet football.

Zakumi, Maskot Resmi 2010 FIFA World Cup South Africa.
Final Draw 2010 FIFA World Cup South Africa

2 thoughts on “Final Draw 2010 FIFA World Cup South Africa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s