Menjelang Balap Formula 1 Musim 2010: Virgin Racing is Coming!

Woohoo! Akhirnya, tokoh idola saya, Sir Richard Branson, bos Virgin Group, me-launching tim balapnya sendiri di F1. Yes, welcome to the danger zone, Virgin Racing. Acara perkenalan tim balap baru tersebut diumumkan kemarin (15/12/2009). Virgin Racing masuk F1 dengan mengakuisisi Manor GP, tim baru yang rencananya mulai berlaga musim 2010 depan.

Geliat Sir Richard Branson di F1 sebenarnya sudah dimulai tahun ini dengan menjadi sponsor resmi tim juara dunia, Brawn GP. Tapi, sayang, kerjasama itu tidak berlanjut. Brawn GP secara resmi sudah dibeli oleh Mercedes-Benz dan sekarang menjadi tim All German, Mercedes GP. Dua tim “baru” ini tampaknya bakal menjadi tim kuda hitam yang siap menghadang laju tim-tim tradisional semacam Ferrari dan McLaren.

OK. Kembali ke Virgin Racing. Tim ini bakal dipiloti oleh dua pembalap muda potensial, yaitu Timo Glock dan Lucas Di Grassi. Timo Glock adalah pembalap Jerman yang musim lalu membela Toyota, sedangkan Lucas Di Grassi adalah pendatang baru di F1. Pembalap Brazil ini adalah mantan jagoan di lintasan GP2 (seri balap yang setingkat di bawah F1). Banyak pihak mengatakan bahwa dia layak difavoritkan menjadi calon Rookie of the Year 2010.

Yang menarik, mobil balap Virgin Racing, yang diberi nama VR-01, dirancang oleh Nick Wirth tanpa menggunakan bantuan wind tunnel alias terowongan angin. Mobil bermesin Cosworth itu mencatat rekor sebagai mobil balap modern pertama yang dirancang hanya menggunakan bantuan komputer dengan teknologi simulasi supercanggih. Wow, ini sebuah revolusi!

Ditambah dengan kegilaan Sir Richard Branson pada hal-hal ekstrem dan revolusioner, tim ini bakal sangat menjanjikan dan bermasa depan cerah. Saya yakin, Sir Richard tidak main-main dengan proyek balapnya ini. Ya, pengusaha nyentrik itu memang tidak pernah main-main kalau sudah memutuskan untuk terjun langsung. Ingat proyek Virgin Galactic, kan? Proyek wisata ke luar angkasa pertama yang juga digagas olehnya. Proyek ini sudah dalam tahap finalisasi sekarang. Nggak lama lagi, jalan-jalan ke luar angkasa, layaknya astronot, bisa dinikmati oleh masyarakat umum, yang mampu bayar tentunya.😛

“Saya percaya, dengan kelompok orang yang tepat, kita bisa mencapai apa saja yang kita inginkan. Mungkin kami akan butuh waktu untuk menuju ke sana, tapi saya percaya dengan kelompok yang ada sekarang, Virgin Racing bisa mencapai puncak,” kata Sir Richard.

OK, deh. Well done, Sir! Virgin Racing will be one of my favorite teams.😀

Sir Richard Branson bersama Timo Glock dan Lucas Di Grassi.
Sir Richard Branson, Virgin Racing's Boss.
Menjelang Balap Formula 1 Musim 2010: Virgin Racing is Coming!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s