Diego-Roman, Berdamailah!

Piala Dunia FIFA 2010 masih enam bulan lagi dihelat. Tetapi, pelatih tim Tango Argentina, yaitu Diego Maradona, sudah menetapkan 14 nama pemain yang pasti dibawa serta ke Afrika Selatan. Jumlah 14 orang tersebut memang belum final, karena setiap tim diperbolehkan maksimal mendaftarkan 23 pemain pilihannya.

Ke-14 nama pemain yang pasti dipilih oleh Maradona adalah: Sergio Romero, Martin Demichelis, Gabriel Heinze, Rolando Schiavi, Nicolas Otamendi, Javier Mascherano, Juan Sebastian Veron, Mario Bolatti, Jonas Gutierrez, Ángel Di Maria, Lionel Messi, Gonzalo Higuain, Ezequiel Lavezzi, dan Carlos Tevez.

Yang menarik, di antara 14 pemain tersebut, tidak ada nama menantu sang pelatih, yaitu Sergio Aguero. Tidak dicantumkannya nama penyerang klub Atletico Madrid itu cukup mengagetkan karena selama ini selalu dipanggil oleh Maradona ketika menghadapi pertandingan-pertandingan penting. Apalagi, dia adalah suami dari anak Maradona. Meski demikian, publik masih yakin bahwa sang mertua akan tetap memanggil Sergio “Kun” Aguero di saat-saat terakhir untuk melengkapi kuota 23 pemain.

Selain Kun Aguero, nama lain yang cukup saya sayangkan adalah playmaker Boca Juniors, Juan Roman Riquelme. Sejak timnas Argentina dibesut oleh Maradona, Riquelme tidak pernah dipanggil lagi ke timnas. Padahal, saya masih ingat, di Olimpiade Beijing 2008 lalu, kolaborasi Riquelme-Messi sangat ampuh dan berhasil mempersembahkan medali emas untuk Tango.

Ketidakhadiran Riquelme sangat terasa ketika Argentina tertatih-tatih untuk meloloskan diri dari babak kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010 zona Amerika Latin. Lionel Messi, yang sangat mengerikan di klub Barcelona, selalu tampil melempem di timnas. Itu semua karena dia tidak mendapatkan seorang “pelayan” yang mumpuni seperti Xavi Hernandez di Barca. Dan sosok “pelayan” sang messias tersebut sebenarnya mampu diperankan dengan nyaris sempurna oleh Roman Riquelme di Olimpiade Beijing 2008.

Sampai saat ini, tidak ada yang tahu pasti alasan utama Maradona tidak memanggil Riquelme. Kejadian bermula ketika tidak ada nama Riquelme saat tim Tango menjalani debut bersama Maradona melawan Skotlandia, akhir 2008 lalu. Saat itu, Maradona berkilah bahwa itu hanyalah pertandingan persahabatan, dan tenaga Riquelme lebih dibutuhkan oleh klubnya, Boca Juniors. Tetapi, Riquelme terlanjur sakit hati dan merasa disingkirkan. Akhirnya, kedua bintang favorit saya tersebut terlibat perang dingin sampai saat ini.

Oleh karena itu, saya sangat menyayangkan kalau Maradona sampai mengabaikan Riquelme. Seorang playmaker terbaik di dunia tidak sepantasnya menikmati event sebesar Piala Dunia dari layar teve. Saya yakin 100%, kolaborasi Maradona-Messi-Riquelme akan berjaya di Afrika Selatan. Tapi, apa mau dikata, sampai saat ini, tidak ada tanda-tanda positif yang mengarah pada terwujudnya kolaborasi tiga superstar tersebut. Bahkan, Riquelme sudah buka suara kepada media bahwa Piala Dunia tidak ada dalam agendanya enam bulan mendatang. “Juni nanti, saya sudah menyiapkan rencana liburan,” tutur Riquelme kepada Associated Press kemarin.

Saya hanya berharap, Tuhan menggerakkan tanganNya serta menyentuh hati dan pikiran Maradona untuk menyertakan Riquelme ke Afrika Selatan pada saat-saat terakhir nanti. Saya yakin, Riquelme pasti akan menerima kalau memang ada panggilan resmi dari Maradona. Karena bisa jadi, ini adalah kesempatan terakhirnya untuk berjuang di Piala Dunia bersama Argentina. Empat tahun lagi, usia Riquelme sudah terlalu tua dan kemungkinan besar akan sulit bersaing di event sekelas Piala Dunia. Maka dari itu, berdamailah, Diego-Roman!

Diego-Roman, Berdamailah!
Saat masih mesra. Kenangan manis Riquelme-Maradona ketika Argentina merebut medali emas Olimpiade Beijing 2008.
Diego-Roman, Berdamailah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s