Preview Musim Balap Formula 1 2010

Yeay! Musim balap F1 2010 akan dimulai dalam hitungan hari. Nggak sabar rasanya menunggu suara lengkingan mesin mobil yang bisa membuat bulu kuduk saya berdiri. Musim balap tahun ini bisa dibilang musim yang menarik sekaligus menyedihkan buat saya, selaku penggemar fanatik F1.

Menarik, karena banyak pembalap-pembalap baru dan tim-tim baru, serta kembalinya sang legenda, Michael Schumacher. Menyedihkan, karena musim ini, untuk pertama kalinya, Giancarlo Fisichella, pembalap idola saya sepanjang masa, tidak akan membalap secara regular. Fisico hanya akan menjadi pembalap ke-3 (cadangan) di tim Scuderia Ferrari.😦

Saya bukan penggemar Schumacher. Bahkan, saya bisa dibilang termasuk golongan ABS (Asal Bukan Schumi). Tapi, untuk tahun ini, mau tidak mau, saya harus memberikan perhatian lebih kepada sang rainmaster tersebut. Kembalinya Schumi bersama tim Mercedes GP, bagaimanapun juga, layak ditunggu dan dicermati. Akankah sang master masih tetap perkasa? Atau, dia harus mengakui keunggulan para jago-jago muda tahun ini? Sangat menarik untuk disimak.

Konfigurasi tim unggulan, sepertinya, akan kembali “normal”, yaitu: Ferrari dan McLaren akan kembali bersaing di papan atas. Setelah tahun kemarin sempat tidak “normal”, dengan fenomena kemunculan Brawn-GP, sepertinya, tahun ini tidak ada tim “kecil” yang bakal mengejutkan.

Hal ini bisa diraba dari hasil uji coba yang sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu di Spanyol. Ferrari dan McLaren masih mendominasi. Apalagi, mereka diperkuat oleh deretan pembalap juara dunia, yaitu: Jenson Button, Lewis Hamilton, dan Fernando Alonso, serta pembalap yang selalu “hampir” menjadi juara dunia, Felipe Massa.

Persaingan keempat pembalap di atas diramal bakal sangat ketat dan tidak menutup kemungkinan bakal saling “bunuh” antar rekan satu tim (Button-Hamilton di McLaren dan Alonso-Massa di Ferrari), seperti yang pernah terjadi ketika Hamilton dan Alonso satu tim di McLaren pada musim 2007 yang lalu. Tim yang berpotensi mengganggu persaingan dua besar tersebut adalah Red Bull Racing dan juara dunia konstruktor, Mercedes GP (tahun lalu bernama Brawn-GP).

Red Bull diperkuat oleh “wunderkind” alias si anak ajaib dari Jerman, Sebastien Vettel. Tahun lalu, Vettel hampir menjadi juara dunia dan berkali-kali merepotkan Jenson Button. Di klasemen akhir, dia hanya tertinggal 11 poin dari Button. Tahun ini, pemuda berusia 22 tahun tersebut diperkirakan bisa memberikan perlawanan yang lebih sengit kepada jagoan-jagoan Ferrari dan McLaren.

Bagaimana dengan Mercedes GP? Tim “baru tapi lama” ini akan mengandalkan jago tua, Michael Schumacher. Well, kita semua tahu, meski tua, dia adalah Schumacher gitu, lho… Juara dunia tujuh kali asal Jerman dan pemegang hampir semua rekor di F1. Setelah pensiun selama 3 musim, tahun ini dia memutuskan comeback karena faktor balas budi kepada Mercedes. Ya, Mercedes adalah pihak yang berjasa mengorbitkan karir Schumi di F1 pada awal mula dia membalap. Bisa dibilang, tanpa Mercedes, Schumi tidak akan ada.

Oleh karena itu, saya menyimpulkan, musim ini sebenarnya adalah ajang pembuktian siapa yang lebih digdaya antara jago tua, Michael Schumacher, melawan jago-jago muda, seperti Button, Hamilton, Alonso, Massa, ataupun Vettel. Prediksi saya? Sorry, Schumimania… Masanya Michael Schumacher sudah lewat. Saya berharap, Jenson Button mampu mempertahankan gelar juara dunianya. Go Jenson!😀

Para Juara Dunia: Jenson Button, Lewis Hamilton, Fernando Alonso, dan Michael Schumacher.
Preview Musim Balap Formula 1 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s