Uruguay vs Dominasi Eropa

Tim-tim Amerika Latin yang begitu perkasa di fase grup dan babak 16 besar, ternyata harus berguguran satu-persatu di perempatfinal. Tercatat, hanya Uruguay satu-satunya negara dari zona Conmebol yang lolos ke babak 4 besar FIFA World Cup 2010. Dua jagoan, Brasil dan Argentina, serta satu kuda hitam, Paraguay, sudah pulang kampong duluan setelah dilibas juara-juara Eropa, Belanda, Jerman, dan Spanyol.

Gugurnya para wakil Amerika Selatan tersebut, tak pelak, membalikkan prediksi semua pengamat yang mengatakan bahwa FIFA World Cup kali ini akan dikuasai oleh pasukan-pasukan latin. Hal itu juga sesuai dengan mitos yang sampai saat ini masih belum terpatahkan, yaitu wakil-wakil Eropa tidak pernah bisa juara jika Piala Dunia diadakan di luar benua Eropa. Melihat kondisi saat ini, tampaknya mitos tersebut akan patah. Hanya Uruguay satu-satunya harapan Amerika Latin untuk menjegal ambisi dan dominasi Eropa di Afrika Selatan.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, Eropa dan Amerika Latin membagi skor sama. Di antara 18 edisi yang sudah digelar, Eropa juara 9 kali, demikian juga Amerika Latin, 9 kali juara. Amerika Latin diwakili oleh Brasil (5 kali), Argentina dan Uruguay (masing-masing 2 kali). Eropa diwakili oleh Italia (4 kali), Jerman (3 kali), Inggris dan Prancis (masing-masing 1 kali). Tahun ini, 2010, adalah edisi ke-19. Siapapun yang juara, Eropa atau Amerika Latin, bakal memimpin jumlah total perolehan gelar.

Di semifinal, Uruguay akan menantang tim besar Eropa yang belum pernah menjadi juara dunia, yaitu Belanda. Tim Oranje memang termasuk salah satu jagoan benua Biru yang belum pernah merengkuh nikmatnya trofi Piala Dunia, selain Spanyol dan Portugal. Tanpa mengecilkan peluang Uruguay, kali ini pasukan Kincir Angin tersebut mendapat momen yang pas untuk sekali lagi menembus final, seperti yang sudah mereka capai tahun 1974 dan 1978, di mana dua-duanya gagal menjadi juara.

Uruguay sendiri adalah tim besar di masa lalu. Bisa dibilang, mereka adalah jagoan jadul. Juara dunia dua kali adalah rekornya. Tapi, itu direbut terakhir kali tahun 1950 alias 60 tahun yang lalu! Sedangkan juara dunia yang pertama mereka rengkuh tahun 1930, sekaligus mencatat rekor sebagai juara Piala Dunia pertama & tuan rumah yang pertama pula. Saat ini, La Celeste ingin membuktikan bahwa mereka juga bisa berjaya di jaman modern dan ingin menghapus predikat sebagai jawara kuno.

Calon lawan dari pemenang laga Uruguay vs Belanda adalah Jerman atau Spanyol. Jerman adalah finalis Euro 2008, sedangkan Spanyol adalah jawaranya. Ini akan menjadi partai balas dendam bagi Jerman. Dengan materi pemain yang lebih fresh, karena mengusung sederetan pemain-pemain muda penuh bakat, Jerman banyak diunggulkan untuk menjungkalkan Spanyol, yang kali ini tampil tidak sedahsyat seperti ketika di Euro 2008.

Dari konfigurasi di atas, kira-kira siapa yang layak bertemu di partai pamungkas nanti? Bursa taruhan dan pengamat terbelah dua, ada yang menjagokan Belanda vs Jerman, dan banyak juga yang menjagokan Belanda vs Spanyol bakal bertemu di final. Hampir tidak ada yang menjagokan Uruguay akan tampil di final. Ini memang ironis, karena di awal turnamen digelar, wakil Amerika Latin (terutama Brasil) banyak diprediksi akan membawa pulang Piala Dunia.

Saya pribadi berharap Uruguay mampu membuat kejutan. Tidak hanya lolos ke final, saya berharap Uruguay mampu menjadi juara dunia untuk yang ketiga kalinya. Sekali lagi, ini hanya harapan. Secara logika, peluang Uruguay untuk lolos dari jepitan tiga raksasa Eropa memang kecil. Tetapi, ini adalah sepak bola. Tidak ada yang tidak mungkin. Uruguay sudah pernah melakukan hal yang mustahil dengan mengalahkan Brasil, yang waktu itu bertindak sebagai tuan rumah, tahun 1950, dan merebut gelar juara dunianya yang kedua. Saat ini pun seharusnya juga bisa.

Uruguay vs Dominasi Eropa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s