Big Eight

Selama lima tahun terakhir, kompetisi English Premier League didominasi oleh empat klub papan atas, yaitu Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Liverpool. Julukan Big Four pun disematkan kepada empat klub tersebut sebagai penguasa Liga Inggris. Nah, musim kompetisi 2010-2011 ini, hegemoni Big Four mulai diragukan selaras dengan mulai bermunculannya klub-klub lain yang musim lalu mampu menunjukkan performa yang meyakinkan.

Ada empat klub lain yang diprediksi mampu memberi gangguan pada Big Four, yaitu Manchester City, Tottenham Hotspur, Aston Villa, dan Everton. Musim lalu, Spurs, City, dan Villa, bahkan mampu mendepak Liverpool ke posisi ke-7. Sedangkan Everton menduduki posisi ke-8. Oleh karena itu, musim ini bukan hanya empat klub yang diperkirakan mampu bersaing memperebutkan zona UEFA Champions League, tapi sudah menjadi delapan klub. From Big Four to Big Eight.

Dari delapan klub tersebut, Manchester United dan Chelsea masih tetap menjadi unggulan utama versi bursa taruhan. Sebagai juara bertahan, the Blues, Chelsea, tidak banyak melakukan perubahan. Bahkan, anak asuh Carlo Ancelotti tersebut harus kehilangan Michael Ballack, Deco, dan bintang Inggris, Joe Cole, yang hengkang ke Liverpool. Hasil uji coba pramusim yang sudah dilakoni juga kurang meyakinkan. Yang terakhir, Chelsea menyerah kalah sewaktu melawan Manchester United di ajang Community Shield pekan lalu. Ini menjadi sinyal bahaya bagi sang double winners.

Sedangkan Setan Merah, Manchester United, memulai musim ini dengan hasil yang cukup memuaskan. Community Shield berhasil direbut. Dan, ini yang menarik, klub yang memenangi Community Shield biasanya akan bablas menjadi juara Premier League. Selain itu, skuad MU juga mendapat tambahan amunisi muda dari Meksiko, yaitu Javier “Chicharito” Hernandez. Bahkan, penyerang timnas Meksiko tersebut mampu menyumbangkan satu gol ketika MU mengandaskan Chelsea di Community Shield. Sebuah debut yang manis bagi si kacang polong kecil.

Di luar MU dan Chelsea, saya perkirakan Liverpool, Arsenal, Manchester City, dan Tottenham Hotspur, akan saling jegal-menjegal untuk mengamankan posisi di zona UEFA Champions League alias zona empat besar. Khusus untuk Liverpool dan Manchester City, saya rasa bisa menjadi pengganggu utama bagi MU dan Chelsea dalam perebutan mahkota juara.

Meski ditinggal sang arsitek, Rafa Benitez, yang mencoba tantangan baru dengan membesut Inter Milan di Serie-A, Livepool mendapat pelatih pengganti yang sepadan, yaitu Roy Hodgson, yang musim lalu sukses membawa Fulham berlaga di babak final Europa League. Susunan tim inti juga semakin kuat seiring dengan kedatangan pemain Inggris dengan bakat olah bola paling luar biasa saat ini, Joe Cole, dari Chelsea. Alhasil, barisan penyerang Liverpool yang dihuni oleh Joe Cole, Steven Gerrard, Milan Jovanovic, dan Fernando Torres, sebagai tombak tunggal di depan, akan sangat mengerikan bagi lawan-lawannya.
Bagaimana dengan Manchester City? Tim kaya raya ini sepertinya bakal unjuk gigi. Pelatih Roberto Mancini kembali dipercaya untuk mempersembahkan gelar bagi the Citizens. Dengan anggaran belanja pemain paling jor-joran musim ini, pasukan City akan diperkuat oleh bintang-bintang baru seperti Mario Balotelli, David Silva, Yaya Toure, Jerome Boateng, dan Aleksander Kolarov. Mereka akan dipadukan dengan bintang-bintang lama yang sudah lebih dulu menjadi penghuni stadion City of Manchester, seperti Carlos Tevez, Gareth Barry, Roque Santa Cruz, Emanuel Adebayor, maupun Robinho yang baru kembali dari masa peminjaman di Santos.

Menarik untuk ditunggu. Apakah kekuatan financial City yang luar biasa dan kedatangan Joe Cole ke Anfield mampu mendobrak dominasi Manchester United dan Chelsea yang telah menjadi penguasa utama Liga Inggris dalam lima tahun terakhir? Semuanya masih bisa terjadi. Tidak ada yang tidak mungkin.

Di luar empat tim tersebut, masih ada dua klub asal London, Arsenal dan Tottenham Hotspur, yang sangat mungkin akan kembali meramaikan persaingan di zona Liga Champions. Hanya saja, saya perkirakan, kans the Gunners dan Spurs tidak sebesar City dan Liverpool dalam merebut mahkota juara Liga Inggris.

Meski Cesc Fabregas berhasil dipertahankan (untuk sementara waktu) dari rayuan maut Barcelona, skuad Arsenal musim ini tidak mengalami perubahan signifikan, kecuali masuknya penyerang muda asal Maroko, Marouane Chamakh, yang ditransfer dari Bordeaux. Oleh karena itu, bila penampilan Arsenal masih angin-anginan seperti biasanya, hasil realistis bagi anak asuh Arsene Wenger adalah bertahan di posisi ketiga seperti musim lalu.

Sedangkan untuk Tottenham Hotspur, kali ini fokus mereka akan terpecah antara Premier League dan UEFA Champions League. Saya rasa, pelatih Harry Redknapp akan mencoba untuk bertahan mati-matian di Liga Champions karena ini adalah penampilan pertama mereka di ajang tersebut setelah puluhan tahun yang lalu. Alhasil, pecahnya konsentrasi ini akan membuat Spurs tidak bisa maksimal di ajang liga domestik. Bisa tetap lolos ke zona Liga Champions musim depan akan menjadi hasil yang sangat baik bagi pasukan White Hart Lane tersebut.

Nah, bagaimana dengan dua klub terakhir yang diperkirakan menjadi penghuni Big Eight, yaitu Everton dan Aston Villa? Tampaknya bisa bertahan di zona Europa League adalah target realistis bagi kedua klub tersebut, syukur-syukur bisa membuat kejutan menembus empat besar dan lolos ke Liga Champions musim depan. Apalagi, Villa baru saja ditinggal sang pelatih, Martin O’Neill, yang secara mendadak mengundurkan diri. Tentu saja ini menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak Villa Park untuk bisa mempertahankan prestasi seperti musim lalu, menempati posisi keenam, tanpa besutan tangan dingin seorang O’Neill.

Well, itu dia gambaran Big Eight Premier League musim 2010-2011. Chelsea dan Man. United memang diunggulkan, tapi saya tetap berharap dan setia untuk menunggu trofi Liga Inggris kembali ke Anfield. Musim inikah? You’ll never walk alone.😀

Big Eight

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s