Lorenzo Insigne, Calon Fantasista Baru

Sejak era Roberto Baggio, Gianfranco Zola, Alessandro Del Piero, Francesco Totti, Andrea Pirlo, hingga Antonio Cassano, sepakbola Italia tidak bisa dilepaskan dari sosok fantasista, yaitu seorang pemain yang mempunyai skill hebat dan mampu mempengaruhi jalannya pertandingan berkat aksi-aksi briliannya di lapangan bola. Biasanya, seorang fantasista menempati posisi sebagai trequartista atau second striker.

Saat ini, tidak banyak pemain yang bisa dikategorikan sebagai seorang fantasista. Antonio Cassano, diakui banyak pengamat sebagai fantasista terakhir yang dimiliki oleh Italia. Setelah Del Piero, Totti, dan Pirlo dimakan usia, tidak ada pemain lain yang mempunyai skill hebat seperti mereka, kecuali Cassano. Dan Cassano sendiripun sebenarnya tidak lagi muda. Usianya sudah mendekati 30 tahun. Praktis, publik Italia, dan saya, menunggu lahirnya fantasista baru yang kelak bisa menggantikan Cassano.

Beberapa tahun yang lalu, Giuseppe Rossi dan Sebastian Giovinco disebut-sebut sebagai calon fantasista baru. Tapi, melihat perkembangannya, menurut saya, mereka berdua masih belum layak untuk menyandang gelar tersebut. Rossi dan Giovinco memang pemain yang bagus, tapi mereka belum menunjukkan aksi-aksi individual yang spektakuler. Masih jauh kalau dibandingkan dengan Cassano, apalagi dengan Baggio, Del Piero, maupun Totti dan Pirlo di masa jayanya.

Di tengah langkanya fantasista tersebut, publik bola Italia pun mulai khawatir. Akankah Gli Azzurri melewatkan satu dekade ke depan tanpa lahirnya fantasista baru? Mungkin tidak. Saat ini, ada satu pemain muda yang menarik perhatian saya dan banyak pengamat bola di Italia, yaitu Lorenzo Insigne.

Insigne, bocah berusia 20 tahun ini adalah pemain muda produk tim junior Napoli. Dia sedang dipinjamkan ke klub Pescara di Serie B dan dilatih oleh maestro sepakbola menyerang, Zdenek Zeman. Insigne menjadi trequartista yang sangat diandalkan oleh Zeman. Di Pescara, dia menjadi tandem bagi Ciro Immobile, striker muda milik Juventus yang juga sedang menjalani masa peminjaman.

Insigne, sekarang ini juga menjadi pemilik nomor punggung 10 di tim nasional Italia U-21 yang dilatih oleh Ciro Ferrara. Dia menjalani debut bersama Gli Azzurrini tanggal 6 Oktober 2011 di ajang Euro U-21 Qualifiers melawan Liechtenstein. Hebatnya, dia langsung mencetak dua gol saat itu.

Banyak pengamat yang menjuluki Insigne sebagai “The Italian Messi “ karena memiliki gaya bermain dan postur tubuh kecil mirip dewa sepakbola asal Argentina tersebut. Tinggi badannya pun tidak beda jauh dengan Messi. Insigne 1,64 meter, sedangkan Messi 1,69 meter. Yang sedikit membedakan adalah fisik Insigne terlihat lebih berotot daripada Messi yang kurus. Sekilas, tampilannya lebih mirip si Atomic Ant, Sebastian Giovinco.

Satu hal yang bisa menghambat perkembangan Insigne, saat ini dia belum bisa menunjukkan kemampuan secara maksimal karena hanya bermain di Serie B. Padahal, secara skill, sebenarnya dia tidak kalah dengan pemain-pemain muda yang saat ini menghiasi Serie A, seperti misalnya Gabriel Torje, The Romanian Messi milik Udinese. Berkubang terlalu lama di Serie B hanya akan mematikan potensinya. Insigne layak mendapatkan panggung yang lebih menantang, yaitu Serie A.

Saya berharap, bulan Januari nanti, atau minimal awal musim depan, Napoli menarik pulang Insigne dan memberinya kepercayaan untuk tampil bersama tim kampung halamannya tersebut. Bahkan, menurut Zeman, Insigne sudah sangat layak bermain di tim inti Napoli. Insigne bisa menjadi pengganti Ezequiel Lavezzi atau Marek Hamsik yang kemungkinan bakal hengkang musim depan.

Saat ini, pecinta sepakbola Italia hanya bisa menanti, apakah Insigne akan benar-benar menjadi fantasista sejati atau hanya “calon fantasista” selamanya, seperti Giuseppe Signori, Benito Carbone, Enrico Chiesa, Tomas Locatelli, Stefano Fiore, dan Antonio Di Natale. Hanya waktu dan Insigne sendiri yang bisa menjawab.

Lorenzo Insigne, calon fantasista baru?
Lorenzo Insigne, Calon Fantasista Baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s