Preview Formula 1 Musim 2013

Ajang balap jet darat Formula 1 (F1) musim 2013 akan segera dimulai. Sebanyak 19 seri sudah menunggu sampai akhir tahun nanti. GP Australia akan menjadi seri pembuka akhir pekan ini dan GP Brasil di Sirkuit Interlagos akan menjadi seri penutup seperti biasanya. Bagaimana persiapan dari 11 tim peserta? Siapakah yang bakal berjaya di antara para pebalap musim ini? Akankah Red Bull dan Sebastian Vettel masih akan melanjutkan dominasinya? Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

Papan Atas

Red Bull Racing-Renault: Sebastian Vettel dan Mark Webber

Hasil uji coba pramusim memang tidak menunjukkan Red Bull bakal dominan seperti musim-musim sebelumnya. Tetapi, jangan terlebih dulu menganggap remeh tim juara bertahan ini. Bisa jadi Red Bull sengaja menyimpan kekuatan supaya tidak dicontek oleh tim-tim lain. Yang pasti, Sebastian Vettel tetap menjadi unggulan utama untuk menyabet gelar sekaligus mencatatkan namanya sebagai juara dunia empat kali berturut-turut. Jangan lupakan juga peran Mark Webber yang mungkin bakal tampil habis-habisan karena tidak ingin musim ini menjadi musim terakhirnya di F1.

Scuderia Ferrari: Fernando Alonso dan Felipe Massa

Ferrari memang belum kembali ke masa jayanya seperti era Michael Schumacher dulu. Tetapi, menurut Fernando Alonso, mobil kuda jingkrak tahun ini lebih baik daripada tahun lalu. Jika dengan mobil pas-pasan Alonso masih bisa bersaing memperebutkan gelar juara, seharusnya tahun ini dia bisa lebih memberikan perlawanan terhadap Sebastian Vettel. Meskipun demikian, akan tetap sulit untuk mengakhiri dominasi Red Bull jika Felipe Massa masih tampil memble seperti musim lalu.

McLaren-Mercedes: Jenson Button dan Sergio Perez

Hengkangnya Lewis Hamilton ke Mercedes GP mungkin masih membuat galau tim McLaren. Mau tidak mau, musim ini tim kebanggaan Inggris itu harus mengandalkan Jenson Button dan pendatang baru, Sergio Perez. Jika mampu menghasilkan mobil secepat musim lalu, McLaren punya peluang untuk mengganggu Red Bull dan menggeser Ferrari dari posisi nomor dua.

Lotus-Renault: Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean

Setelah musim lalu tampil cukup baik dan mampu meraih kemenangan lewat Kimi Raikkonen, musim ini Lotus diperkirakan bisa berbuat lebih banyak. Kimi mungkin akan kembali menang di satu atau dua lomba dan bakal lebih sering naik podium. Hasil test pramusim menunjukkan mobil Lotus cukup cepat dan bisa merepotkan jajaran tim papan atas.

Mercedes GP: Lewis Hamilton dan Nico Rosberg

Inilah tim yang mendapatkan sorotan paling banyak dari media. Pensiunnya Michael Schumacher dan masuknya Lewis Hamilton membuat kiprah tim ini ditunggu oleh banyak orang. Apakah Lewis Hamilton bisa langsung menggebrak di tim barunya atau bakal melempem sepanjang musim? Hasil uji coba menunjukkan mobil Mercedes mampu mencatat waktu tercepat berkali-kali. Dengan pengalaman yang dimilikinya sebagai juara dunia, Hamilton seharusnya mampu kalau untuk sekedar naik podium.

Papan Tengah

Sauber-Ferrari: Nico Hulkenberg dan Esteban Gutierrez

Sebagai salah satu tim papan tengah terbaik musim lalu, Sauber harus mengarungi musim ini dengan sepasang pebalap baru. Tidak ada lagi Sergio Perez dan Kamui Kobayashi. Meski demikian, penggantinya, Nico Hulkenberg, bukan pebalap kacangan. Dia diperkirakan bakal tampil all-out musim ini untuk menarik perhatian Ferrari. Ya, si Hulk dari Jerman ini memang digadang-gadang sebagai pengganti Felipe Massa seandainya Ferrari gagal menggaet Sebastian Vettel dari Red Bull.

Force India-Mercedes: Paul Di Resta dan Adrian Sutil

Force India diperkirakan akan bersaing ketat dengan Sauber dan Williams di papan tengah. Diperkuat salah satu pebalap berbakat, Paul Di Resta, yang digossipkan bakal menggeser posisi Mark Webber di Red Bull musim depan, dan salah satu pebalap muka lama yang baru saja kembali ke F1, Adrian Sutil, Force India mungkin bisa beberapa kali meraih poin dan mempertahankan posisinya di papan tengah.

Williams-Renault: Pastor Maldonado dan Valtteri Bottas

Musim lalu Williams sempat menyabet satu kemenangan melalui Pastor Maldonado. Musim ini, peluang untuk kembali naik podium tetap ada. Apalagi, pendamping Maldonado adalah pebalap rookie yang disebut-sebut punya skill hebat dan bakal jadi bintang F1 di masa depan, Valtteri Bottas. Target realistis bagi Williams adalah mengalahkan Sauber dan Force India, karena untuk menembus papan atas sepertinya masih terlalu sulit digapai.

Papan Bawah

Scuderia Toro Rosso-Ferrari: Daniel Ricciardo dan Jean-Eric Vergne

Sebagai “tim satelit”-nya Red Bull, tugas utama Toro Rosso adalah mematangkan pebalap muda Daniel Ricciardo dan Jean-Eric Vergne. Tetapi, musim ini mereka punya target untuk ikut bersaing di papan tengah. Dengan kualitas pebalap dan mobil yang dimiliki, memang sudah saatnya bagi Toro Rosso untuk beranjak dari papan bawah.

Caterham-Renault: Charles Pic dan Giedo Van Der Garde

Perkembangan Caterham saat test pramusim ini kurang baik. Kemungkinan besar mereka akan dikalahkan oleh pesaing abadinya, Marussia. Apalagi dua pebalap mudanya juga kurang meyakinkan.

Marussia-Cosworth: Max Chilton dan Jules Bianchi

Tim spesialis juru kunci ini punya peluang besar untuk menggeser posisi Caterham. Jules Bianchi, pebalap produk Akademi Ferrari, juga bisa diandalkan untuk menjadi yang terbaik di papan bawah.

Preview Formula 1 Musim 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s