Preview Liga Italia Serie A 2013-2014: Kembalinya Era Seven Magnificent

Pada tahun 1990-an, Serie A terkenal dengan “seven magnificent”-nya. Saat itu ada tujuh klub sepak bola utama yang menguasai Italia dan Eropa, yaitu Juventus, Parma, Milan, Inter, Roma, Lazio, dan Fiorentina.

Seiring dengan masalah finansial yang menerpa Parma, Lazio, dan Fiorentina pada awal tahun 2000-an, “seven magnificent” pun memudar dan segera diikuti dengan tenggelamnya Serie A yang digantikan oleh glamornya Premier League. Tapi, musim ini, “seven magnificent” tampaknya bakal kembali, meskipun dengan komposisi yang sedikit berbeda, yaitu Napoli menggantikan Parma.
Nah, bagaimana kira-kira pencapaian “seven magnificent” dalam kompetisi Liga Italia Serie A musim 2013-2014? Berikut ini prediksinya.

Juventus
Juara bertahan Juventus tetap menjadi unggulan utama untuk merebut scudetto. Meskipun hasil pramusimnya kurang memuaskan, banyak pengamat menjagokan Antonio Conte mampu mencetak sejarah, menjadi pelatih Juve pertama yang mampu menjuarai Liga Italia tiga musim beruntun sejak era Carlo Carcano tahun 1935. Dengan skuat yang tidak banyak berubah dibanding musim lalu, ditunjang kedatangan Angelo Ogbonna serta Carlos Tevez dan Fernando Llorente, seharusnya Conte mampu membawa Nyonya Tua semakin bertaring. Trofi SuperCoppa yang berhasil dipertahankan setelah membenamkan Lazio 4-0 pekan lalu adalah bukti awal bahwa Juventus siap kembali berjaya di Italia.

Napoli
Meskipun telah kehilangan Edinson Cavani yang hijrah ke PSG, kekuatan Napoli diyakini tidak akan banyak tereduksi karena sudah mendapat pengganti yang tidak kalah hebat, Gonzalo Higuain dari Real Madrid. Satu-satunya keraguan yang menghinggapi Napoli adalah pola anyar yang diterapkan oleh pelatih baru, Rafael Benitez. Di era Walter Mazzarri, para pemain Napoli sudah terbiasa dengan pola tiga bek, sedangkan Benitez adalah penganut fanatik formasi 4-2-3-1. Jika berhasil mengatasi ganjalan di lini belakang tersebut, Napoli bakal menjadi pesaing utama Juventus dalam berburu scudetto.

Milan
Tidak melakukan pembelian pemain bintang tidak membuat Milan dikucilkan dari perburuan scudetto musim ini. Mario Balotelli tetap menjadi faktor utama pasukan Rossoneri untuk kembali menembus zona Champions League alias tiga besar Serie A. Kembali dipercayanya Max Allegri sebagai pelatih, meskipun posisinya sempat gonjang-ganjing musim lalu, sebenarnya adalah nilai plus bagi tim milik Silvio Berlusconi tersebut. Riccardo Montolivo dan kawan-kawan tidak perlu beradaptasi dengan pelatih dan pola baru seperti yang dialami oleh Napoli.

Fiorentina
Mengakhiri musim 2012-2013 dengan kekecewaan karena gagal menembus zona Champions League tidak membuat tim besutan Vincenzo Montella ini kehilangan semangat. Malah, di bursa transfer musim ini mereka melampiaskan dendam dan berhasil menggaet bomber Jerman yang terbuang dari Bayern Muenchen, Mario Gomez. Meskipun telah kehilangan Stevan Jovetic yang menyeberang ke Inggris, kekuatan La Viola dipercaya tidak akan berkurang karena sudah ada Giuseppe Rossi yang siap menyajikan duet maut dengan Gomez untuk bersaing dengan Juventus, Napoli, dan Milan di papan atas Serie A.

Lazio
Tim yang menjadi musuh abadi Roma ini termasuk yang adem-ayem menyambut musim baru. Tapi, seperti halnya musim lalu, meskipun tidak melakukan perekrutan pemain bintang, anak-anak asuh Vladimir Petkovic ini siap memberikan gangguan bagi tim-tim papan atas. Jika musim kemarin mereka berhasil merebut Coppa Italia, bukan suatu hal yang mustahil bila Miroslav Klose dan kawan-kawan musim ini membuat kejutan dengan menembus zona Champions League.

Roma
Setelah selalu gagal dan gonta-ganti pelatih dalam dua musim terakhir, kali ini skuat Serigala Ibu Kota siap bangkit dengan polesan pelatih anyar asal Prancis, Rudi Garcia. Dipadu dengan pembelian gelandang muda berbakat dari Belanda, Kevin Strootman, Roma memiliki lini tengah yang tergolong kuat di Italia. Jika musim-musim sebelumnya selalu berakhir dengan galau, seharusnya musim ini Roma mampu untuk bertarung menembus zona Europa League alias lima besar Serie A.

Inter
Memulai musim yang baru dengan spirit baru bersama pelatih bekas Napoli, Walter Mazzarri, Inter berusaha bangkit dari papan tengah. Meskipun masih berat untuk bisa menembus tiga besar, pasukan Nerazzurri seharusnya mampu untuk menyulitkan tim-tim papan atas dan bersaing dengan “seven magnificent” lainnya. Zona Europa League yang musim lalu gagal ditembus, musim ini menjadi target utama yang wajib digapai.

Dark Horses
Nah, selain “seven magnificent”, jangan lupakan kuda hitam yang bisa menjegal ambisi tujuh tim tersebut untuk menguasai papan atas Serie A. Salah satu tim yang biasanya menjadi dark horses alias kuda hitam adalah Udinese. Musim lalu, tim asuhan Francesco Guidolin ini berhasil menembus zona Europa League. Musim ini, jika salah satu dari “seven magnificent” lengah, Guidolin tentunya sudah siap memandu pasukan Friuliani untuk kembali menyodok ke papan atas.

Top Scorer
Edinson Cavani telah hengkang ke Prancis, tapi bukan berarti Serie A sepi bomber berkualitas. Sejumlah tukang gedor anyar kelas dunia siap meramaikan perburuan sepatu emas alias pencetak gol terbanyak musim ini. Fernando Llorente, Carlos Tevez, Gonzalo Higuain, Mario Gomez, Giuseppe Rossi, Mario Balotelli, Stephan El Shaawary, Miroslav Klose, Antonio Di Natale, dan lain-lain adalah jaminan mutu yang siap menghujani Italia dengan gol-gol mereka. Di antara sederet nama-nama tenar itu, jangan heran jika Mario Balotelli yang bakal muncul sebagai pemuncak daftar top scorer di akhir musim nanti, terlebih jika Milan mendapat banyak hadiah penalti musim ini.

Demikianlah sekelumit ulasan tentang Liga Italia Serie A musim 2013-2014. Selamat menyambut kembalinya era “seven magnificent”!

(Dimuat di “Opini” BeritaSatu, Selasa, 03 September 2013 | 11:26 http://www.beritasatu.com/blog/olahraga/2788-kembalinya-era-seven-magnificent.html)

Preview Liga Italia Serie A 2013-2014: Kembalinya Era Seven Magnificent

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s