Prediksi Juara 7 Liga Elite Eropa

Tahun 2013 sudah berlalu. Winter break sudah berakhir. Klub-klub sepak bola di Eropa bakal melanjutkan kompetisi yang saat ini sudah memasuki paruh musim di liganya masing-masing. Klub-klub mana saja yang akan memuncaki klasemen di akhir musim nanti? Berikut ini adalah prediksi juara dari tujuh liga elite di Eropa.

Premier League

Sepeninggal Sir Alex Ferguson, Manchester United terseok-seok dan tidak lagi menjadi penguasa Premier League. Hal ini menjadikan persaingan di Liga Inggris sangat ketat. Liverpool menjadi juara Natal, tapi tidak lama kemudian langsung digeser oleh Arsenal yang memuncaki klasemen saat tahun baru, sekaligus menjadi juara paruh musim. Klub mana yang bakal merebut trofi Premier League pada akhir musim nanti?

Jika melihat skuat yang dimiliki, Manchester City layak dikedepankan. Pesaing terdekatnya adalah Arsenal dan Chelsea. Sedangkan Liverpool sepertinya bakal menembus big four musim ini.

Prediksi

Juara: Manchester City
Runner-up: Chelsea.
Peringkat ketiga: Arsenal.
Peringkat keempat: Liverpool.
Zona Europa League: Everton, Manchester United, Tottenham Hotspur.
Zona Degradasi: Crystal Palace, Fulham, Sunderland.
Top Scorer: Luis Suarez (Liverpool).

La Liga

Musim ini La Liga tidak lagi menjadi duopoli Barcelona dan Madrid karena di bawah asuhan Diego Simeone, Atletico menyeruak ke papan atas dan berhasil menempel ketat Barcelona. Tetapi, di akhir musim nanti, sepertinya Barca yang akan kembali berjaya. Dengan skuat yang tidak terlalu dalam dan masih harus membagi konsentrasi dengan Liga Champions, Atletico bakal kesulitan untuk bersaing dengan Barca dan Madrid.

Prediksi

Juara: Barcelona.
Runner-up: Real Madrid.
Peringkat ketiga: Atletico Madrid.
Peringkat keempat: Athletic Bilbao.
Zona Europa League: Real Sociedad, Villarreal, Sevilla.
Zona Degradasi: Almeria, Rayo Vallecano, Real Betis.
Top Scorer: Cristiano Ronaldo (Madrid).

Bundesliga

Dengan menurunnya performa Dortmund karena dihantam badai cedera, hanya keajaiban yang bisa menggagalkan Bayern menjadi juara Bundesliga musim ini. Persaingan ketat mungkin bakal terjadi untuk memperebutkan posisi di zona Liga Champions, antara Leverkusen, Moenchengladbach, Dortmund, dan Wolfsburg.

Prediksi

Juara: Bayern Muenchen.
Runner-up: Bayer Leverkusen.
Peringkat ketiga: Borussia Dortmund.
Peringkat keempat: Borussia Moenchengladbach.
Zona Europa League: Wolfsburg, Hertha Berlin, Schalke.
Zona Degradasi: Freiburg, Nuernberg, Braunschweig.
Top Scorer: Robert Lewandowksi (Borussia Dortmund).

Serie A

Usaha Juventus untuk memenuhi misi scudetto tiga kali beruntun mendapat ganjalan dari AS Roma. Masih tidak terkalahkan sampai winter break, Roma adalah pesaing utama Nyonya Tua musim ini. Sedangkan Napoli yang sebelumnya digadang-gadang menjadi penghalang bagi Juve ternyata harus terjerembab di posisi ketiga dan harus bekerja keras mengamankan spot Liga Champions dari kejaran Fiorentina dan Inter.

Lalu bagaimana dengan Milan? Tampaknya tim yang tersungkur di papan bawah ini harus mati-matian di sisa musim untuk bisa sekadar menembus zona Europa League.

Prediksi

Juara: Juventus.
Runner-up: Roma.
Peringkat ketiga: Napoli.
Zona Europa League: Fiorentina, Inter, Verona.
Zona Degradasi: Sassuolo, Livorno, Catania.
Top Scorer: Carlos Tevez (Juventus).

Ligue 1

Hegemoni Paris Saint-Germain di Liga Prancis mendapat tantangan dari sesama tim kaya baru, Monaco. Tetapi, dengan semakin ganasnya Zlatan Ibrahimovic yang bertandem dengan Edinson Cavani, tim asuhan Laurent Blanc ini bakal melaju ke puncak klasemen di akhir musim nanti. Monaco dengan bintang-bintang mahalnya bakal mengamankan posisi runner-up sekaligus lolos ke Liga Champions musim depan.

Prediksi

Juara: Paris Saint-Germain.
Runner-up: Monaco.
Peringkat ketiga: Lille.
Zona Europa League: Bordeaux, Saint-Etienne, Marseille.
Zona Degradasi: Valenciennes, Sochaux, Ajaccio.
Top Scorer: Zlatan Ibrahimovic (Paris Saint-Germain).

Russian Premier League

Liga Rusia musim ini diwarnai persaingan antara FC Zenit dan dua tim asal Moskow, Lokomotiv dan Spartak, yang saat ini menempati papan atas. Zenit, yang masih harus berjibaku di babak 16 besar Liga Champions, bila tidak hati-hati bisa tergelincir dan gagal juara di akhir musim nanti. Sedangkan untuk mantan tim kaya yang gagal memenuhi ambisinya, Anzhi Makachkala, musim ini hampir pasti terdegradasi.

Prediksi

Juara: Zenit.
Runner-up: Spartak.
Zona Europa League: Lokomotiv, Dinamo, CSKA.
Zona Degradasi: Terek Grozny, Ural, Anzhi Makachkala.
Top Scorer: Hulk (Zenit).

Eredivisie

Klub yang baru saja diakuisisi oleh konglomerat asal Rusia, Vitesse, adalah calon penguasa baru Eredivisie musim ini. Berbagi puncak klasemen saat winter break dengan raksasa semacam Ajax Amsterdam adalah sebuah prestasi bagi klub semenjana seperti Vitesse. Minimal posisi runner-up bakal digapai oleh tim asal Kota Arnhem ini.

Prediksi

Juara: Ajax.
Runner-up: Vitesse.
Zona Europa League: Twente, Feyenoord, PSV.
Zona Degradasi: ADO Den Haag, Cambuur, NEC Nijmegen.
Top Scorer: Graziano Pelle (Feyenoord).

(Artikel ini dimuat di Opini BeritaSatu.Com | Kamis, 13 Februari 2014 | 16:31 | http://www.beritasatu.com/blog/olahraga/3194-prediksi-juara-7-liga-elite-eropa.html)

Prediksi Juara 7 Liga Elite Eropa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s