Menjelang Seri Perdana Formula 1 Musim 2014

Hari ini Formula 1 (F1) musim 2014 resmi dimulai di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia. Jika empat musim sebelumnya F1 cenderung membosankan dengan dominasi Sebastian Vettel yang kelewat batas, musim ini para F1 mania akan disuguhi sejumlah regulasi baru dan kemungkinan besar juga seorang juara baru. Setidaknya, itulah yang tergambar dalam sesi uji coba pramusim yang sudah berlangsung sejak bulan lalu.

Sederet aturan baru, seperti perubahan kapasitas mesin dari 2,4 liter V8 menjadi 1,6 liter V6 turbocharged, penggunaan Energy Recovery System (ERS) yang lebih canggih daripada KERS (Kinetic Energy Recovery System), dan pembatasan pemakaian bahan bakar menjadi hanya 100 kilogram per lomba, sepertinya akan membuat balapan F1 tahun ini menjadi lebih seru.

Selain menjadikan balapan lebih seru, perubahan regulasi di atas menjadikan F1 musim ini lebih sulit diprediksi. Hasil uji coba pramusim tidak bisa dijadikan patokan pasti. Mungkin harus menunggu hasil dari seri perdana di Australia untuk bisa membuat prediksi siapa saja calon kuat juara musim ini. Tidak seperti musim-musim sebelumnya, di mana sebelum lomba perdana dimulai, sudah ketahuan Sebastian Vettel dengan mobil Red Bull-nya yang bakal mendominasi.

Jika hanya berdasarkan hasil test pramusim, terlihat mobil-mobil yang bermesin Mercedes yang bakal berjaya. Sedangkan mobil-mobil yang bermesin Renault bakal menuai hasil yang tidak memuaskan. Termasuk juara bertahan Red Bull-Renault yang dipiloti oleh juara dunia empat kali, Sebastian Vettel, yang mengalami berbagai masalah dan berkali-kali mogok, padahal baru melahap beberapa lap saja, saat uji coba.

Maka dari itu, mobil-mobil bermesin Mercedes seperti McLaren, Mercedes, Williams, dan Force India layak dikedepankan dalam lomba perdana di Melbourne hari Minggu nanti. McLaren, Mercedes, dan Williams, masing-masing bergantian mencatatkan waktu tercepat saat uji coba pramusim bulan lalu. Selain cepat, ketahanan mobil mereka juga bagus dan mampu melahap ratusan lap tanpa mogok. Bandingkan dengan mobil Red Bull yang sempat ngadat, padahal baru keluar dari pit, dan si Wunderkind, Sebastian Vettel, terpaksa mendorongnya kembali ke paddock!

Di antara empat tim pengguna mesin Mercedes, McLaren dan Mercedes paling diunggulkan untuk menang di Sirkuit Albert Park, hari Ahad lusa. Lewis Hamilton, Nico Rosberg, Jenson Button, dan Kevin Magnussen sepertinya bisa berbuat banyak pada lomba perdana nanti, dan keempatnya mempunyai peluang yang sama untuk minimal naik podium. Magnussen bahkan diramalkan bakal menjadi rookie of the year yang mampu bersaing dalam perebutan gelar juara dunia, seperti halnya Hamilton tahun 2007 silam.

Untuk Williams, tim bekas juara dunia ini sebenarnya mencatat hasil test pramusim yang paling bagus bila dibandingkan dengan tim-tim lainnya. Selama uji coba, mobil Williams-Mercedes mengalami paling sedikit masalah dan ketahanannya juga luar biasa. Maka dari itu, para tifosi Ferrari jangan kaget jika pada hari Minggu nanti Felipe Massa bisa naik podium, atau bahkan menang lomba. Mungkin, musim inilah saatnya bagi tim legendaris besutan Sir Frank Williams tersebut untuk bangkit setelah pada tahun-tahun sebelumnya terpuruk di papan bawah.

Bagaimana dengan tim Kuda Jingkrak Ferrari? Musim ini sepertinya bakal lebih baik daripada musim lalu. Memang, hasil test pramusimnya tidak sebagus mobil-mobil bermesin Mercedes. Tetapi, Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen masih lebih baik daripada Sebastian Vettel dengan mobil Red Bull-nya. Hasil sesi free practice pertama dan kedua tadi pagi sudah membuktikan. Alonso mampu mencatat waktu tercepat saat latihan bebas pertama dan terbaik ketiga, di bawah duo Mercedes (Hamilton dan Rosberg), saat latihan bebas kedua. Bukan tidak mungkin, Alonso mampu menyeruak dominasi Mercedes dan memenangi GP Australia tahun ini.

Besok Sabtu, sesi kualifikasi dimulai dengan tambahan aturan baru. Mulai musim ini, setiap pebalap yang lolos ke sesi Q3 akan mendapatkan satu set tambahan ban lunak. Jadi, diharapkan tidak ada lagi pebalap yang berdiam diri di pit saat Q3 untuk menghemat ban seperti yang sering terjadi pada musim lalu. Tidak sabar rasanya menunggu siapa yang akan menempati pole position dan memenangi lomba perdana F1 musim 2014 hari Minggu lusa.

Menjelang Seri Perdana Formula 1 Musim 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s