Prediksi Serie A 2013/2014: Juventus Juara Akhir Bulan April Ini?

Juve Juara Serie A.. Still downloading.. (image via Twitter @juve_fan90)
Juve Juara Serie A.. Still downloading.. (image via Twitter @juve_fan90)

Setelah mengalahkan Livorno dalam laga ke-32 Serie A di kandang sendiri, Juventus dengan nyaman menduduki puncak klasemen dengan keunggulan 8 poin dari pesaing terdekatnya, AS Roma. Dengan 6 laga tersisa, mampukah Serigala Ibu Kota mengejar Nyonya Tua? Dan sebaliknya, apakah Juve bisa mengunci scudetto-nya yang ketiga berturut-turut sebelum bertandang ke markas Francesco Totti dan kawan-kawan bulan Mei depan? Berikut ini adalah prediksinya.

Sisa laga Juventus
Poin di pekan ke-32: 84.
Pekan ke-33 (14 April 2014): vs. Udinese (away). Prediksi: Menang.
Pekan ke-34 (19 April 2014): vs. Bologna (home). Prediksi: Menang.
Pekan ke-35 (27 April 2014): vs. Sassuolo (away). Prediksi: Menang.
Pekan ke-36 (4 Mei 2014): vs. Atalanta (home). Prediksi: Menang.
Pekan ke-37 (11 Mei 2014): vs. Roma (away). Prediksi: Seri.
Pekan ke-38 (18 Mei 2014): vs. Cagliari (home). Prediksi: Menang.
Prediksi poin di pekan ke-38: 100.

Sisa laga Roma
Poin di pekan ke-32: 76.
Pekan ke-33 (12 April 2014): vs. Atalanta (home). Prediksi: Menang.
Pekan ke-34 (19 April 2014): vs. Fiorentina (away). Prediksi: Seri.
Pekan ke-35 (27 April 2014): vs. Milan (home). Prediksi: Seri.
Pekan ke-36 (4 Mei 2014): vs. Catania (away). Prediksi: Menang.
Pekan ke-37 (11 Mei 2014): vs. Juventus (home). Prediksi: Seri.
Pekan ke-38 (18 Mei 2014): vs. Genoa (away). Prediksi: Menang.
Prediksi poin di pekan ke-38: 88.

Dengan asumsi Roma selalu menang di 6 laga terakhirnya, sebenarnya Juve hanya membutuhkan 10 poin lagi dari 6 laga sisa untuk mengunci gelar juara Serie A musim ini. Tetapi, melihat jadwal di atas, sepertinya tim asuhan Antonio Conte tersebut bisa berpesta lebih cepat, tepatnya pada akhir bulan April ini, setelah laga tandang melawan Sassuolo.

Roma, sebelum menjamu Juventus pada pekan ke-36, bakal menghadapi dua lawan berat, yaitu Fiorentina dan Milan. Di dua laga tersebut, Roma berpotensi tersandung, terutama saat laga away ke Florence. Ditambah lagi, pekan ini Roma juga diterpa musibah. Bek andalannya, Mehdi Benatia, cedera selama sebulan dan striker yang sedang naik daun, Mattia Destro, terkena skors 4 laga (1 laga karena akumulasi kartu kuning dan 3 laga karena meninju Davide Astori saat Roma melawan Cagliari).

Saat ini, Fiorentina sudah bisa fokus di Serie A setelah disingkirkan Juventus dari Europa League. Selain itu, tim didikan Vincenzo Montella ini juga terkenal ulet dan susah ditaklukkan di Artemio Franchi. Buktinya, mereka pernah mempermalukan Juve dengan skor 4-2 di putaran pertama yang lalu. Oleh karena itu, Roma sangat mungkin terpeleset saat berlaga di Firenze pada pekan ke-34.

Begitu juga dengan Milan. Tim besutan Clarence Seedorf ini menunjukkan tren positif dalam tiga laga terakhir di Serie A. Setelah didepak Atletico Madrid dari Champions League, fokus Riccardo Montolivo dan kawan-kawan saat ini adalah menembus zona Europa League. Maka dari itu, Roma juga mungkin tertahan saat menjamu Milan di pekan ke-35.

Sedangkan lawan-lawan yang dihadapi Juve di tiga laga ke depan relatif mudah ditaklukkan. Seharusnya Nyonya Tua tidak kesulitan menghabisi Udinese serta dua tim papan bawah, Bologna dan Sassuolo. Tapi, ada satu hal yang mungkin bisa memecah fokus Juve di Serie A, yaitu jika Gigi Buffon dan kawan-kawan berhasil lolos ke semifinal Europa League.

Nah, jika tim asuhan Rudi Garcia menang lawan Atalanta, lalu seri lawan Fiorentina dan Milan, maka jumlah poinnya pada pekan ke-35 adalah 81. Sebaliknya, jika Juve mampu menyapu bersih kemenangan lawan Udinese, Bologna, dan Sassuolo, jumlah poinnya pada pekan ke-35 adalah 93. Dengan unggul 12 poin dari Roma dan hanya 3 laga tersisa, maka bisa dipastikan Juve bakal mengunci scudetto-nya yang ketiga di era Andrea Agnelli pada tanggal 27 April 2014.

Bagaimana seandainya Roma bisa menang beruntun lawan Atalanta, Fiorentina, Milan dan Catania (total 88 poin)? Juve juga bisa juara dengan catatan membabat habis empat laga ke depan, yaitu melawan Udinese, Bologna, Sassuolo, dan Atalanta (total 96 poin). Dengan gap 8 poin dan sisa 2 laga, Juve tidak akan terkejar. Jadi, Nyonya Tua sebenarnya sudah bisa berpesta sebelum meladeni para Serigala Roma di pekan ke-36.

Prediksi Serie A 2013/2014: Juventus Juara Akhir Bulan April Ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s