Prediksi Piala Dunia 2014

Piala Dunia 2014 tengah berlangsung. Sebanyak 32 kontestan akan berjibaku untuk menjadi yang terbaik di Brasil. Sampai sejauh mana kiprah dari masing-masing peserta? Tim mana yang berpeluang besar menjadi juara? Berikut ini adalah prediksinya.

Grup A

Brasil
Tim Selecao Brasil menjadi unggulan utama untuk meraih Piala Dunia yang keenam kalinya dengan statusnya sebagai tuan rumah dan juara Piala Konfederasi 2013. Meski demikian, harapan yang terlalu besar dari jutaan rakyat Brasil bisa membebani Neymar dan kawan-kawan untuk menampilkan performa terbaiknya. Selain itu, ada mitos juara Piala Konfederasi yang selalu gagal menjadi yang terbaik di Piala Dunia. Siap-siap saja menyambut tragedi Maracanazo jilid kedua.
Prediksi: Final

Meksiko
Tim El Tri Meksiko, yang memiliki catatan selalu lolos ke babak 16 besar dalam lima edisi Piala Dunia terakhir, kali ini datang ke Brasil bertulangpunggungkan para pemain yang berhasil meraih medali emas Olimpiade 2012. Meski demikian, penampilan tim Sombrero akhir-akhir ini menurun dan hampir saja gagal lolos ke putaran final Piala Dunia.
Prediksi: Fase grup

Kroasia
Diperkuat oleh playmaker Luka Modric yang baru saja mengantarkan Real Madrid meraih La Decima, tim nasional Kroasia adalah kuda hitam di Piala Dunia kali ini. Setelah gagal lolos ke Afrika Selatan empat tahun lalu, tahun ini Kroasia bisa saja mengulangi kejutan yang ditorehkan Davor Suker dan kawan-kawan saat menembus babak semifinal Piala Dunia 1998 di Prancis.
Prediksi: Babak 16 besar

Kamerun
Dengan mengandalkan bintang tua semacam Samuel Eto’o, mungkin Kamerun bermimpi mengulangi capaian Roger Milla dan kawan-kawan yang berhasil merangsek sampai babak perempatfinal Piala Dunia 1990. Bakal sangat mengejutkan jika hal itu sampai terjadi lagi di Brasil 2014 ini.
Prediksi: Fase grup

Grup B

Spanyol
Datang sebagai juara bertahan, Spanyol berambisi mengulangi capaian Italia (1934-1938) dan Brasil (1958-1962) yang pernah mengukir rekor juara back-to-back Piala Dunia. Hanya saja, kegagalan Spanyol di final Piala Konfederasi 2013 yang lalu menjadi pertanda bahwa tiki-taka bukan lagi momok yang menakutkan dan sudah bisa dijinakkan.
Prediksi: Perempat Final

Belanda
Berbeda dengan empat tahun lalu saat menjadi finalis Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, kali ini tim Oranje Belanda datang ke Brasil dengan bermaterikan pemain-pemain muda. Cederanya andalan di lini tengah, Kevin Strootman, bakal membuat perjuangan tim asuhan Louis Van Gaal ini semakin berat. Jika tidak hati-hati, Belanda bisa mengulangi aib di Euro 2012 yang lalu, gagal lolos dari fase grup.
Prediksi: Fase grup

Cile
Cile adalah tim kuda hitam dengan permainan yang atraktif. Meski jenderal lapangan tengahnya, Arturo Vidal, sedang cedera, Cile masih memiliki bintang Barcelona, Alexis Sanchez. Anak-anak asuh Jorge Sampaoli ini sangat mungkin merusak prediksi para pengamat yang menjagokan Spanyol dan Belanda lolos ke babak 16 besar.
Prediksi: Babak 16 besar

Australia
Hanya mengandalkan veteran semacam Tim Cahill yang saat ini bermain di MLS, sepertinya sulit bagi Australia untuk mengulangi cerita manis Guus Hiddink yang berhasil lolos ke 16 besar Piala Dunia 2006. Bukan hal yang mengejutkan jika tim Socceroos harus mengepak koper dan pulang dari Brasil lebih awal.
Prediksi: Fase grup

Grup C

Kolombia
Setelah terakhir kali lolos ke putaran final tahun 1998, kali ini Kolombia kembali menghentak Piala Dunia dengan generasi emasnya. Sayang sekali, bomber andalannya, Radamel Falcao, harus absen karena belum sembuh dari cedera. Meski demikian, dengan rising star semacam James Rodriquez dan besutan pelatih berpengalaman asal Argentina, Jose Pekerman, Kolombia tampaknya bisa melaju jauh.
Prediksi: Perempat Final

Yunani
Ini adalah partisipasi Yunani yang ketiga di Piala Dunia setelah tahun 1994 dan 2010. Seperti di dua edisi tersebut, kali ini Yunani tampaknya juga bakal sulit lolos dari fase grup. Meski demikian, bola itu bundar. Apa pun bisa terjadi. Dengan bantuan Dewa Zeus, mereka bisa saja membuat kejutan seperti di Euro 2004. Impossible is nothing.
Prediksi: Fase grup

Pantai Gading
Didier Drogba dan Yaya Toure sudah semakin tua. Ini adalah kesempatan terakhir bagi generasi emas Pantai Gading untuk menorehkan prestasi di Piala Dunia. Setidaknya, Les Elephants harus mampu lolos ke babak 16 besar setelah selalu gagal di fase grup tahun 2006 dan 2010. Apakah hal itu bisa terjadi?
Prediksi: Fase grup

Jepang
Jepang adalah cahaya Asia yang diharapkan bisa bersinar di Piala Dunia Brasil 2014. Dengan mengusung bintang-bintang yang bermain di klub Eropa semacam Keisuke Honda dan Shinji Kagawa, tim asuhan Alberto Zaccheroni ini berpeluang untuk lolos dari fase grup.
Prediksi: Babak 16 besar

Grup D

Uruguay
Setelah berhasil menembus semifinal Piala Dunia 2010 dan berjaya di Copa America 2011, Uruguay menuju Brasil dengan ambisi yang sama. Tidak fitnya Luis Suarez karena cedera tentu saja bakal mengurangi kekuatan tim berjuluk La Celeste ini. Meski demikian, pelatih Oscar Tabarez masih memiliki bomber Edinson Cavani yang bisa diandalkan untuk menggempur gawang lawan-lawannya.
Prediksi: Babak 16 besar

Italia
Sudah menjadi DNA Italia untuk terseok-seok di fase grup, tapi akhirnya bangkit di fase knock-out Piala Dunia. Empat bintang di dada sebagai tanda juara dunia empat kali adalah bukti bahwa Gli Azzurri adalah tim terbaik kedua sepanjang masa setelah Brasil. Jadi, jangan kaget jikalau tim asuhan Cesare Prandelli ini mampu menembus babak empat besar.
Prediksi: Semifinal

Inggris
Berada satu grup bersama Uruguay dan Italia adalah tantangan berat bagi Inggris yang kali ini bermaterikan pemain-pemain muda. Bukan tidak mungkin Steven Gerrard dan kawan-kawan harus mengakhiri Piala Dunia lebih cepat dan menjadi turis di Brasil.
Prediksi: Fase grup

Kosta Rika
Salah besar jika menganggap Kosta Rika sebagai tim pupuk bawang dan tim terlemah di Piala Dunia 2014. Anak-anak asuh Jorge Luis Pinto ini adalah tim terbaik kedua di zona Concacaf. Jika terlalu meremehkan, Italia, Uruguay, dan Inggris bisa menjadi korban mereka di fase grup.
Prediksi: Fase grup

Grup E

Swiss
Swiss berstatus sebagai salah satu tim unggulan di fase grup. Dengan besutan pelatih sarat pengalaman, Ottmar Hitzfeld, dan pemain-pemain multiras, seperti Xherdan Shaqiri, Gokhan Inler, Valon Behrami, dan Granit Xhaka, Swiss sangat mungkin lolos ke fase knock-out.
Prediksi: Babak 16 besar

Prancis
Absennya Franck Ribery tentu saja menjadi pukulan telak bagi Prancis. Tetapi, tim asuhan Didier Deschamps ini masih bisa mengandalkan bintang mudanya, Paul Pogba, yang diperkirakan bakal bersinar di Brasil. Aib gagal lolos dari fase grup seperti yang terjadi pada Piala Dunia 2010 tampaknya tidak akan terulang. Apalagi, saat ini sudah tidak ada pemain pembuat onar seperti Samir Nasri dan Nicolas Anelka.
Prediksi: Perempat Final

Ekuador
Hanya ada satu nama yang terkenal di tim Ekuador, yaitu bintang Manchester United, Antonio Valencia. Meski demikian, tim asuhan Reinaldo Rueda ini tidak bisa diremehkan. Kekompakan mereka bisa saja menyulitkan Swiss dan Prancis di fase grup.
Prediksi: Fase grup

Honduras
Bisa tampil di putaran final Piala Dunia saja rasanya sudah seperti menjadi juara dunia bagi tim sekelas Honduras. Lolos ke babak 16 besar tampaknya masih menjadi mimpi yang mungkin tidak akan terwujud tahun ini.
Prediksi: Fase grup

Grup F

Argentina
Dengan sokongan striker-striker kelas wahid, semacam Lionel Messi, Sergio Aguero, Rodrigo Palacio, Ezequiel Lavezzi, Angel Di Maria, dan Gonzalo Higuain, Argentina adalah tim dengan lini serang paling mengerikan di Piala Dunia kali ini. Bahkan, bintang sekaliber Carlos Tevez pun sampai diabaikan karena sesaknya barisan tukang gedor La Albiceleste. Jika mampu menambal kebocoran di lini pertahanannya, tim besutan Alejandro Sabella ini berpeluang untuk mengakhiri puasa gelar juara dunia dan berpesta di Maracana.
Prediksi: Juara

Bosnia-Herzegovina
Setelah negerinya dikoyak perang dua dekade yang lalu, akhirnya Bosnia-Herzegovina mampu mewujudkan mimpi tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya. Dengan materi pemain yang cukup mentereng, seperti Miralem Pjanic dan Edin Dzeko, sangat mungkin bagi tim ini untuk lolos dari fase grup.
Prediksi: Babak 16 besar

Iran
Sebagai satu-satunya wakil Asia Barat, Iran datang ke Brasil dengan mengandalkan beberapa pemain dari klub Eropa, semacam Ashkan Dejagah dan Reza Goochannejhad. Meski demikian, butuh usaha ekstra dan keberuntungan bagi tim asuhan Carlos Queiroz ini untuk lolos dari fase grup.
Prediksi: Fase grup

Nigeria
Status sebagai jawara Afrika 2013 tidak membuat Nigeria diunggulkan di fase grup Piala Dunia kali ini. Bisa lolos ke fase knock-out seperti yang pernah dilakukan oleh Jay-Jay Okocha dan kawan-kawan tahun 1994 dan 1998 sudah merupakan prestasi yang membanggakan bagi tim asuhan Stephen Keshi ini.
Prediksi: Fase grup

Grup G

Jerman
Kehilangan Marco Reus seharusnya tidak membuat pelatih Joachim Loew galau karena Jerman masih memiliki beberapa bintang muda, seperti Mario Goetze dan Toni Kroos, yang siap bersinar di Piala Dunia. Prestasi selalu lolos ke babak empat besar di tiga edisi Piala Dunia terakhir sepertinya bisa diulangi oleh Der Panzer di Brasil tahun ini.
Prediksi: Semifinal

Portugal
Cristiano Ronaldo datang ke Brasil dalam kondisi cedera, tentu saja ini sangat mereduksi kekuatan Selecao das Quinas. Tapi, kalau hanya untuk sekadar lolos dari fase grup, seharusnya tim asuhan Paulo Bento ini mampu.
Prediksi: Babak 16 besar

Amerika Serikat
Pelatih Juergen Klinsmann mengambil keputusan berani dengan mencoret legenda Landon Donovan dari skuat The Sam’s Army. Alhasil, tim kebanggaan Negeri Paman Sam ini hanya mengandalkan Clint Dempsey dan bintang muda Julian Green untuk membuat kejutan lolos ke babak 16 besar.
Prediksi: Fase grup

Ghana
Empat tahun yang lalu, jika bukan karena ulah Luis Suarez yang menahan bola dengan tangannya, seharusnya Ghana sudah mengukir rekor sebagai tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia. Tahun ini, prestasi itu sepertinya sulit tercapai. Bersaing dengan Jerman, Portugal, dan Amerika Serikat membuat peluang Kwadwo Asamoah dan kawan-kawan sangat berat untuk lolos dari fase grup.
Prediksi: Fase grup

Grup H

Belgia
Mungkin inilah tim terbaik sepanjang masa yang pernah dimiliki oleh Belgia. Mulai dari posisi kiper, lini belakang, tengah, sampai depan, tim asuhan Marc Wilmots ini benar-benar dijubeli pemain-pemain kelas dunia. Dengan generasi emas, seperti Thibaut Courtois, Vincent Kompany, Eden Hazard, dan Romelu Lukaku, Rode Duivels siap mengguncang Piala Dunia 2014.
Prediksi: Perempat Final

Rusia
Meskipun hanya mengandalkan bintang dari klub dalam negeri semacam Alan Dzagoev, kekuatan Rusia tidak bisa diremehkan karena ada sosok pelatih berpengalaman di belakangnya, yaitu Fabio Capello. Kalau hanya untuk menembus fase knock-out mendampingi tim Setan Merah Belgia, seharusnya tim Beruang Merah Rusia mampu melakukannya.
Prediksi: Babak 16 besar

Aljazair
Bermaterikan pemain-pemain yang bertaburan di liga-liga Eropa seperti Nabil Bentaleb, Saphir Taider, dan Sofiane Feghouli, Aljazair berambisi mengukir rekor lolos untuk pertama kalinya ke babak 16 besar Piala Dunia. Sebuah misi yang agak sulit bagi tim besutan Vahid Halilhodzic ini karena di grupnya bercokol dua tim unggulan semacam Belgia dan Rusia.
Prediksi: Fase grup

Korea Selatan
Sepeninggal Park Ji-sung, Pasukan Taeguk Korea Selatan belum memiliki pengganti yang sepadan. Di Brasil 2014, jangankan membuat kejutan menembus semifinal seperti di Piala Dunia 2002, untuk sekadar lolos dari fase grup saja mungkin sulit dilakukan oleh tim asuhan Hong Myung-bo ini.
Prediksi: Fase grup

(Artikel ini dimuat di BeritaSatu.Com | Senin, 16 Juni 2014 | 10:43 | http://www.beritasatu.com/blog/olahraga/3444-prediksi-piala-dunia-2014.html)

Prediksi Piala Dunia 2014

One thought on “Prediksi Piala Dunia 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s