Menjelang Formula 1 GP Britania Raya 2014: Hamilton Wajib Menang di Kandang

Setelah sempat menang empat kali beruntun di awal musim, kedigdayaan Lewis Hamilton terhenti di Monaco. Praktis, pasca insiden yellow flag yang melibatkan pesaing sekaligus rekan setimnya, Nico Rosberg, Hamilton tidak pernah lagi mencicipi puncak podium di tiga lomba terakhir. Maka dari itu, balapan akhir pekan ini di kandang sendiri adalah saat yang tepat bagi Hamilton untuk menghentikan rentetan hasil yang kurang memuaskan tersebut.

Dampak dari kegagalan Hamilton meraih poin maksimal di tiga lomba terakhir memang sangat terasa di puncak klasemen sementara. Saat ini, dia semakin tertinggal dari Rosberg. Jarak di antara keduanya kini terpisah 29 poin.

Jika Hamilton sampai gagal menang lagi di Silverstone, bakal semakin sulit baginya untuk memburu Rosberg di sisa musim ini. Jika di kandang sendiri saja dia dipecundangi oleh Rosberg, apalagi di sirkuit-sirkuit yang lain. Hasilnya bisa jadi akan lebih buruk bagi pebalap kebanggaan Inggris Raya tersebut.

Terakhir kali Hamilton berjaya di kandang sendiri pada musim 2008, musim di mana dia menjadi juara dunia mengalahkan Felipe Massa. Tahun lalu, dia berhasil merebut pole position. Tapi, sayangnya, dia mengalami masalah pada ban. Kemenangan yang diimpi-impikan pun melayang.

Bagi Rosberg, Sirkuit Silverstone adalah tempat yang tahun lalu memberi kenangan manis baginya. Pada tahun 2013, Rosberg menggapai podium tertinggi di Inggris, mengalahkan Mark Webber dan Fernando Alonso yang menduduki posisi kedua dan ketiga.

Selain Hamilton dan Rosberg dari Mercedes, tim lain yang berpeluang membuat kejutan dengan memenangi balapan akhir pekan ini adalah Red Bull Racing. Sirkuit Silverstone yang dibumbui oleh beberapa tikungan cepat sangat cocok dengan mobil Red Bull yang handal dalam hal aerodinamika. Hanya saja, performa mesin Renault yang sering kedodoran menjadi titik lemah yang sewaktu-waktu bisa membuat Sebastian Vettel dan Daniel Ricciardo menyudahi lomba lebih dini.

Selain Red Bull, tim Williams, yang berhasil menggapai pole position dan posisi start 1-2 pada GP Austria dua pekan lalu, juga layak diunggulkan untuk menyodok ke depan. Apalagi, GP Britania Raya ini adalah home race bagi tim besutan Sir Frank Williams tersebut. Jika tak ada aral melintang, balapan akhir pekan ini juga akan menjadi start GP ke-200 bagi Felipe Massa. Tentu saja jagoan Brasil ini ingin mencapai hasil maksimal di momen yang special tersebut.

Sementara itu, McLaren sebagai tim tuan rumah lainnya, tidak terlalu optimistis menyambut balapan kandangnya ini. Masalah aerodinamika yang terus mendera tampaknya akan membuat Jenson Button dan Kevin Magnussen kesulitan menggapai podium. Meski demikian, race kali ini adalah race yang special, terutama bagi Jenson Button yang berencana mengenang mendiang ayahnya, John, yang telah tiada. Seperti halnya Hamilton, Jenson tentu saja akan berusaha meraih hasil yang terbaik di rumah sendiri.

Selain Red Bull, Williams, dan McLaren sebagai tim yang berpotensi menggagalkan pesta Mercedes di Silvirstone, ada satu tim lagi yang tidak boleh dicoret begitu saja, yaitu Ferrari. Meski kecepatannya kalah dibandingkan tim-tim yang bermesin Mercy, mobil Ferrari terbukti cukup tangguh dan mampu menyelesaikan lomba sampai finish. Jika nantinya terjadi insiden yang melibatkan tim Mercedes, jangan heran seandainya Fernando Alonso mampu menyelinap ke podium tertinggi.

Akhir pekan ini, seri kesembilan balap F1 musim 2014 akan berlangsung selama 52 lap. Terdapat dua zona DRS di Sirkuit Silverstone yang panjangnya 5,891 kilometer ini, yaitu di antara turn 5-6 dan turn 14-15. Pirelli, selaku pemasok, sudah menyiapkan dua alternatif ban, medium dan hard, untuk digeber di sirkuit yang berkarakter high downforce tersebut. Cuaca saat lomba pada hari Minggu diperkirakan cukup cerah dengan kemungkinan hujan gerimis. Suhu berada di kisaran 20 derajat Celcius.

Seri balap 2014 Formula 1 Santander British Grand Prix akan dimulai hari Jumat, 4 Juli 2014, dengan sesi Free Practice 1 (16.00 WIB) dan sesi Free Practice 2 (20.00 WIB). Hari Sabtu, 5 Juli 2014, diawali dengan sesi Free Practice 3 (16.00 WIB) dan diikuti sesi Qualifying (19.00 WIB). Hari Minggu, 6 Juli 2014, adalah raceday dengan start lomba mulai pukul 19.00 WIB. Selamat menonton!

Menjelang Formula 1 GP Britania Raya 2014: Hamilton Wajib Menang di Kandang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s