Review Formula 1 GP Jerman 2014: Rosberg dan Mercedes Menang di Kandang

Setelah tim nasional sepak bolanya menjuarai Piala Dunia 2014, akhir pekan kemarin publik Jerman kembali berbahagia. Jagoan tuan rumah, Nico Rosberg, akhirnya berhasil memenangi GP Jerman untuk pertama kalinya di Sirkuit Hockenheim. Itu sekaligus juga kemenangan kandang bagi tim kebanggaan Jerman, Mercedes.

Sebelum start, Rosberg juga mendapat dukungan dari kompatriotnya, anggota tim nasional sepak bola Jerman yang baru saja menjadi juara dunia, Lukas Podolski, yang hari Minggu kemarin menonton langsung di Hockenheim. Dukungan itu tidak sia-sia. Berkat kemenangan kandangnya tersebut, kini Rosberg unggul 14 poin atas rekan setimnya, Lewis Hamilton, di klasemen sementara.

Tim Mercedes sebenarnya sempat diragukan bakal berjaya di kandang sendiri. Saat sesi latihan bebas pada hari Jumat dan Sabtu, kecepatan Mercedes sempat berkurang dan berhasil didekati oleh tim-tim lain. Hal itu terjadi karena dicopotnya suspensi front-and-rear-interconnected (FRIC) di mobil Rosberg dan Hamilton.

Keputusan FIA yang melarang penggunaan FRIC memang diprediksi bakal mengurangi keperkasaan Mercedes yang sangat dominan musim ini. FRIC membantu efek aerodinamis pada mobil. Tanpa FRIC, Mercedes akan lebih lambat dalam melibas tikungan, dan hal itu bakal membuat para pesaing semakin mendekat.

Kenyataannya, saat lomba berlangsung, kekhawatiran performa Mercedes bakal menurun tanpa FIRC tidak terjadi. Rosberg benar-benar tidak terhentikan sejak start. Suami Vivian Sibold itu pun akhirnya melintasi garis finish dengan keunggulan 20 detik atas rising star Williams asal Finlandia, Valtteri Bottas.

Bottas sendiri kemarin kembali tampil memukau dan mencetak rekor pribadi naik podium tiga kali beruntun. Setelah meraih posisi ketiga di Austria, hari Minggu kemarin Bottas mengulang prestasinya dua pekan lalu di GP Inggris dengan menggapai posisi kedua di GP Jerman. Melihat performanya sekarang, jangan kaget jika Bottas akhirnya bisa meraih kemenangan di sisa balapan musim ini.

Sementara itu, kemenangan Rosberg kemarin membuat Hamilton yang sudah mendekat (selisih 4 poin) kembali menjauh. Saat ini Rosberg sudah mengumpulkan 190 poin, sedangkan Hamilton baru 176 poin. Jika di GP Inggris dua pekan lalu Rosberg yang sial (mobilnya mogok di tengah lomba karena masalah girboks), maka di GP Jerman kemarin giliran Hamilton yang tertimpa musibah (crash saat sesi kualifikasi karena kerusakan cakram rem kanan depan).

Akibat masalah rem tersebut, Hamilton harus merelakan mobilnya melintir dan menghantam pagar pembatas saat sesi kualifikasi. Dia pun kandas di Q1. Masalah tidak berakhir sampai di sini. Sebelum lomba, Hamilton memutuskan mengganti girboks. Konsekuensinya, dia terkena penalti turun lima posisi start. Walhasil, Hamilton pun harus memulai GP Jerman dengan start dari posisi ke-20 dari 22 orang pebalap.

Sesaat setelah lomba berlangsung, Hamilton langsung tancap gas dan menggeber Mercy-nya. Tidak butuh waktu lama bagi Hamilton yang start dari posisi ke-20 untuk menembus posisi 10 besar. Dia sempat melakukan aksi spektakuler saat melibas Kimi Raikkonen dan Daniel Ricciardo sekaligus di tikungan hairpin di lap ke-13.

Sayangnya, saat sedang semangat mencetak waktu tercepat, Hamilton sempat bersenggolan dengan Jenson Button di lap ke-30. Sayap depannya pun rusak, dan mobil Hamilton kehilangan downforce. Akibatnya, dia tidak kuasa mengejar Bottas di posisi kedua. Hamilton akhirnya mengakhiri GP Jerman dengan finish di posisi ketiga.

Seperti halnya Hamilton yang mengalami kecelakaan saat kualifikasi, Felipe Massa juga mengalami nasib sial saat lomba. Di tikungan pertama lap pembuka, Massa, yang start dari posisi ketiga, tabrakan dengan Kevin Magnussen (start persis di belakang Massa) yang saat itu sama-sama melibas tikungan. Mobil Massa sampai terbang dan terbalik gara-gara insiden tersebut. Tapi, syukurlah, pebalap Brasil itu tidak cedera. Usai lomba, Massa menyalahkan Magnussen. Sedangkan pengawas lomba menyatakan itu murni kecelakaan balap, tidak ada yang bersalah dan terkena penalti.

Sementara itu, pebalap tuan rumah yang lain, Sebastian Vettel, menggapai hasil yang cukup lumayan dengan finish di posisi keempat. Setelah berkali-kali dipermalukan rekan setimnya, Daniel Ricciardo, akhirnya juara dunia empat kali tersebut berhasil mengalahkan bocah Australia yang akhir pekan kemarin finish di posisi keenam.

Jagoan Ferrari, Fernando Alonso, kembali gagal meraih podium. Setelah sempat bertarung sengit dengan Vettel, Alonso akhirnya hanya mampu finish di posisi kelima, di depan Ricciardo. Rekan setimnya, Kimi Raikkonen, juga menjalani balapan yang tidak memuaskan. Start dari posisi ke-12, Kimi hanya berhasil finish di posisi ke-11. Duo Ferrari ini juga sempat dipermalukan saat keduanya dilibas oleh Vettel secara bersamaan di lap ke-15.

Secara keseluruhan, hasil balapan di GP Jerman kemarin memang menunjukkan bahwa Mercedes masih dominan dan sulit dikalahkan. Meski demikian, sudah muncul penantang baru, yaitu Valtteri Bottas dari Williams. Saat ini, Bottas (91 poin) sudah menduduki posisi kelima di klasemen sementara, siap menyalip Alonso (97 poin) dan Ricciardo (106 poin) di balapan-balapan selanjutnya. Di akhir musim, bisa saja Bottas menduduki posisi ketiga klasemen di bawah duo Mercedes.

Tim Williams juga menunjukkan kemajuan yang signifikan. Saat ini, tim yang juga diperkuat pebalap wanita, Susie Wolff, itu menapak posisi ketiga di klasemen konstruktor, melewati Ferrari! Seandainya Felipe Massa tidak mengalami nasib sial melulu, bisa saja Williams menyalip Red Bull dan finish di posisi kedua di bawah Mercedes pada akhir musim nanti.

Setelah dari Jerman, sirkus F1 akan terus berlanjut tanpa jeda, dan akhir pekan ini langsung mengunjungi Hungaria. Menarik untuk ditunggu apakah Williams dan Valtteri Bottas-nya bisa kembali menantang duo Mercedes di Budapest. Sampai bertemu di Hungaroring!

Nico Rosberg Menang di Kandang

Review Formula 1 GP Jerman 2014: Rosberg dan Mercedes Menang di Kandang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s