Menjelang Formula 1 GP Belgia 2014: Peluang Emas Bottas untuk Menang

Setelah break hampir sebulan, sirkus balap Formula 1 akan dimulai kembali akhir pekan ini. Sirkuit Spa-Francorchamps di Belgia bakal menjadi seri pembuka setelah para pebalap menikmati libur musim panas.

GP Belgia tahun ini akan menjadi race yang ke-12 dari seluruh kalender F1 musim 2014. Dari sebelas seri yang sudah berlangsung, Mercedes sangat dominan dengan menang 9 kali, sedangkan juara bertahan Red Bull Racing hanya kebagian dua victory melalui Daniel Ricciardo. Akhir pekan ini, Williams berpeluang menjadi tim ketiga setelah Mercedes dan Red Bull yang berhasil menggapai kemenangan.

Williams memang layak untuk percaya diri. Dengan modal mesin Mercedes yang sangat cepat, Felipe Massa dan Valtteri Bottas memiliki daya saing yang tinggi di Spa yang berkarakter low downforce dengan trek lurus sangat panjang.

Menurut Head of Vehicle Performance Williams, Rob Smedley, karakter Sirkuit Spa sangat cocok dengan mobil timnya. Power mesin Mercy yang besar akan menguntungkan bagi Massa dan Bottas di Belgia. Smedley pun yakin Williams bakal terus melaju dan performanya bakal lebih baik daripada paro musim sebelumnya.

Dengan hanya tertinggal tujuh poin dari Ferrari di posisi ketiga, Williams memang sangat mungkin mengkudeta tim Kuda Jingkrak dan menguntit Mercedes dan Red Bull Racing. Apalagi, prestasi Bottas dan Massa juga meningkat. Dalam empat lomba terakhir, Bottas mampu naik podium tiga kali, meski belum berhasil menang.

Nah, di Belgia inilah peluang emas bagi Valtteri Bottas untuk menang. Dia bilang, secara teori, mungkin di Spa inilah kesempatan terbaiknya musim ini, selain di Monza yang juga berkarakter cepat.

Sementara itu, Mercedes, yang tetap menjadi unggulan utama untuk menang, ingin tampil lebih dahsyat lagi di Spa dan di sisa delapan lomba musim ini. Mercy belum puas karena di paro musim yang lalu banyak mengalami masalah reliabilitas mesin.

Boss Mercedes, Toto Wolff, menyatakan gelar juara masih belum aman dalam genggaman. Maka dari itu, timnya selama break musim panas kemarin bekerja keras untuk mengatasi masalah sering mereka alami. Diharapkan, di paro musim kedua ini, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg tidak lagi mengalami problem ketahanan mesin yang membuat mereka gagal menyelesaikan lomba.

Wolff bilang, selain reliability yang menjadi fokus utama, Mercedes juga akan tampil lebih agresif dalam delapan lomba tersisa tahun ini. Targetnya adalah mengunci gelar ganda, juara dunia pebalap dan konstruktor di akhir musim nanti.

Selain Willams dan Mercedes, tim yang bermesin Mercy lainnya, McLaren, juga berpeluang menggapai hasil yang memuaskan di Belgia. Jenson Button mengatakan tidak ada tempat yang lebih baik untuk mencetak prestasi selain di Spa. Jika kemenangan masih sulit diraih, setidaknya podium bukan hasil yang mustahil bagi tim kebanggaan Inggris tersebut.

Sementara itu, Force India yang juga bermesin Mercedes sangat antusias menyambut GP Belgia. Mereka punya kenangan manis di Spa, saat Giancarlo Fisichella mempersembahkan pole position dan podium pertama tahun 2009 yang lalu. Tahun ini, tim milik Vijay Mallya itu bertekad untuk mencetak poin sebanyak mungkin di tempat yang sama.

Ambisi Mallya adalah menembus posisi empat besar di klasemen konstruktor. Saat ini, mereka berada di posisi kelima, menguntit Williams (keempat) dan Ferrari (ketiga). Nico Hulkenberg, yang selalu mencetak poin sebelum terhenti di Hungaroring tiga pekan lalu, menjadi tumpuan utama Force India untuk merealisasikan target tersebut.

Berbeda dengan tim-tim yang bermesin Mercedes, Red Bull yang bermesin Renault sadar bahwa peluang Sebastian Vettel dan Daniel Ricciardo untuk menang di Belgia memang tidak besar. Sirkut cepat semacam Spa memang tidak cocok dengan mobil besutan Adrian Newey tersebut. Peluang terbesar Red Bull untuk menang selanjutnya mungkin baru tiba saat GP Singapura, di sirkuit jalan raya yang lambat dan sempit.

Meski demikian, bukan berarti peluang Red Bull untuk menang tidak ada sama sekali. Ingat, Ricciardo adalah satu-satunya pebalap yang mampu “mencuri” kemenangan musim ini dari duo Mercedes. Di sirkuit high-speed seperti Spa, apa pun bisa terjadi. Bukan tidak mungkin Ricciardo akan kembali menyodok ke podium teratas untuk ketiga kalinya tahun ini.

Senada dengan Red Bull, Ferrari yang juga lambat dan kecepatannya di trek lurus bagaikan bajaj jika dibandingkan dengan Mercedes, juga tidak terlalu berharap banyak di Spa. Tetapi, seperti halnya Ricciardo, jangan mencoret Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen untuk membuat kejutan di Belgia. Meski peluangnya kecil, podium bukan hal yang mustahil untuk mereka raih.

Akhir pekan ini, cuaca di Spa diperkirakan cukup dingin dengan suhu sekitar 20 derajat Celcius. Hari Sabtu saat sesi kualifikasi mungkin bakal gerimis, sedangkan lomba di hari Minggu kemungkinan diselimuti awan mendung, tapi hujan diperkirakan tidak akan turun. Jadi, jangan terlalu berharap bagi yang ingin melihat wet race.

2014 Formula 1 Shell Belgian Grand Prix akan dimulai hari Jumat, 22 Agustus 2014, dengan sesi Free Practice 1 (15.00 WIB) dan sesi Free Practice 2 (19.00 WIB). Hari Sabtu, 23 Agustus 2014, diawali dengan sesi Free Practice 3 (16.00 WIB) dan diikuti sesi Qualifying (19.00 WIB). Hari Minggu, 24 Agustus 2014, adalah raceday dengan start lomba mulai pukul 19.00 WIB. Live di FOX Sports. Selamat menonton!

Peluang Emas Bottas untuk Menang

Menjelang Formula 1 GP Belgia 2014: Peluang Emas Bottas untuk Menang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s