Preview Serie A 2014-2015 Giornata 1: Chievo vs. Juventus

Petualangan Juventus dengan pelatih baru, Max Allegri, di Serie A dimulai akhir pekan ini. Laga kompetitif perdana ini bakal menjadi laga yang sangat penting bagi sang Nyonya Tua. Dengan diundurnya pelaksanaan SuperCoppa Italiana (versus Napoli) menjadi tanggal 23 Desember 2014 yang akan datang, praktis, Allegri hanya sempat menjajal skuat barunya di ajang pramusim Juve Asia-Australia Tour dan Trofeo TIM (yang dimenangkan oleh AC Milan pekan lalu).

Setelah berganti pelatih, Juve memang belum menemukan bentuk permainan terbaiknya. Juventus yang sangat identik dengan pola tiga bek, 3-5-2, di era Antonio Conte, di era Max Allegri ini bakal kembali menggunakan pola empat bek, antara 4-3-3 atau 4-3-2-1. Pergantian formasi ini, tentu saja, membutuhkan waktu adaptasi yang cukup.

Sejumlah pemain baru sudah didatangkan Juve untuk menopang reformasi ala Max Allegri tersebut. Pemain yang bisa bermain di beberapa posisi, seperti Romulo dan Roberto Pereyra, memang dibutuhkan oleh Allegri yang biasanya suka mencoba beberapa pola berbeda. Winger muda Kingsley Coman juga bisa digunakan oleh Allegri jika dia ingin memaksimalkan serangan lewat sayap dalam pola 4-3-3. Selain itu, ada fullback kiri berpengalaman dalam diri Patrice Evra yang sangat cocok dengan skema empat bek.

Di antara para pemain baru yang direkrut, tidak semuanya fit. striker muda Alvaro Morata yang baru digaet dari Madrid harus menepi karena cedera. Hal ini membuat Allegri kekurangan stok di lini depan. Fabio Quagliarella sudah pindah ke Torino. Kondisi Carlos Tevez dan Fernando Llorente kabarnya juga meragukan dan kurang fit. Sementara itu, striker buruan, seperti Chicharito atau Radamel Falcao, belum berhasil direkrut sampai laga perdana H-1 ini.

Di lini tengah, Allegri bisa sedikit tenang karena sampai saat ini Juve berhasil membentengi Arturo Vidal dan Paul Pogba dari incaran klub-klub top Eropa. Dua gelandang tersebut memang sangat vital bagi Allegri yang biasanya suka memasang tiga pemain tengah pekerja keras. Vidal pun dipastikan bakal menjadi starter dalam laga versus Chievo. Dia akan kembali bahu-membahu dengan Pogba.

Tersedianya Vidal dan Pogba di lini tengah, sayangnya, tidak disertai oleh Andrea Pirlo yang saat ini sedang tergolek tak berdaya karena cedera pangkal paha. Sang Maestro Pirlo dipastikan bakal menepi selama sebulan. Untungnya, Juve masih memiliki Claudio Marchisio yang tampaknya bakal diplot oleh Allegri untuk menempati posisi pusat dalam formasi tiga gelandang.

Di lini belakang, Juve juga tidak bisa menggunakan tenaga dua bek inti, Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli, yang bakal absen karena hukuman dan cedera. Allegri terpaksa memberi kepercayaan kepada duet Leonardo Bonucci dan Angelo Ogbonna, dengan Martin Caceres sebagai pelapis mereka. Sementara itu, fullback kanan tampaknya bakal ditempati oleh Stephan Lichtsteiner yang berpasangan dengan Patrice Evra di kiri.

Sementara itu, Chievo yang dilatih oleh Eugenio Corini juga melakukan perombakan cukup besar musim ini. Jika sebelumnya tim saingan sekota Hellas Verona ini dikenal sebagai tim yang paling membosankan di Serie A, musim ini, tampaknya, bakal sedikit berubah tipe permainannya.

Reformasi ala Chievo tersebut bisa dilihat dari para pemain anyar yang mereka datangkan, terutama dari gerbong Inter, seperti kiper Francesco Bardi, bek Cristiano Biraghi, winger Ezequiel Schelotto, dan striker Ruben Botta. Selain itu juga ada Mariano Izco, Maxi Lopez, dan eks Milan, Valter Birsa.

Nama-nama pemain di atas menjanjikan permainan yang berbeda dari Chievo. Jika Eugenio Corini bisa meraciknya dengan baik, mungkin kita bakal melihat Chievo yang tidak lagi menjemukan seperti dulu. Dan, bukan tidak mungkin, musim ini mereka bakal membuat kejutan merangsek ke papan tengah.

Di samping para pemain baru Chievo, yang juga patut diwaspadai oleh Juve, laga perdana besok dilangsungkan di Stadion Marc’Antonio Bentegodi. Musim lalu, saat masih dilatih oleh Antonio Conte, Juve kesulitan untuk menang di sana. Begitu juga dengan Allegri. Musim lalu, dia gagal membawa Milan meraih poin penuh di kandang the Flying Donkey tersebut.

Meski demikian, secara statistik Juve jauh lebih unggul dari Chievo. Rekor head-to-head dalam enam pertemuan terakhir, Juve menang 66%, seri 33%, dan Chievo tak pernah meraih poin penuh. Dalam empat laga terakhir lawan Chievo, Juve selalu menang dan mencetak minimal dua gol. Di Serie A, Juve selalu menang dalam tujuh laga terakhir, dengan enam laga di antaranya clean-sheet alias tak kebobolan.

Di samping statistik yang tampaknya memihak Juve, Allegri, yang dikenal sebagai pelatih lambat panas, memang dituntut untuk memenangi laga perdana lawan Chievo. Hasil buruk, seri, atau bahkan, kalah, hanya akan membuat para Juventini semakin tidak percaya kepadanya. Kebiasaan Allegri yang meraih hasil kurang memuaskan di awal kompetisi, seperti saat di Milan, tidak boleh dia ulangi jika ingin karirnya bersama Nyonya Tua bertahan lama.

Maka dari itu, tiga poin memang wajib dibawa pulang oleh Nyonya Tua dari kandang Keledai Terbang. Start yang tak maksimal bakal membuat harapan Juve mengulang masa kejayaan seperti di era Conte menjadi sulit tercapai. Perjalanan seribu langkah Juventus bersama Allegri bakal dimulai dari satu langkah pertama melawan Chievo.

Berikut ini daftar 22 pemain yang diboyong Allegri untuk menghadapi Chievo:
1 Buffon, 2 Romulo, 4 Caceres, 5 Ogbonna, 6 Pogba, 7 Pepe, 8 Marchisio, 10 Tevez, 11 Coman, 12 Giovinco, 14 Llorente, 19 Bonucci, 20 Padoin, 22 Asamoah, 23 Vidal, 26 Lichtsteiner, 30 Storari, 33 Evra, 34 Rubinho, 37 Pereyra, 38 Mattiello, 39 Marrone.

Perkiraan Susunan Pemain

Chievo (4-3-1-2)
Bardi; Frei, Dainelli, Cesar, Biraghi; Izco, Cofie, Hetemaj; Birsa; Paloschi, Botta.

Juventus (4-3-2-1)
Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Ogbonna, Evra; Vidal, Marchisio, Pogba; Pereyra, Coman; Tevez.

Prediksi: Chievo 1-2 Juventus.

Kick-off: Sabtu, 30 Agustus 2014, pukul 23.00 WIB. Live di beIN Sports 2.

Langkah Pertama Max Allegri bersama Juventus

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 1: Chievo vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s