Menjelang Musim Perdana FIA Formula E Championship: Selamat Datang Era Balap Mobil Listrik!

Akhir pekan ini, musim perdana Formula E bakal dimulai. Seri perdana bakal dihelat di sirkuit buatan yang mengitari stadion bekas Olimpiade 2008, Sarang Burung alias the Bird’s Nest, di Beijing, Tiongkok.

Formula E Championship merupakan ajang balap mobil formula (single-seater) terbaru yang digelar oleh Federasi Balap Mobil Internasional, FIA. Kejuaraan ini juga merupakan ajang balap pertama di dunia yang sepenuhnya menggunakan mobil istrik.

Musim perdana Formula E ini bakal berlangsung mulai bulan September 2014 hingga Juni 2015 tahun depan. Sebanyak 10 kota seperti Beijing (13 September 2014), Putra Jaya (22 November 2014), Punta del Este (13 Desember 2014), Buenos Aires (10 Januari 2015), Miami (14 Maret 2015), Long Beach (4 April 2015), Monte Carlo (9 Mei 2015), Berlin (30 Mei 2015), London (27 Juni 2015), dan satu kota lagi belum ditentukan (14 Februari 2015), bakal disinggahi oleh 10 tim balap mobil listrik.

Semua tim dan pebalap Formula E bakal menggunakan mobil formula yang identik. Mobil tersebut dirancang dan diproduksi oleh Spark Racing Technology dengan menggunakan mesin Renault. Selain Spark Racing dan Renault, sebuah konsorsium yang terdiri dari sejumlah nama besar dalam balap mobil seperti McLaren, Williams, Dallara, dan pemasok ban Michelin juga membantu pengembangan teknologi Spark-Renault SRT_01E tersebut.

Seperti ajang balap lainnya, seri balap Formula E juga bakal dimulai dengan sesi free practice yang terdiri dari dua bagian yang berlangsung selama 45 menit dan 30 menit. Selama sesi latihan ini, para pebalap bisa mencoba dua mobil yang disediakan dengan tenaga maksimal 200kw / 270bhp.

Sesi free practice bakal dilanjutkan dengan sesi qualifying untuk menentukan urutan posisi start saat race. Sesi kualifikasi ini akan berlangsung selama 55 menit (40 menit di atas trek). Sebanyak 20 pebalap dari 10 tim bakal dibagi dalam empat grup, masing-masing grup bakal terdiri dari lima pebalap. Setiap grup akan diberi waktu 10 menit untuk mencatat waktu terbaiknya. Setiap pebalap hanya boleh menggunakan satu mobil dengan tenaga maksimal 200kw / 270bhp. Pebalap yang berhasil mencatat waktu tercepat saat sesi qualifying (pole position) bakal diganjar bonus tiga poin.

Setelah sesi qualifying, race bakal dimulai dengan menggunakan standing-start. Balapan akan berlangsung kurang lebih selama satu jam. Para pebalap wajib melakukan satu kali pitstop untuk mengganti mobil dengan tenaga yang hanya dibatasi sampai 150kw / 202,5bhp.

Sistem pemberian poin bakal menggunakan standar FIA( 1st = 25pts, 2nd = 18pts, 3rd = 15pts, 4th = 12pts, 5th = 10pts, 6th = 8pts, 7th = 6pts, 8th = 4pts, 9th = 2pts and 10th = 1pt). Seperti halnya peraih pole position saat qualifying yang dihadiahi tiga poin, pebalap yang mencetak fastest lap saat race juga bakal diberi tambahan dua poin.

Jika di Formula 1 ada DRS sebagai turbo boost untuk menambah kecepatan mobil di trek lurus, maka di Formula E ada yang namanya FanBoost. Ya, sesuai dengan namanya, fans Formula E akan dilibatkan dalam FanBoost ini. Para penggemar bisa memberikan suara (vote) ala kompetisi idol-idol-an kepada driver yang disukainya sebelum lomba dimulai.

Apa itu sebenarnya FanBoost? FanBoost adalah tambahan tenaga (power boost) selama lima detik per mobil yang bisa dimanfaatkan oleh pebalap seperti halnya DRS di F1. Jika saat race mode tenaga mobil adalah 150kw / 202,5bhp, maka dengan FanBoost tenaganya bakal bertambah menjadi 180kw / 243bhp.

Tiga pebalap teratas yang mendapat suara terbanyak dari para fans bakal mendapatkan FanBoost. Pebalap idola para ababil seperti Kimi Raikkonen dan Dani Pedrosa yang memiliki banyak fans dipastikan bakal meraih keuntungan FanBoost ini jika berlaga di Formula E.

Seperti halnya F1, setiap tim Formula E akan diperkuat oleh dua pebalap. Dari 20 pebalap yang memperkuat 10 tim Formula E, ada dua pebalap wanita (Katherine Legge dan Michela Cerruti). Selain itu, Formula E musim pembuka ini bakal diramaikan oleh para pebalap yang pernah berlaga F1 tapi kurang sukses, seperti Takuma Sato, Lucas Di Grassi, Nelson Piquet, Jr., Sebastien Buemi, Karun Chandok, Jarno Trulli, Nick Heidfeld, Charles Pic, dan Jaime Alguersuari.

Oh, iya. Para F1 mania lawas juga bisa bernostalgia di Formula E musim perdana ini karena kita bakal kembali disuguhi duel klasik Senna-Prost. Hanya saja, kali ini yang bertarung bukan lagi Ayrton Senna dan Alain Prost, tetapi Bruno Senna dan Nicolas Prost.

Berikut ini adalah daftar 10 tim peserta FIA Formula E Championship musim perdana yang salah satunya dibentuk oleh Leonardo DiCaprio (Venturi Formula E Team).

Amlin Aguri (Jepang)
Drivers: Katherine Legge dan Takuma Sato
Reserve Driver: Fabio Leimer

Andretti Formula E (Amerika Serika)
Drivers: Franck Montagny dan Charles Pic

Audi Sport Abt (Jerman)
Drivers: Lucas Di Grassi dan Daniel Abt

China Racing (Tiongkok)
Drivers: Nelson Piquet, Jr. dan Ho-Pin Tung
Reserve Driver: Antonio Garcia

Dragon Racing (Amerika Serikat)
Drivers: Jerome D’Ambrosio dan Oriol Servia

E.DAMS-Renault (Prancis)
Drivers: Nicolas Prost dan Sebastien Buemi

Mahindra Racing (India)
Drivers: Karun Chandok dan Bruno Senna

Trulli (Swiss)
Drivers: Jarno Trulli dan Michela Cerruti

Venturi (Monako)
Drivers: Nick Heidfeld dan Stephane Sarazzin

Virgin Racing (Inggris)
Drivers: Jaime Alguersuari dan Sam Bird

Seri perdana FIA Formula E Championship Beijing ePrix 2014 bakal berlangsung selama 25 lap di sirkuit sepanjang 3,44 kilometer yang terdiri dari 20 tikungan. Balapan akan berlangsung dalam satu hari saja, yaitu hari Sabtu, 13 September 2014. Sesi free practice pertama bakal dimulai pukul 07.15 WIB, free practice kedua 09.30 WIB, sesi qualifying 11.00 WIB, dan race start 15.00 WIB. Live di Fox Sports 3. Selamat menonton!

Spark-Renault SRT_01E

Menjelang Musim Perdana FIA Formula E Championship: Selamat Datang Era Balap Mobil Listrik!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s