Preview Serie A 2014-2015 Giornata 2: Juventus vs. Udinese

Setelah menghempaskan Chievo di laga perdana, anak-anak asuh Max Allegri akan menjamu Udinese pada giornata kedua Serie A musim 2014-2015. Hanya saja, weekend ini Juventus harus menghadapi tim besutan Andrea Stramaccioni itu dengan kekuatan yang pincang karena beberapa pemain pilarnya cedera setelah membela tim nasional.

Break agenda internasional pekan lalu memang membawa masalah bagi Juve. Arturo Vidal terkena “virus FIFA” alias mengalami cedera paha saat membela Chile dalam friendly match melawan Haiti. Begitu juga dengan Giorgio Chiellini yang memperkuat Italia besutan Antonio Conte.

Cedera Vidal memang membuat galau. Gelandang yang membuat Manchester United ngiler itu harus absen kurang lebih sepekan, menyusul Luca Marrone, Andrea Barzagli (tumit), Giorgio Chiellini (betis), dan Andrea Pirlo (pinggul) yang sudah lebih dahulu tumbang. Carlos Tevez pun sempat diduga mengalami cedera hamstring saat latihan, meski kabar terakhir menyatakan dia siap tampil.

Jika Tevez sampai KO juga, itu merupakan pukulan telak bagi Juve yang telah kehilangan Alvaro Morata sebelum musim ini dimulai. Pelatih Max Allegri mungkin harus menurunkan Sebastian Giovinco atau Kingsley Coman untuk berduet dengan Fernando Llorente dalam laga resmi pertamanya di Juventus Stadium sebagai allenatore Nyonya Tua.

Sementara itu, Morata yang sudah menepi sejak pramusim karena cedera lutut, menunjukkan tanda-tanda membaik dan sudah mulai ikut berlatih bersama rekan-rekannya di Juve. Untuk menjadi pemain inti mungkin masih berat, mungkin Allegri akan menurunkan striker binaan Real Madrid itu sebagai pemain pengganti.

Allegri memang harus memutar otak dengan cedera yang menimpa para pemain andalannya. Dia juga harus memikirkan kemungkinan untuk merotasi pemain dalam laga melawan Udinese. Pada tengah pekan yang akan datang, Juve akan menjamu Malmo di Champions League. Allegri tentu berharap start yang mulus di pentas Eropa. Minggu depan, dia juga harus menghadapi mantan tim asuhannya, AC Milan, di pekan ketiga Serie A.

Pada pekan pertama yang lalu, Juve memang berhasil membawa pulang poin penuh dari kandang Chievo. Tetapi, kemenangan Juve waktu itu tidak terlalu meyakinkan, terutama dikarenakan finishing touch yang kurang tajam. Juve terlalu banyak membuang peluang. Jika Gigi Buffon tidak melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan Maxi Lopez dari jarak dekat, mungkin Claudio Marchisio dkk bakal pulang dengan hanya membawa satu poin.

Udinese, di bawah kendali pelatih bau kencur yang pernah gagal di Inter, Stramaccioni, bagaimanapun juga tidak bisa diremehkan oleh Juve. Memang, Squadra Friuliani saat ini tidak sekuat era Francesco Guidolin. Tetapi, di laga perdana dua pekan lalu, mereka berhasil memetik tiga poin dengan menggasak tim promosi, Empoli, lewat dua gol yang diborong striker uzur, Antonio Di Natale.

Udinese memang sangat menggantungkan harapan pada Di Natale untuk mengobrak-abrik gawang Buffon. Di lini depan, eks partner Alexis Sanchez itu mungkin bakal berduet dengan jagoan Kolombia, Luis Muriel. Di masa lalu, Di Natale memang seakan ditakdirkan untuk selalu menyulitkan Juve.

Meski memiliki Di Natale, bermain di kandang tim peraih scudetto, bagaimanapun juga, membuat Udinese menjadi tim underdog. Musim lalu, Zebra Kecil harus mengakui keunggulan Zebra Besar dua kali. Dalam enam kali pertemuan terakhir, tim yang pernah diperkuat oleh Zico pada tahun 1980-an itu tak pernah menang melawan Nyonya Tua.

Tidak hanya saat bertandang ke Juve, rekor away Udinese di Serie A secara umum memang buruk. Tim yang dulu pernah diperkuat oleh Oliver Bierhoff itu tak pernah menang dalam tujuh laga tandang terakhirnya, dengan enam laga di antaranya kebobolan minimal dua gol.

Secara statistik, Juve memang superior jika berlaga di Juventus Stadium. Squadra Bianconeri telah menyapu bersih kemenangan dalam 19 laga home terakhir di Serie A. Juve juga mencatat clean sheet alias tak kebobolan dalam tujuh dari delapan laga terakhirnya. Rekor head-to-head Juve dengan Udinese juga cukup mentereng. Tim milik keluarga Agnelli itu tak pernah kebobolan dalam tiga laga terakhir melawan tim asal Kota Udine tersebut.

Tetapi, semua statistik di atas itu dicetak Juve di era Antonio Conte. Allegri mengemban tugas berat untuk mempertahankan rekor tersebut.

***

Perkiraan Starting Line-ups

Juventus (3-5-2)
Buffon; Caceres, Bonucci, Ogbonna; Lichtsteiner, Pereyra, Marchisio, Pogba, Evra; Llorente, Tevez.

Bench: Storari, Rubinho, Barzagli, Asamoah, Coman, Padoin, Romulo, Mattiello, Giovinco, Morata, Pepe.
Peluang tampil: Tevez-Coman 60%-40%, Evra-Asamoah 55%-45%.
Suspended: Chiellini.
Injured: Chiellini, Marrone, Vidal, Pirlo.

Udinese (3-5-2)
Karnezis; Heurtaux, Danilo, Bubnjic; Widmer, Allan, Guilherme, Pinzi, Piris; Di Natale, Muriel.

Bench: Brkic, Meret, Coda, Belmonte, Pasquale, Badu, Bruno Fernandes, Jadson, Hallberg, Kone, Thereau, Geijo.
Peluang tampil: Bubnjic-Belmonte 60%-40%, Piris-Pasquale 70%-30%, Muriel-Thereau 60%-40%.
Suspended: –
Injured: Scuffet, Gabriel Silva, Domizzi, Riere.

Wasit: Antonio Damato.
Kick-off: Minggu, 14 September 2014, 01.45 WIB. Live: KompasTV dan beIN Sports 1.

Prediksi: Juventus 1-0 Udinese.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 2: Juventus vs. Udinese

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s