Review Champions League 2014-2015 Group A Matchday 1: Juventus 2-0 Malmo

Juventus berhasil mengawali langkahnya di Champions League dengan hasil gemilang. Di kandang sendiri, Juventus Stadium, sang Nyonya Tua dengan perkasa menghabisi jawara Swedia, Malmo, dua gol tanpa balas.

Dengan hasil yang ditorehkan oleh Gigi Buffon dkk tersebut, pelatih Max Allegri bisa tersenyum lega. Mantan nakhoda Milan itu sukses menyapu bersih kemenangan dalam tiga laga resmi perdana bersama Juventus. Selain itu, baik di Serie A maupun di Champions League, gawang Buffon masih tetap perawan sampai saat ini.

Pada awalnya, laga melawan Malmo semalam sebenarnya tidak berjalan dengan mudah. Meski menguasai permainan sejak menit pertama, Juve kesulitan menjebol gawang Robin Olsen. Bayangan kegagalan pun langsung terbayang di benak para Juventini. Maklum, dalam dua musim terakhir, Juve selalu kesulitan jika berhadapan dengan wakil Skandinavia di ajang Liga Champions, terutama jika menghadapi laga tandang.

Malmo, yang menyadari kalah secara kualitas, memang bertahan dengan cukup baik. Pada babak pertama, mereka mampu mementahkan beberapa peluang yang diperoleh Juve. Selain itu, dengan serangan balik cepat, mereka juga mampu memaksa para pemain Juve untuk bertahan. Pada menit ke-18, Malmo mendapatkan peluang lewat Magnus Eriksson. Tapi, tembakan kaki kirinya dari sisi kiri kotak penalti masih mampu diselamatkan oleh Buffon.

Dengan gaya bertahan dan counter-attack yang diterapkan Malmo tersebut, bola memang dikuasai oleh Juve, tapi lebih banyak berkutat di lapangan tengah. Claudio Marchisio dkk tampak kesulitan melakukan tusukan berbahaya ke jantung pertahanan yang dikomandoi oleh Markus Halsti.

Pada babak pertama, tercatat sepuluh kali para pemain Juventus melakukan percobaan untuk menjebol gawang Malmo. Tapi, semuanya tidak ada yang sukses. Empat kali kena blok, empat kali meleset, dan dua kali diselamatkan oleh kiper Olsen.

Malmo sendiri hanya melakukan empat kali percobaan untuk menjebol gawang Juve di babak pertama. Tapi, hanya satu yang tepat sasaran dan itu pun mampu diselamatkan oleh Buffon. Sedangkan, yang lainnya, sekali meleset dan dua kali kena blok.

Karena sama-sama mandul, hingga turun minum, laga antara juara Italia dan juara Swedia itu pun harus berakhir dengan skor kacamata. Juventus 0, Malmo 0.

Pada babak kedua, Juve meningkatkan intensitas serangan. Hal ini membuat Malmo semakin tertekan. Hanya saja, gawang mereka masih aman. Pada menit ke-50, tandukan Fernando Llorente dari tengah kotak penalti dapat diselamatkan oleh Olsen.

Hingga akhirnya, sembilan menit kemudian, barulah Juve mampu merobek pertahanan Malmo. Kerja sama yang apik antara Kwadwo Asamoah dan Carlitos Tevez mampu membuat skor berubah 1-0 untuk keunggulan sang Nyonya Tua.

Setelah itu, Juve yang sudah memimpin satu gol, terus menekan Malmo. Anak-anak asuh Age Hareide itu pun hanya bisa bertahan dan tak mampu melancarkan serangan balik yang berbahaya. Tercatat, sepanjang babak kedua, tidak ada satu pun percobaan yang mereka lakukan untuk menjebol gawang Buffon.

Meski terus membombardir gawang Olsen, Juve baru mampu menambah keunggulan pada penghujung babak kedua. Lagi-lagi lewat Tevez. Dengan freekick indah ala Andrea Pirlo, el Apache menembus sisi kanan atas jala Malmo. Squadra Bianconeri pun menutup laga perdananya di Eropa musim ini dengan skor dua-nol tanpa balas.

Dengan dua golnya semalam, Tevez resmi berbuka puasa di Liga Champions. Tercatat, semenjak meninggalkan Manchester United pada tahun 2009, mantan striker Boca Juniors ini tak mampu menambah pundi-pundi golnya di pentas tertinggi Eropa, termasuk ketika dia menjadi penyerang andalan Manchester City.

Dengan kontribusinya terhadap kemenangan Juve tersebut, tidak salah jika Tevez dinobatkan sebagai man of the match. Tanpa dia, sang Kuda Zebra mungkin harus puas ditahan imbang oleh Malmo di kandang sendiri.

Selain Tevez, yang patut diacungi jempol semalam adalah Mister Max Allegri. Sejauh ini, dia mampu memberi ketenangan pada para Juventini yang galau setelah ditinggal Antonio Conte. Allegri telah melakukan start awal dengan cukup memuaskan, baik di pentas domestik Serie A, maupun di ajang Liga Champions Eropa yang selama ini kurang bersahabat bagi Juve.

***

Rapor

Juventus
Buffon 7; Caceres 7, Bonucci 7, Chiellini 7; Lichtsteiner 6.5/Romulo 6 (90′), Pogba 6, Marchisio 6, Asamoah 6.5, Evra 6.5; Tevez 8/Giovinco 6 (90′), Llorente 6.5/Morata 6 (86′). Pelatih: Allegri 7.5.

Malmo
Olsen 6; Tinnerholm 6, Johansson 5, Halsti 6, Helander 5, Konate 6; Eriksson 5/Rakip 5 (81′), Adu 5, Forsberg 6; Rosenberg 6/Mehmeti 5 (53′), Thelin 6/Kroon 5 (73′). Pelatih: Hareide 6.

Man of the Match: Carlos Tevez.

Review Champions League 2014-2015 Group A Matchday 1: Juventus 2-0 Malmo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s