Preview Serie A 2014-2015 Giornata 3: Milan vs. Juventus

Dini hari nanti, untuk pertama kalinya Max Allegri akan bertandang ke San Siro dalam laga Serie A setelah dipecat oleh AC Milan pada awal tahun 2014 yang lalu. Allegri bakal membawa tim barunya, Juventus, yang saat ini berada di posisi kedua, meluruk kandang mantan timnya yang sekaligus pemimpin klasemen sementara tersebut.

Di awal musim Serie A ini, Milan dan Juventus sama-sama mengumpulkan enam poin, hasil dari sapu bersih kemenangan dalam dua laga. Hanya saja, anak asuh Pippo Inzaghi lebih unggul dalam hal produktivitas gol. Oleh karena itulah, mereka saat ini menjadi capolista, mengangkangi Juventus dan Roma yang sebenarnya memiliki jumlah poin yang sama.

Meski sangat agresif dalam dua laga awal dengan mencetak delapan gol, Milan mempunyai problem, yaitu rapuhnya sektor pertahanan. Saat ini, gawang yang dijaga Diego Lopez sudah kebobolan lima gol.

Hal tersebut berkebalikan dengan sang Nyonya Tua Juventus yang masih perawan alias belum pernah dijebol oleh siapa pun. Meski demikian, tingkat keganasan Carlos Tevez dkk masih perlu ditingkatkan karena mereka hanya mampu menyarangkan tiga gol dalam dua laga perdana.

Dalam laga yang bisa disebut sebagai grande partita nanti, Allegri kemungkinan bakal menerapkan kembali skema 3-5-2 warisan Antonio Conte. Dengan pola ini, trio bek Juventus yang dihuni Martin Caceres, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini bakal bekerja keras menghadapi trio pemain depan Milan, yaitu Keisuke Honda, Jeremy Menez, dan Stephan El Shaarawy yang saat ini terlihat cukup ganas.

Salah satu kunci dari kemenangan adalah siapa yang bisa menguasai lini tengah. Inzaghi, yang sepertinya bakal kembali menggunakan formasi 4-3-3, akan mengandalkan Andrea Poli, Nigel De Jong, dan Sulley Muntari untuk bertarung dengan trio centrocampista Juve yang tampaknya bakal diisi oleh Roberto Pereyra, Claudio Marchisio, dan Paul Pogba.

Ketiadaan Andrea Pirlo yang masih cedera dan Vidal yang belum fit membuat Milan berpeluang memenangkan pertarungan di lini vital tersebut. Posisi Juventus saat ini memang tidak terlalu diunggulkan. Marchisio dan Pogba harus mengeluarkan kemampuan terbaik mereka untuk dapat meredam mesin perang AC Milan.

Selain di lini tengah, duel seru juga bakal tersaji di sektor sayap. Dua fullback Rossoneri, Mattia De Sciglio dan Ignazio Abate, bakal berjibaku dengan Stephan Lichtsteiner dan Kwadwo Asamoah atau Patrice Evra. Sudah jamak terjadi, sisi flank ini berperan besar dalam menentukan pemenang permainan.

Salah satu titik terlemah Milan pada awal musim ini adalah sektor bek tengah. Hal tersebut pastinya bakal dieksploitasi oleh Juventus dengan mengandalkan gedoran Carlos Tevez. Apalagi,saat ini Carlitos sedang on fire. El Apache baru saja memborong dua gol kemenangan Bianconeri atas Malmoe di ajang Champions League.

Secara statistik, Juventus berhasil memenangi sembilan laga terakhir mereka di Serie A, dengan delapan di antaranya clean-sheet alias tak kebobolan. Sementara itu, Milan selalu berjaya dalam enam laga kandang terakhir di San Siro.

Secara head-to-head, dalam tiga pertemuan terakhir mereka di Serie A, Milan selalu dipecundangi oleh Juventus (Milan 0-2 Juventus, Juventus 3-2 Milan, dan Juventus 1-0 Milan). Tetapi, itu semua di era Conte. Saat ini, Juve dibesut oleh Allegri, pelatih peraih scudetto musim 2010-2011 yang telah Milan campakkan. Menarik untuk ditunggu apakah mantan yang terbuang itu mampu membalas dendam di kandang rival sekota Inter tersebut.

***

Perkiraan Susunan Pemain

Milan (4-3-3)
Abbiati; Abate, Rami, Zapata, De Sciglio; Poli, De Jong, Muntari; Honda, Menez, El Shaarawy.
Bench: Agazzi, Gori, Mexes, Zaccardo, Albertazzi, Armero, Essien, Van Ginkel, Bonaventura, Torres, Pazzini, Niang.
Pelatih: Inzaghi.
Supended: Bonera.
Injured: Diego Lopez, Alex, Montolivo, Saponara.

Juventus (3-5-2)
Buffon; Caceres, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Pereyra, Marchisio, Pogba, Asamoah; Llorente, Tevez.
Bench: Storari, Rubinho, Evra, Ogbonna, Vidal, Padoin, Pepe, Coman, Romulo, Mattiello, Giovinco, Morata.
Pelatih: Allegri.
Suspended: –
Injured: Barzagli, Marrone, Pirlo.

Wasit: Rizzoli.
Kick-off: Minggu, 21 September 2014, 01.45 WIB. Live: KompasTV dan beIN Sports 1.

Prediksi: Milan 1-1 Juventus.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 3: Milan vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s