Preview Serie A 2014-2015 Giornata 4: Juventus vs. Cesena

Setelah sukses membuyarkan mimpi AC Milan di San Siro lewat gol semata wayang Carlos Tevez, tengah pekan ini Juventus bakal menjamu tim promosi Cesena dalam lanjutan giornata keempat Liga Italia Serie A 2014-2015. Sebuah laga kandang yang seharusnya menjadi laga mudah dan wajib dimenangkan oleh sang Nyonya Tua.

Rekor Gigi Buffon dkk di Juventus Stadium memang mentereng. Sejak 18 bulan yang lalu, Juve belum tersentuh kekalahan di kandang sendiri. Catatan yang membentang sejak era Antonio Conte itu dilanjutkan oleh Max Allegri yang sukses menghempaskan Udinese pada laga home perdananya di Serie A musim ini.

Meski sama-sama berseragam hitam-putih, dengan membandingkan komposisi skuat yang dimiliki, Juventus dan Cesena memang bak bumi dan langit. Oleh karena itu, tim asuhan Allegri tersebut memang layak percaya diri untuk bisa mengemas poin penuh. Meski demikian, si Kuda Zebra Juve tidak boleh menganggap remeh si Kuda Laut Cesena.

Pada giornata pertama, Cesena berhasil membuat kejutan dengan menghempaskan Parma yang dilatih oleh Roberto Donadoni. Saat ini, tim besutan Pierpaolo Bisoli itu telah mengumpulkan empat poin dalam tiga laga Serie A. Sebuah hasil yang cukup lumayan mengingat status mereka sebagai tim yang baru promosi dari Serie B.

Kunci permainan Cesena terletak pada sang playmaker Manuel Coppola. Selama ini, pemain bernomor punggung 10 tersebut berperan sebagai penyuplai bola untuk duet striker Franco Brienza dan Guido Marilungo. Kecepatan dua pemain depan ini bisa membahayakan gawang Buffon jika tidak diantisipasi dengan cermat oleh trio bek Juventus.

Kelemahan Cesena terletak pada lini belakangnya yang gampang ditembus. Meski dijaga oleh kiper muda berbakat titipan dari Juve, Nicola Leali, gawang si Kuda Laut sampai saat ini sudah jebol lima kali dalam tiga laga. Jika masih tetap on fire seperti ketika menghabisi Malmoe dan Milan, Carlitos Tevez kemungkinan besar bakal membuat pertahanan Cesena semakin merana.

Sementara itu, Juve sendiri bukannya tanpa masalah dalam menjamu Cesena. Setelah berturut-turut tampil dalam tiga hari sekali, kondisi kebugaran Claudio Marchisio dkk tentu tidak mencapai 100 persen. Saat melawan Milan kemarin, Martin Caceres menyusul Andrea Pirlo dan Luca Marrone yang tergolek cedera. Begitu juga dengan Andrea Barzagli yang tampaknya masih belum fit dan mungkin tidak akan dimainkan oleh Allegri.

Dengan absennya Caceres dan Barzagli, praktis, posisi bek tengah sebelah kanan bakal lowong. Kemungkinan, Angelo Ogbonna, yang biasanya nyaman di kiri, bakal digeser ke kanan. Alternatif lainnya, mungkin Allegri akan menerapkan formasi empat bek dengan Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci berduet sebagai centre-back.

Di lini tengah, mungkin Arturo Vidal akan kembali menjadi starter. Roberto Pereyra yang tampil apik saat menghabisi Milan juga siap mengisi tempatnya jika jagoan Chile tersebut dianggap belum terlalu fit.

Di lini depan, mumpung lawannya tergolong ringan, Alvaro Morata mungkin bisa diberi kesempatan tampil sejak menit pertama. Tetapi, jika Allegri berkehendak lain, Fernando Llorente bisa kembali berduet dengan Tevez.

Laga melawan Cesena ini memang kesempatan bagi Juve untuk mendongkel Roma dari puncak klasemen. Saat ini, Serigala Ibukota unggul selisih gol atas Nyonya Tua. Maka dari itu, mumpung Francesco Totti dkk bertandang ke Parma, Juve wajib menang besar atas Cesena untuk merebut capolista.

***

Perkiraan Susunan Pemain

Juventus (3-5-2)
Buffon; Ogbonna, Bonucci, Chiellini; Romulo, Vidal, Marchisio, Pogba, Evra; Tevez, Llorente.
Bench: Storari, Rubinho, Asamoah, Mattiello, Lichtsteiner, Pereyra, Padoin, Pepe, Coman, Giovinco, Morata.
Pelatih: Allegri.
Suspended: –
Injured: Barzagli, Pirlo, Marrone, Caceres.

Cesena (3-5-1-1)
Leali; Capelli, Lucchini, Volta; Perico, Giorgi, Cascione, Coppola, Mazzotta; Brienza; Marilungo.
Bench: Agliardi, Bressan, Krajnc, Magnusson, Renzetti, Valzania, Carbonero, Defrel, Ze Eduardo, Rodriguez, Djuric, Garritano.
Pelatih: Bisoli.
Suspended: –
Injured: Cazzola, De Feudis, Tabanelli.

Wasit: Giacomelli.

Kick-off: Kamis, 25 September 2014, 01.45 WIB. Live: beIN Sports 2.

Prediksi: Juventus 3-0 Cesena.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 4: Juventus vs. Cesena

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s