Review Serie A 2014-2015 Giornata 4: Juventus 3-0 Cesena

Sesuai dengan perkiraan, Juventus sukses melibas Cesena dengan skor tiga gol tanpa balas dalam laga Serie A giornata keempat di Juventus Stadium dini hari tadi. Kemenangan tersebut juga menandai kembalinya sang Nyonya Tua ke puncak klasemen Liga Italia, menggusur Serigala Ibukota, AS Roma.

Sejak awal, Juve, yang turun dengan formasi 3-5-2 sejak menit pertama, memang menguasai jalannya pertandingan. Cesena, tim yang baru promosi dari Serie B itu, tidak berkutik menahan gempuran tim peraih scudetto tiga musim terakhir tersebut.

Meski menguasai permainan, sebenarnya tidak mudah bagi Juve untuk menembus pertahanan Cesena. Tim asuhan Pierpaolo Bisoli tersebut menerapkan strategi parkir bus ala Jose Mourinho. Alhasil, Arturo Vidal dkk lebih banyak mengandalkan tembakan dari luar kotak penalti.

Kiper Cesena yang sebenarnya dipinjam dari Juve, Nicola Leali, juga bermain cukup gemilang untuk ukuran debutan di Serie A. Beberapa kali penjaga gawang yang digadang-gadang sebagai penerus Gigi Buffon itu mementahkan serangan klub yang memilikinya tersebut.

Gedoran Juve baru memberi hasil pada menit ke-18. Ketika itu, Roberto Pereyra melepaskan umpan dari luar kotak penalti. Bola yang dilepaskan oleh gelandang Argentina itu membentur tangan salah seorang pemain antah-berantah Cesena, yang saking tidak terkenalnya, saya sampai lupa namanya. Tak pelak, wasit pun menunjuk titik putih. Hadiah tendangan penalti untuk Juve.

Seperti biasa, Vidal yang bertindak sebagai eksekutor. Meski arah sepakan penaltinya bisa ditebak dan sempat dijawil oleh tangan Leali, bola tetap masuk menembus selaput gawang tim Kuda Laut Cesena. Juve memimpin 1-0. Skor ini bertahan sampai babak pertama usai.

Setelah turun minum, kondisi belum berubah. Juve masih menguasai ball possession, sedangkan Cesena hanya mengandalkan serangan balik seperti yang biasa dilakukan oleh tim-tim gurem lainnya jika menghadapi Claudio Marchisio dkk.

Squadra Bianconeri baru bisa menggagahi Cesena kembali pada menit ke-64. Umpan dari Fernando Llorente disambut oleh Vidal dengan tendangan geledek dari luar kotak penalti. Bola pun kembali menembus gawang Leali. Para bek Cesena sepertinya terpesona oleh kegantengan Llorente sehingga terlambat menutup ruang tembak Vidal yang muncul dari belakang.

Unggul dua gol, tim asuhan Max Allegri itu tidak mengendorkan gempurannya. Masuknya tiga pemain pengganti, Alvaro Morata, Simone Padoin, dan Simone Pepe yang tenaganya masih fresh semakin menambah daya gedor Juve.

Pada menit ke-85, gelandang medioker kesayangan para Juventini, Padoin, secara luar biasa mengirim bola terobosan yang membelah pertahanan Cesena. Stephan Lichtsteiner yang coming from behind dari sisi kanan langsung menyambut umpan brilian tersebut dan membuat jala gawang Leali bergetar untuk ketiga kalinya. Skor 3-0 untuk keunggulan Nyonya Tua tersebut bertahan sampai laga usai.

Secara statistik, Juve memang unggul mutlak. Mereka menguasai bola sampai 72 persen, dibandingkan Cesena yang hanya 28 persen. Selama 90 menit, Juventus yang kemarin turun tanpa striker utamanya, Carlos Tevez, melepaskan 29 tembakan (13 on target) dengan tiga di antaranya menjadi gol. Ibarat bumi dan langit bila dibandingkan dengan Cesena yang hanya mampu melepaskan sekali tendangan yang mengancam gawang Buffon.

Dengan tiga poin tambahan yang didapat pasca membekuk Cesena, Juve telah mengumpulkan 12 poin dari empat laga Serie A musim ini. Jumlah poin tersebut sebenarnya sama dengan Roma yang pada waktu bersamaan menggebuk tuan rumah Parma. Tetapi, Juventus unggul selisih gol. Karena itulah, Nyonya Tua saat ini menduduki capolista, sedangkan Serigala Roma kembali ke habitatnya sebagai klub nomor dua.

Patut dicatat juga, dalam lima laga resmi perdana bersama Allegri, di ajang Serie A maupun Champions League, Juve berhasil menyapu bersih kemenangan dengan melesakkan sembilan gol tanpa pernah kebobolan. Gawang Buffon pun masih suci dan perawan musim ini. Selain itu, Allegri telah membuktikan bahwa Juve bisa meraih hasil maksimal tanpa sang Maestro Andrea Pirlo yang masih berkutat dengan cedera.

***

Rapor

Juventus
Buffon 6; Ogbonna 6.5, Bonucci 6.5, Chiellini 6.5; Lichtsteiner 6.5/Pepe 6 (87′), Vidal 7/Padoin 6.5 (80′), Marchisio 6.5, Pereyra 6, Evra 6; Giovinco 7, Llorente 5.5/Morata 5.5 (70′). Pelatih: Allegri 7.

Cesena
Leali 6.5; Perico 5.5/Carbonero 5 (57′), Capelli 5.5, Lucchini 5.5, Krajnc 5.5, Renzetti 5.5; Giorgi 5.5/Nica 5 (77′), Cascione 5.5, Mazzotta 5.5/Coppola 5.5 (46′); Defrel 4.5, Marilungo 6. Pelatih: Bisoli 5.

Wasit: Giacomelli 5.5.

Man of the Match: Arturo Vidal.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 4: Juventus 3-0 Cesena

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s