Preview Serie A 2014-2015 Giornata 5: Atalanta vs. Juventus

Tidak ada waktu lama untuk berleha-leha. Setelah membantai Cesena tengah pekan kemarin, Juventus segera bertandang ke Bergamo untuk meladeni tantangan Atalanta pada hari Minggu (28/9) dini hari WIB.

Dalam empat giornata yang sudah dilalui, tim besutan Max Allegri tersebut berhasil mengemas poin sempurna, sama dengan kesebelasan medioker yang dua musim ini mulai bangkit, AS Roma. Juventus sekaligus mengukir rekor sebagai tim pertama yang selalu menang dalam empat laga perdana Serie A tanpa pernah kebobolan.

Laga melawan Atalanta pada giornata kelima, seharusnya, tidak menjadi laga yang susah. Jika menilik pada sejarah, sudah 13 tahun lamanya tim asal kota Bergamo tersebut tidak pernah menang jika berhadapan dengan Juventus. Kekalahan terakhir didapatkan si Nyonya Tua dari tim yang berwarna kebesaran biru-hitam itu pada musim 2000-2001.

Tiga belas tahun yang lalu, saat masih diperkuat oleh para legenda semacam Alessandro Del Piero, Pippo Inzaghi, dan Zinedine Zidane, meski sempat memimpin terlebih dahulu, Juventus menyerah 1-2 pada Atalanta. Sejak kekalahan memalukan itu, Bianconeri tak pernah lagi dipecundangi oleh tim yang seragamnya mirip Inter tersebut.

Tercatat, dalam 19 pertemuan sejak keok pada musim 2000-2001, Juve menang 17 kali dan sisanya berakhir seri. Bahkan, dalam delapan laga terakhir melawan Atalanta, tim yang dimiliki oleh keluarga Agnelli itu selalu berjaya memetik poin penuh.

Meski sangat unggul dalam sisi historis dan kualitas tim, bukan berarti Juve tanpa masalah. Setelah bertandang ke Atalanta, Gigi Buffon dkk akan menjalani partai sulit di kandang Atletico Madrid dalam lanjutan grup A Champions League, tengah pekan yang akan datang. Setelah itu, minggu depan, mereka harus menjamu tim penghuni peringkat kedua, AS Roma, di Juventus Stadium.

Tak pelak, saat melawat ke Bergamo akhir pekan ini, pelatih Max Allegri kemungkinan harus melakukan rotasi pemain seperti saat menghadapi Cesena kemarin. Simone Padoin, Roberto Pereyra, Kingsley Coman, Alvaro Morata, atau Sebastian Giovinco mungkin akan diturunkan sejak awal, sedangkan tenaga beberapa pemain inti bakal disimpan agar tetap fit saat meladeni Atletico dan Roma.

Andrea Pirlo kabarnya juga berangsur pulih dari cedera. Meski demikian, sang Maestro sepertinya masih belum siap untuk tampil sebagai pemain pengganti saat melawan Atalanta. Deep-lying playmaker yang baru menceraikan istrinya itu masih menunggu partai resmi perdananya di Juve bersama Allegri, pelatih yang dulu mendepaknya dari Milan.

Sementara itu, tuan rumah Atalanta yang beberapa tahun terakhir konsisten menduduki papan tengah Serie A, pada awal musim ini menjalani start yang kurang memuaskan. Dalam empat laga perdana, tim besutan Stefano Colantuono itu hanya mampu meraih sekali kemenangan dan sekali seri. Saat melawan tim yang notabene lebih kuat, German Denis dkk sering keder nyalinya.

Kelemahan mental Atalanta itu seharusnya bisa dimanfaatkan oleh Juve. Meski nantinya Allegri menurunkan beberapa pemain pelapis, tiga poin wajib dibawa pulang dari Bergamo untuk mengamankan tahta Serie A dari terkaman Serigala Roma. Bakal lebih yahud lagi jika Giorgio Chiellini cs bisa tetap mempertahankan keperawanan gawang Buffon di giornata kelima besok.

***

Perkiraaan Susunan Pemain

Atalanta (4-4-2)
Sportiello; Zappacosta, Biava, Cherubin, Drame; Estigarribia, Baselli, Carmona, Gomez; Boakye, Denis.
Pelatih: Colantuono.
Bench: Avramov, Benalouane, Stendardo, Bellini, Del Grosso, Raimondi, Cigarini, Migliaccio, Molina, D’Alessandro, Moralez, Bianchi.
Suspended: –
Injured: Rosseti, Spinazzola, Grassi.

Juventus (3-5-2)
Buffon; Ogbonna, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Marchisio, Pogba, Asamoah; Morata, Tevez.
Pelatih: Allegri.
Bench: Storari, Rubinho, Evra, Pereyra, Padoin, Pepe, Mattiello, Coman, Giovinco, Llorente.
Suspended: –
Injured: Marrone, Caceres, Barzagli, Pirlo, Romulo.

Wasit: Orsato.
Stadion: Stadio Atleti Azzurri d’Italia, Bergamo.
Kick-off: Minggu, 28 September 2014, 01.45 WIB.
Live: beIN Sports 1.

Prediksi: Atalanta 0-2 Juventus.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 5: Atalanta vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s