Preview Champions League 2014-2015 Group A Matchday 2: Atletico Madrid vs. Juventus

Laga pertama di grup A berakhir menyesakkan bagi finalis Champions League musim lalu, Atletico Madrid. Berstatus sebagai tim unggulan, anak-anak asuh Diego Simeone tersebut malah dipecundangi oleh jawara Yunani, Olympiakos. Sementara itu, Juventus, yang berstatus sebagai unggulan kedua di grup A, sukses melumat jawara Swedia, Malmoe, dengan skor 2-0 tanpa balas di Juventus Stadium.

Tengah pekan ini, Atletico Madrid dan Juventus bakal bersua di matchday kedua. Bisa dibilang, partai ini adalah big match yang mempertemukan dua tim unggulan yang digadang-gadang bakal lolos dari grup A ke babak 16 besar.

Bagi Atletico, kalah di kandang sendiri pada laga kedua fase grup ini bisa berarti kiamat. Kemenangan atas Juve menjadi harga wajib jika Diego Godin dkk masih ingin mengulang prestasinya di Champions League musim lalu.

Dengan kondisi yang bisa dibilang terjepit ini, Atleti memang harus percaya diri dalam menjamu Juventus. Meski dibekuk Olympiakos di ajang Eropa, tim yang musim ini ditinggalkan oleh Thibaut Courtois itu menunjukkan tren positif di ajang domestik La Liga. Juara Europa League musim lalu, Sevilla, mereka libas dengan skor telak 4-0 akhir pekan kemarin.

Atleti yang musim ini ditinggal sejumlah pilar yang bedol desa ke Chelsea, tampaknya, mulai menemukan keseimbangan dalam permainan. Para pemain baru mulai menyatu dengan para pemain lama. Alhasil, juara bertahan La Liga yang di awal musim sempat terseok-seok ini sekarang sudah mulai menembus ke papan atas, bersaing dengan Barcelona.

Kepergian Diego Costa tampaknya juga tidak perlu ditangisi lagi oleh Atleti. Kembali tampilnya Mario Mandzukic yang sempat cedera, serta mulai tajamnya Raul Jimenez, yang kemarin mencetak gol perdana, membuat Simeone tidak perlu khawatir akan keganasan lini depan timnya.

Satu hal lagi yang membuat Atletico pantas jumawa adalah mereka bakal menjamu Juventus di Vicente Calderon. Tercatat, dalam 14 laga beruntun di semua ajang, Arda Turan dkk tidak tersentuh kekalahan di sana. Tim bertabur bintang seperti Real Madrid, Barcelona, dan Chelsea sudah pernah merasakan keangkeran kandang Atleti tersebut.

Sementara itu, bagi Juventus, terutama pelatih Max Allegri, laga melawan Atletico ini adalah ujian perdana yang sesungguhnya. Sebelum ini, Gigi Buffon dkk hanya menghadapi tim-tim gurem semacam Chievo, Cesena, dan Malmoe. Lawan terberat yang sejauh ini berhasil ditaklukkan hanyalah mantan tim besar yang sekarang menjadi tim medioker yang penuh dengan pemain pinjaman dan gratisan, AC Milan.

Dalam lima laga Serie A dan satu laga Champions League, rekor Claudio Marchisio dkk dalam meladeni tim-tim gurem dan medioker tersebut memang sangat mentereng. Mereka sukses menyapu bersih kemenangan tanpa pernah kebobolan. Akhir pekan lalu, Atalanta menjadi korban terkini di kandangnya sendiri.

Meski demikian, ajang Eropa selalu menjadi momok bagi Juventus yang begitu perkasa di Italia. Masih lekat dalam ingatan, saat masih dibesut Antonio Conte musim lalu, mereka tak kuasa melewati Real Madrid dan Galatasaray.

Selain dihantui kegagalan di fase grup Champions League, statistik Nyonya Tua selama bertandang ke Spanyol juga kurang memuaskan. Selama 20 kali berlaga di negerinya Penelope Cruz itu, Juve hanya membawa pulang kemenangan tiga kali.

Kemenangan terakhir Bianconeri di tanah para Matador terjadi pada musim 2008/2009. Pada penampilan perdananya di Champions League pascacalciopoli tersebut, Juventus membekuk Real Madrid 2-0. Sang kapten, Alessandro Del Piero, mencetak gol tendangan bebas yang sangat cantik ke gawang Iker Casillas. Pada akhir laga, legenda Juve tersebut mendapat standing applause dari para penonton di Stadion Santiago Bernabeu.

***

Perkiraan Susunan Pemain

Atletico Madrid (4-4-2)
Moya; Juanfran, Miranda, Godin, Ansaldi; Raul Garcia, Tiago, Koke, Arda Turan; Mandzukic, Griezmann.
Coach: Simeone.
Bench: Oblak, Gimenez, Siqueira, Mario Suarez, Saul, Raul Jimenez, Cerci.
Injured: Gabi.

Juventus (3-5-2)
Buffon; Caceres, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Marchisio, Pogba, Evra; Llorente, Tevez.
Coach: Allegri.
Bench: Storari, Ogbonna, Asamoah, Pereyra, Coman, Giovinco, Morata.
Injured: Marrone, Barzagli, Romulo, Pirlo.

Wasit: Felix Brych (Jerman).
Stadion: Vicente Calderon, Madrid.

Kick-off: Kamis, 2 Oktober 2014, 01.45 WIB.
Live: SCTV / OrangeTV Festival.

Prediksi: Atletico Madrid 1-1 Juventus.

Preview Champions League 2014-2015 Group A Matchday 2: Atletico Madrid vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s