Preview Serie A 2014-2015 Giornata 6: Juventus vs. Roma

Dengan bekal kekalahan dari kandang Atletico Madrid, sang Nyonya Tua Juve bakal menjamu Serigala Ibu Kota Roma pada giornata keenam di Juventus Stadium. Rekor dua tim penguasa Liga Italia Serie A yang sama-sama belum terkalahkan ini bakal dipertaruhkan dalam grande partita, Minggu (5/10) pukul 23.00 WIB.

Dalam dua musim terakhir, Juventus dan AS Roma memang menjadi dua tim terkuat di Italia. Dua tim besar lainnya, AC Milan dan Inter, saat ini sedang mengalami keterpurukan dan turun kastanya menjadi tim (maaf) medioker. Tak pelak, pertemuan antara Bianconeri dan Giallorossi memang layak disebut sebagai el clasico versi Italia.

Bagi Juventus, terutama pelatih Max Allegri, laga melawan Roma ini adalah pembuktian sesungguhnya apakah mereka masih perkasa di Italia sepeninggal Antonio Conte. Memang, La Vecchia Signora telah menorehkan hasil sempurna dalam lima laga sebelumnya. Tapi, patut dicatat, lawan-lawan yang mereka libas hanyalah tim gurem semacam Cesena dan tim (maaf) medioker seperti Milan. Patut ditunggu apakah gawang Gigi Buffon masih tetap perawan setelah digempur oleh Francesco Totti dkk.

Dalam laga melawan Atletico kemarin, Carlos Tevez dkk memang mati kutu. Mereka mandul dan tidak berhasil mencatatkan satu pun tembakan yang mengarah ke gawang lawan. Menghadapi Roma yang juga mempunyai barisan gelandang tangguh seperti Atleti, Juve bisa menuai malu di kandang sendiri.

Untuk menghindari kekalahan perdana di Serie A musim ini, Allegri mungkin bakal melakukan beberapa perubahan. Patrice Evra yang tampil melempem saat melawan Atletico bisa jadi akan diparkir di bench. Sementara itu, Kwadwo Asamoah akan tampil mengawal sayap kiri.

Di lini belakang, Martin Caceres, yang baru sembuh dari cedera dan menjadi starter saat dijamu Atletico, mungkin akan kembali diandalkan. Sebagai pelapisnya, hanya ada Angelo Ogbonna untuk menghadang keganasan para striker Roma. Allegri tidak punya pilihan lain lagi karena Andrea Barzagli masih cedera.

Di lini tengah, Marchisio bakal kembali ditemani oleh Paul Pogba dan Arturo Vidal. Roberto Pereyra, yang hanya tampil sebagai pemain pengganti di matchday kedua Champions League kemarin, berpeluang menjadi starter seandainya Allegri mengistirahatkan Vidal. Sementara itu, Andrea Pirlo yang masih belum fit mungkin hanya akan duduk di bench.

Di lini depan, Fernando Llorente yang penampilannya bagai singa ompong akhir-akhir ini rawan tergusur oleh Alvaro Morata. Sementara itu, Carlos Tevez, yang menjadi top skor Juve saat ini, bakal tetap menjadi mesin gol utama yang diandalkan oleh Allegri.

Di pihak lain, meski gagal memetik kemenangan, Roma tampil cukup impresif dengan menahan seri Manchester City di kandangnya tengah pekan kemarin. Francesco Totti juga berhasil mencatatkan namanya sebagai pencetak gol paling uzur sepanjang sejarah Champions League, menggeser Ryan Giggs dan Pippo Inzaghi.

Di ajang Serie A, Roma juga menyamai rekor Juve dengan menyapu bersih lima laga dengan kemenangan di awal musim ini. Serigala Ibu Kota hanya kalah selisih gol dari Nyonya Tua yang saat ini menjadi capolista.

Dengan catatan mentereng tersebut, cecunguk-cecunguk binaan Rudi Garcia itu memang sangat berpeluang merobek keperawanan gawang Buffon dan menodai Nyonya Tua di rumahnya sendiri. Meski demikian, bukan berarti Juve harus keder karena Roma juga memiliki beberapa kelemahan.

Salah satunya adalah kondisi kiper veteran Morgan De Sanctis yang belum fit. Hal ini membuat Garcia harus mengandalkan kiper bau kencur Lukasz Skorupski. Dengan usia yang masih 23 tahun, Skorupski bakal diuji oleh tensi grande partita yang kemungkinan bakal panas. Kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal bagi Roma.

Secara statistik, capaian I Lupi di kandang Zebra juga tidak memuaskan. Sejak Juventus Stadium diresmikan tahun 2011, tim yang dulu dimiliki oleh keluarga Sensi itu belum pernah menang di sana. Mulai dari era Luis Enrique, Zdenek Zeman, sampai Rudi Garcia, Roma selalu menjadi pecundang jika bertandang ke kandang Juve.

Hanya saja, rekor 100 persen kemenangan Juventus atas Roma di kandang sendiri itu terjadi di era Conte. Saat ini adalah jamannya Allegri. Mungkinkah ceritanya bakal terulang?

***

Perkiraan Susunan Pemain

Juventus (3-5-2)
Buffon; Caceres, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Marchisio, Pogba, Asamoah; Morata, Tevez.
Coach: Allegri.
Bench: Storari,Rubinho, Ogbonna, Evra, Pirlo, Pepe, Padoin, Pereyra, Coman, Giovinco, Llorente.
Injured: Marrone, Barzagli, Romulo.

Roma (4-3-3)
Skorupski; Maicon, Manolas, Yanga-Mbiwa,Cole; Nainggolan, Keita, Pjanic; Gervinho, Totti, Florenzi.
Coach: Garcia.
Bench: De Sanctis, Lobont, Torosidis, Somma, Calabresi, Holebas, Iturbe, Emanuelson, Paredes, Sanabria, Destro, Ljajic.
Injured: Balzaretti, Castan, Astori, Strootman, Ucan, De Rossi, Borriello.

Wasit: Rocchi.
Stadion: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Minggu, 5 Oktober 2014, pukul 23.00 WIB.
Live: KompasTV dan beIN SPORTS 1.

Prediksi: Juventus 2-1 Roma.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 6: Juventus vs. Roma

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s