Menjelang Formula 1 GP Rusia 2014: Memerawani Sochi

Untuk pertama kalinya sejak diadakan pada tahun 1950, sirkus balap Formula 1 bakal mengunjungi Rusia akhir pekan ini. Bertempat di Sochi Autodrom, Krasnodar Krai, GP Rusia bakal menjadi satu-satunya grand prix yang digeber di atas trek bekas venue Olimpiade.

Semua pebalap pastinya sudah tidak sabar untuk memerawani Sochi. Meski demikian, pikiran semua pecinta F1 saat ini tercurah pada kesembuhan Jules Bianchi yang mengalami kecelakaan fatal pada GP Jepang akhir pekan lalu. Kondisi pebalap Marussia tersebut masih kritis dan tak sadarkan diri pasca menjalani operasi di kepalanya.

Sirkuit Sochi sendiri merupakan sirkuit yang benar-benar baru dan belum ada pebalap yang pernah menodainya selama ini, kecuali Sebastian Vettel. Ya, juara dunia empat kali itu telah mencicipi lintasan tersebut dengan menggunakan mobil jalanan pada bulan Agustus yang lalu. Para pebalap selain Vettel, sebagian besar, hanya pernah mencobanya di simulator.

Unggulan utama untuk memenangkan balapan pertama di Sochi pekan ini, tentu saja, tetap duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Dengan keunggulan 10 poin atas Rosberg pasca mendulang hat-trick victory, Hamilton berpeluang untuk mencetak kemenangan beruntun keempatnya. Dengan hanya empat seri tersisa musim ini, persaingan dua sahabat yang sempat berperang dingin tersebut bakal menarik untuk ditunggu.

Selain duo Mercedes yang berebut juara dunia, pebalap lain yang bakal mendapat perhatian, khususnya dari publik tuan rumah, adalah Daniil Kvyat. Driver Scuderia Toro Rosso yang tahun depan diplot untuk menggantikan posisi Vettel di Red Bull itu akan membalap di kampung halamannya sendiri. Untuk meraih kemenangan atau naik podium, mungkin, masih sulit. Tapi, kalau hanya untuk sekadar masuk sepuluh besar, Kvyat sangat mampu untuk mencapainya.

Selain Kvyat, fans F1 Rusia juga bakal memberi dukungan kepada Sergey Sirotkin. Pebalap ababil berusia 19 tahun itu bakal menjadi test driver Sauber. Jika tak ada aral melintang, dia bakal turun saat sesi free practice pertama pada hari Jumat besok.

Sirkuit Sochi yang dibangun mengelilingi bekas venue Winter Olympics tersebut memiliki panjang sekitar 5,848 kilometer. Dengan putaran searah jarum jam, sirkuit ini memiliki karakter medium-speed. Para pebalap bisa menggeber mobil mereka di sirkuit rancangan Hermann Tilke ini dengan top speed sampai 320 kilometer/jam dan kecepatan rata-rata 251 kilometer/jam.

Untuk masalah ban, meski ini balapan perdana dan data yang telah dikumpulkan sangat sedikit, Pirelli tetap percaya diri. Pabrikan asal Italia itu sudah bekerja sama dengan tim-tim F1 menggunakan simulasi komputer untuk menentukan tipe ban yang sesuai. Akhir pekan ini, Pirelli bakal menyediakan ban medium (putih) dan ban soft (kuning) di Sochi. Jumlah pit stop untuk mengganti ban diperkirakan sekitar dua sampai tiga kali.

Balapan GP Rusia bakal berlangsung selama 53 lap (sekitar 309,745 kilometer). Terdapat dua zona DRS yang terletak di antara Tikungan 1 dan 2 serta di antara Tikungan 10 dan 12. Tidak seperti GP Jepang di Suzuka yang dihantam hujan badai akhir pekan lalu, cuaca di Sochi weekend ini diperkirakan sangat cerah dengan suhu tertinggi sekitar 23 derajat Celcius pada hari Minggu.

2014 Formula 1 Russian Grand Prix akan dimulai pada hari Jumat, 10 Oktober 2014, dengan sesi Free Practice 1 (13.00 WIB) dan sesi Free Practice 2 (17.00 WIB). Hari Sabtu, 11 Oktober 2014, akan diawali dengan sesi Free Practice 3 (15.00 WIB) dan diikuti sesi Qualifying (18.00 WIB). Hari Minggu, 12 Oktober 2014, adalah Raceday dengan start lomba pukul 18.00 WIB. Live di FOX Sports. Selamat menonton!

Menjelang Formula 1 GP Rusia 2014: Memerawani Sochi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s