Review Formula 1 GP Rusia 2014: Mercedes Mengunci Gelar Juara Dunia Konstruktor

Mengawali GP Rusia dari pole position, Lewis Hamilton kembali menunjukkan taringnya dan memecundangi rekan setimnya, Nico Rosberg. Dengan kemenangannya kemarin, pebalap Inggris tersebut semakin kukuh di puncak klasemen dengan 291 poin. Dia unggul 17 poin atas Rosberg. Dengan tiga lomba tersisa musim ini, peluang Hamilton untuk merebut gelar juara dunianya yang kedua semakin besar.

Meski start dari posisi terdepan, Hamilton kemarin sempat disalip oleh Rosberg pada awal lomba. Beruntung bagi kekasih Nicole Scherzinger tersebut, keunggulan pebalap Jerman itu tidak berlangsung lama. Pada tikungan kedua, Rosberg terlambat mengerem sehingga mengakibatkan lock-up (rem terkunci) dan merusak ban depannya.

Akibat dari kesalahannya tersebut, Rosberg harus masuk pit pada lap kedua untuk mengganti ban. Hal itu membuat Hamilton kembali mengambil alih posisi terdepan dan memimpin lomba dengan nyaman hingga finish. Seusai lomba, Rosberg mengaku sangat kecewa. Di akhir musim, bisa jadi gelar juara dunia gagal dia rebut gara-gara kesalahannya itu.

Seusai mengganti ban pada lap kedua, Rosberg, yang semula memimpin lomba, keluar dari pit di posisi ke-20. Meski demikian, dia tidak menyerah dan terus menggeber mobil Mercy-nya. Comeback anak juara dunia Keke Rosberg ini bisa dibilang istimewa. Di akhir lomba, dia mampu finish di posisi kedua, “hanya” tertinggal 13,6 detik di belakang Hamilton.

Valtteri Bottas yang semula setia menguntit Hamilton juga tak kuasa membendung laju Rosberg. Pebalap Williams itu harus puas finish di posisi ketiga. Meski demikian, dia tidak perlu kecewa. GP Rusia kemarin adalah podium kelimanya musim ini. Di klasemen sementara, pebalap Finlandia itu naik ke posisi keempat, di bawah Daniel Ricciardo, di atas dua juara dunia, Sebastian Vettel dan Fernando Alonso.

Podium Bottas kemarin juga sangat berarti bagi tim Williams, karena pebalap satunya, Felipe Massa, gagal masuk sepuluh besar. Berkat sumbangan poin dari kompatriot Kimi Raikkonen tersebut, Williams (216) berhasil nangkring di posisi ketiga, mengungguli Ferrari (188) di klasemen konstruktor.

Selain Mercedes dan Williams, McLaren, yang juga menggunakan mesin Mercy, mampu meraih hasil yang lumayan di Sochi. Jenson Button dan Kevin Magnussen finish di posisi keempat dan kelima. Mereka berdua sukses menahan Alonso yang hanya mampu menyelesaikan lomba di posisi keenam. Saat ini, tim yang musim depan CLBK dengan Honda itu berada di posisi kelima klasemen konstruktor dengan 143 poin, unggul 20 angka dari Force India.

Di luar tim bermesin Mercedes, seperti biasa, hanya Red Bull dan Ferrari yang mampu meraih poin. Duo Kuda Jingkrak, Alonso (P6) dan Kimi (P9), mengapit Vettel dan Ricciardo yang finish di posisi ketujuh dan kedelapan. Dengan hasil tersebut, Red Bull harus merelakan dominasinya yang sudah berlangsung selama empat musim di F1 terhenti.

Ya, Mercedes sekarang menjadi penguasa baru. Melalui Hamilton dan Rosberg yang finish 1-2 di Sochi, mereka secara resmi mengunci gelar juara dunia konstruktor dan mengakhiri hegemoni Red Bull Racing. Setelah ini, tim binaan Niki Lauda tersebut tinggal berkonsentrasi mengamankan gelar juara dunia pebalap yang diperebutkan oleh dua jagoannya, Hamilton dan Rosberg.

Dengan tiga seri tersisa, termasuk seri terakhir di Abu Dhabi yang menerapkan sistem poin ganda, secara matematis, ada 100 poin maksimal yang bisa diraih oleh setiap pebalap. Maka dari itu, Ricciardo yang sekarang mengumpulkan 199 poin sebenarnya masih berpeluang mengejar Hamilton (291) di puncak klasemen.

Lomba berikutnya di Amerika Serikat bakal sangat menentukan. Jika Hamilton, atau pun Rosberg, mampu unggul di atas 75 poin dari Ricciardo, maka gelar juara dunia pebalap sudah pasti digenggam oleh tim Silver Arrows. Sampai bertemu di Austin!

Review Formula 1 GP Rusia 2014: Mercedes Mengunci Gelar Juara Dunia Konstruktor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s