Review EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 3: Malta 0-1 Italia

Pertandingan tandang melawan Malta yang seharusnya menjadi laga mudah bagi Italia, ternyata, berlangsung cukup sulit. Tim asuhan Antonio Conte itu tidak mampu membantai Malta dan hanya bisa menceploskan satu gol lewat striker debutan tapi tua, Graziano Pelle.

Laga EURO 2016 Qualifiers grup H matchday ketiga kemarin juga diwarnai oleh dua kartu merah. Malta dan Italia harus mengakhiri pertandingan dengan masing-masing sepuluh pemain setelah Michael Mifsud dan Leonardo Bonucci diusir oleh wasit Ovidiu Hategan dari Rumania.

Sejak laga dimulai sampai wasit meniup peluit akhir, sebenarnya Italia sangat mendominasi. Hal itu tercatat dari ball possession Claudio Marchisio dkk yang mencapai 76 persen dibandingkan dengan Malta yang hanya 24 persen.

Sejak menit pertama, Italia sudah memberi ancaman lewat Ciro Immobile pada gawang Malta yang dikawal oleh Andrew Hogg. Hanya saja, sepakan striker Dortmund itu masih melenceng dari sasaran.

Malta sendiri, seperti halnya tim-tim gurem lainnya, lebih banyak bertahan dan menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik. Taktik parkir bus yang diterapkan oleh pelatih Pietro Ghedin itu terbukti mujarab untuk meredam agresivitas Gli Azzurri.

Sampai akhirnya pada menit ke-23, Pelle berhasil merobek gawang Hogg. Memanfaatkan bola rebound hasil sundulan Bonucci, striker yang disia-siakan saat Italia dilatih oleh Cesare Prandelli itu menyontek bola untuk mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Tidak lama berselang. Malta kembali tertimpa malapetaka. Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, pada menit ke-27, Michael Mifsud diberi kartu merah oleh wasit Hategan. Bintang sekaligus striker andalan Malta itu dianggap melakukan tekel kasar dan berbahaya terhadap Alessandro Florenzi. Sang pengadil yang berasal negerinya Dracula itu langsung mengusirnya dari lapangan.

Meski terus melancarkan serangan dan Malta hanya bermain dengan sepuluh orang, Italia tidak mampu menambah gol lagi. Hingga turun minum, skor tidak berubah.

Pada babak kedua, bisa dibilang tidak ada perubahan berarti. Italia masih kesulitan menjebol gawang Malta. Tidak dimainkannya Andrea Pirlo membuat kreativitas Gli Azzurri macet. Marco Verratti yang berperan sebagai regista terlihat masih kurang mampu menggantikan sosok sang Maestro.

Di pihak lain, Malta yang bermain dengan sepuluh orang semakin rapat bertahan. Beberapa kali mereka berusaha melancarkan serangan balik, tetapi masih bisa dimentahkan oleh benteng pertahanan Italia yang dikomandani oleh Giorgio Chiellini.

Hingga akhirnya pada menit ke-73, wasit kembali mengeluarkan kartu merah dari kantongnya. Kali ini Bonucci yang menjadi korban. Meski pelanggarannya terlihat tidak terlalu berat, bek Juventus tersebut dianggap sebagai orang terakhir yang menjatuhkan Andre Schembri, second striker Malta yang berhasil melakukan penetrasi dan menembus pertahanan Italia.

Dengan jumlah pemain sepuluh lawan sepuluh, Italia semakin kesulitan untuk menambah gol. Faktor luck juga berpengaruh karena tercatat ada tiga tembakan yang membentur tiang gawang Malta. Sampai laga berakhir, Immobile dkk memang mampu melesatkan 19 shot, tapi hanya lima yang on target dan hanya satu yang berbuah gol ke gawang Malta.

Dengan kemenangan 1-0 atas Malta ini, Italia tidak mampu menduduki puncak klasemen karena kalah selisih gol dari Kroasia. Pada matchday keempat EURO 2016 Qualifiers, dua penguasa grup H ini akan bertemu. Laga tersebut bakal menjadi ujian yang sesungguhnya bagi Conte. Sebelum ini, mantan allenatore Juve itu baru mampu membawa Italia melibas tim semenjana seperti Norwegia dan dua tim antah-berantah semacam Azerbaijan dan Malta.

***

Rapor

Malta
Hogg 6; Z. Muscat 6, Agius 6, Camilleri 5; Mintoff 5/Baldacchino 6 (73’), Briffa 5, R. Muscat 5, P. Fenech 5, Failla 6/Bezzina 6 (90’); Schembri 5/Cohen 6 (86’); Mifsud 5. Pelatih: Ghedin 6.

Italia
Buffon 6; Darmian 6, Bonucci 6, Chiellini 6.5; Candreva 6, Florenzi 6/Aquilani 5 (59’), Verratti 6, Marchisio 6, Pasqual 6; Pelle 7/Ogbonna 6 (76’), Immobile 6/Giovinco 7 (65’). Pelatih: Conte 6.

Wasit: Hategan 6.

Man of the Match: Graziano Pelle.

Review EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 3: Malta 0-1 Italia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s