Review Serie A 2014-2015 Giornata 7: Sassuolo 1-1 Juventus

Rentetan kemenangan beruntun Juventus di Liga Italia Serie A musim ini terpaksa harus terhenti pada giornata ketujuh. Stadio Citta del Tricolore menjadi saksi biksu kegagalan Nyonya Tua membawa pulang tiga poin dari lawatannya ke kandang tim gurem Sassuolo tersebut.

Bagi tim antah-berantah seperti Sassuolo, hasil seri 1-1 melawan Juventus dini hari tadi layaknya sebuah kemenangan. Meski hanya mampu menambah satu poin, tim yang pernah dipermak oleh tim papan tengah Inter Milan dengan skor 0-7 ini menyambut gembira kesuksesannya menahan imbang sang Nyonya Tua.

Sejak awal laga, Juventus yang bermain tanpa Arturo Vidal sebenarnya langsung menggebrak pertahanan Sassuolo. Pada sepuluh menit pertama, benteng il Neroverdi yang dikomandani oleh Paolo Cannavaro (sebelum dia cedera dan digantikan oleh Luca Antei) dikepung oleh gempuran Carlos Tevez dkk.

Hanya saja, Tuhan berkehendak lain. Sassuolo yang berusaha keluar dari tekanan dan melakukan serangan balik malah berhasil lebih dahulu membobol gawang Gigi Buffon lewat sontekan kaki kiri Simone Zaza pada menit ke-13. Striker tim nasional Italia yang musim depan tampaknya bakal berlabuh ke Juventus itu berhasil memanfaatkan umpan Alessandro Longhi dari sayap kiri dan membuat Sassuolo unggul 1-0.

Tertinggal satu gol membuat Juve langsung tersentak. Tidak lama setelah itu, tepatnya pada menit ke-19, Paul Pogba berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 lewat gol indah dari luar kotak penalti. Dengan memanfaatkan assist dari Tevez, bola hasil sepakan kaki kanan mantan gelandang Manchester United itu melengkung mulus menembus sudut gawang Andrea Consigli.

Setelah kedudukan sama kuat, Juve masih berusaha menambah gol lagi. Pobga, Tevez, dan Roberto Pereyra bergantian membombardir gawang Sassuolo pada akhir babak pertama. Hanya saja, anak-anak asuh Eusebio Di Francesco mampu bertahan dengan apik dan penampilan kiper Consigli juga cukup ciamik. Skor imbang pun bertahan sampai turun minum.

Pada awal babak kedua, bukannya menambah gol, Juve malah tertekan oleh Sassuolo. Domenico Berardi terus menebar teror. Untung saja, tembakan striker yang dimiliki oleh Juve itu tidak ada yang tepat sasaran, termasuk tendangan bebasnya yang melenceng dari gawang Buffon.

Juve baru mulai bangkit pada 20 menit terakhir babak kedua, terutama setelah masuknya Claudio Marchisio pada menit ke-60 untuk menggantikan Patrice Evra yang tampil melempem. Allegri kemudian juga memasukkan Kingsley Coman pada menit ke-66 untuk menggantikan Fernando Llorente yang penampilannya bak singa tua ompong tanpa tenaga.

Tetapi, malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Meski terus menggedor, usaha Juve tak menemui hasil. Sampai wasit Luca Banti meniup peluit akhir pertandingan, skor 1-1 tidak berubah.

Selama 90 menit, Juve tercatat menguasai bola sampai 65 persen. Total tembakan yang dilesatkan Tevez dkk mencapai 19 kali, tetapi hanya tujuh yang on target dan hanya satu yang mampu menembus gawang Sassuolo. Sisanya,melenceng dan kena blok.

Di pihak lain, tuan rumah Sassuolo harus diakui bermain cukup efektif. Pelatih Di Francesco mengaku sengaja tidak menjaga Andrea Pirlo secara khusus karena dia ingin berkonsentrasi di pertahanan. Keputusannya cukup tepat. Meski Sassuolo hanya menguasai bola 35 persen dan melepas tujuh tembakan sepanjang laga, Simone Zaza mampu mengonversi salah satu di antaranya menjadi gol.

Bagi Juventus, hasil seri melawan tim papan bawah Sassuolo ini menjadi alarm bahwa scudetto musim ini masih jauh dari genggaman. Meski La Vecchia Signora masih menjadi capolista, Serigala Ibu Kota kembali mendekat setelah dua pekan lalu tersungkur di Juventus Stadium. Saat ini, Roma hanya tertinggal satu poin dari Juventus, menyusul kemenangan dengan skor meyakinkan 3-0 atas Chievo Verona pada giornata ketujuh kemarin malam.

***

Rapor

Sassuolo
Consigli 7; Acerbi 6, Cannavaro 6/Antei 5.5 (10′), Terranova 6; Longhi 6.5, Missiroli 6/Taider 6 (79′), Magnanelli 5.5, Vrsaljko 6; Sansone 6/Biondini 6 (70′), Zaza 7, Berardi 6.5. Pelatih: Di Francesco 7.

Juventus
Buffon 6; Chiellini 5.5, Bonucci 5.5, Ogbonna 5.5; Evra 5.5/Marchisio 6 (60′), Pogba 7, Pirlo 5.5/Giovinco 6 (84′), Pereyra 6.5, Lichtsteiner 6; Llorente 5/Coman 5.5 (66′), Tevez 6.5. Pelatih: Allegri 6.

Wasit: Banti 6.

Man of the Match: Paul Pogba.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 7: Sassuolo 1-1 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s