Preview Champions League 2014-2015 Group A Matchday 3: Olympiacos vs. Juventus

Juventus akan melanjutkan kiprahnya di Liga Champions Eropa dengan bekal yang kurang memuaskan di liga domestik. Gigi Buffon dkk bakal bertandang ke kandang jawara Yunani, Olympiacos Piraeus, setelah akhir pekan lalu ditahan imbang oleh tim gurem Sassuolo di Liga Italia Serie A.

Laga pada Kamis (23/10) dini hari WIB besok bakal menjadi laga yang sulit bagi Juventus karena Olympiacos selama ini dikenal sebagai tim jago kandang. Finalis Liga Champions musim lalu, Atletico Madrid, menjadi korban pertama mereka pada matchday pertama yang lalu. Padahal, pada matchday kedua, Atleti sukses menekuk Juve di Vicente Calderon, Madrid.

Ditambah lagi, Juventus dikenal sebagai tim yang lemah selama melakoni laga tandang di Liga Champions. Dalam lima pertandingan away terakhir di pentas tertinggi Eropa tersebut, Juve sudah menelan empat kali kekalahan. Sebuah rekor yang cukup mengkhawatirkan.

Catatan buruk tersebut semakin mempertajam cibiran kepada Juve sebagai tim yang tidak mempunyai DNA untuk berjaya di Eropa meski sangat perkasa di liga domestik Italia. Pelatih Max Allegri mengemban tugas berat untuk meyingkirkan stigma buruk tersebut.

Tantangan yang dialami oleh Allegri untuk mengembalikan kedigdayaan Juve di Eropa memang tidak ringan. Selama tiga musim membesut Andrea Pirlo cs, pelatih sekaliber Antonio Conte saja selalu gagal membawa Juve menembus babak empat besar. Musim ini, Allegri berhasrat untuk meloloskan Claudio Marchisio dkk ke babak perempat final setelah musim lalu terpeleset di fase grup.

Jika tidak hati-hati, Nyonya Tua memang terancam mengalami bencana seperti musim lalu, gagal lolos ke fase knockout. Apalagi, musim ini Juve menghuni grup A bersama Atletico, Olympiacos, dan Malmoe yang bisa dibilang merupakan grup yang paling ketat.

Hingga matchday kedua, keempat tim tersebut masing-masing mengumpulkan tiga poin dari hasil sekali menang dan sekali kalah. Matchday ketiga tengah pekan ini, Olympiacos menjamu Juve serta Malmoe bertandang ke Atletico, merupakan laga kunci bagi keempat tim penghuni grup A untuk memperbesar peluang mereka melaju ke babak 16 besar.

Bagi Juve, membawa pulang tiga poin dari kandang Olympiacos menjadi suatu kewajiban setelah menuai hasil kurang memuaskan di kompetisi domestik. Allegri pasti ingin menghapus keraguan para Juventini setelah kemenangan kontroversial atas Roma dan hasil seri melawan Sassuolo akhir pekan kemarin.

Dalam laga melawan Olympiacos besok, Allegri masih belum bisa menurunkan dua bek Andrea Barzagli dan Martin Caceres yang sedang dibekap cedera. Tidak ada back-up lain bagi Giorgio Chiellini, Leonardo Bonucci, dan Angelo Ogbonna karena Luca Marrone juga masih belum fit dari cedera.

Rapor benteng pertahanan Juve dalam tiga laga terakhir memang kurang menggembirakan. Gawang Buffon yang sebelum ini perawan akhirnya terkoyak saat meladeni Atletico Madrid, Roma, dan Sassuolo. San Gigi harus kembali menunjukkan mukjizatnya untuk menjaga gawangnya tetap clean-sheet saat bertandang ke Piraeus.

Di lini tengah, tingkat kebugaran Arturo Vidal juga masih menjadi tanda tanya setelah gelandang Chile tersebut tidak masuk dalam skuat Juventus saat bertandang ke Sassuolo. Selain itu, Andrea Pirlo yang melempem di Serie A weekend kemarin kemungkinan bakal digeser oleh Claudio Marchisio tengah pekan ini.

Di sektor depan, penampilan Fernando Llorente juga semakin meragukan. Juru gedor Spanyol itu dikabarkan mengalami masalah pada punggungnya. Mungkin, posisi mantan striker Athletic Bilbao tersebut bakal digantikan oleh Alvaro Morata. Jika Allegri menginginkan penyerang yang bisa membuka ruang lewat dribbling-nya, Sebastian Giovinco dan Kingsley Coman juga bisa menjadi altenatif sebagai pendamping top scorer Carlos Tevez.

Di lain pihak, tuan rumah Olympiacos sudah sangat siap menjamu Juve. Tim yang mengandalkan trio maut Pajtim Kasami, Kostas Mitroglou, dan Ibrahim Afellay di lini depan tersebut berambisi menghadirkan mimpi buruk bagi tim tamu di Stadion Karaiskakis, seperti yang pernah dialami oleh Atletico Madrid pada matchday pertama yang lalu.

Kemenangan atas tim asuhan Diego Simeone juga membuktikan bahwa Olympiacos tidak takut pada tim-tim bernama besar di Eropa. Ingat, musim lalu mereka hampir saja mengeliminasi Manchester United-nya David Moyes dari babak knockout. Pelatih Olympiacos asal Spanyol, Michel, telah membuktikan bahwa dirinya adalah juru taktik handal yang patut diwaspadai oleh Allegri.

Olympiacos juga bakal menjadikan pertandingan melawan Juve sebagai titik balik setelah mereka secara mengejutkan ditekuk oleh juara Swedia, Malmoe, pada matchday kedua. Jika mampu menjungkalkan sang Nyonya Tua di Piraeus, tim yang menjadi seteru abadi Panathinaikos tersebut berpeluang mengulangi capaian musim lalu, lolos ke babak 16 besar.

***

Perkiraan Susunan Pemain

Olympiacos (4-3-3)
16 Roberto; 14 Elabdellaoui, 3 Botia, 22 Abidal, 26 Masuaku; 2 Maniatis, 5 Milivojevic, 11 Kasami; 10 Dominguez, 7 Mitroglou, 6 Afellay.
Coach: Michel.
Bench: 42 Megyeri, 20 Giannoulis, 9 Durmaz, 27 Benitez, 17 Diamantakos, 8 N’Dinga, 19 Fuster.
Injured: –

Juventus (3-5-2)
1 Buffon; 5 Ogbonna, 19 Bonucci, 3 Chiellini; 26 Lichtsteiner, 23 Vidal, 21 Pirlo, 6 Pogba, 22 Asamoah; 9 Morata, 10 Tevez.
Coach: Allegri.
Bench: 30 Storari, 33 Evra, 8 Marchisio, 37 Pereyra, 11 Coman, 12 Giovinco, 14 Llorente.
Injured: Barzagli, Caceres, Marrone, Romulo, Pepe.

Wasit: Milorad Mazic (Serbia).
Stadion: Karaiskakis, Piraeus.
Kick-off: Kamis, 23 Oktober 2014, pukul 01.45 WIB.
Live: NEX Entertainment dan OrangeTV channel Quad Sport.

Prediksi: Olympiacos 1-2 Juventus.

Preview Champions League 2014-2015 Group A Matchday 3: Olympiacos vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s