Review Champions League 2014-2015 Group A Matchday 3: Olympiacos 1-0 Juventus

Julukan sebagai tim jago kandang memang pantas disematkan kepada Olympiacos. Pada matchday pertama grup A, rival abadi Panathinaikos ini menghajar jawara Spanyol sekaligus finalis Liga Champions musim lalu, Atletico Madrid, dengan skor 3-2. Dini hari tadi, giliran penguasa Italia, Juventus, yang dipermalukan dengan skor 1-0 oleh juara Yunani tersebut. Dua laga itu sama-sama berlangsung di Karaiskakis Stadium, Piraeus.

Untuk Juve, ada yang menarik dari perjalanan sang Nyonya Tua musim ini. Kiprah tim asuhan Allegri tersebut, yang tergolong sangat mulus pada awalnya (menyapu bersih kemenangan di enam laga Serie A dan matchday pertama Liga Champions), mulai tersendat sejak Pirlo kembali dari cedera. Mungkin, Allegri dan Pirlo memang tidak ditakdirkan untuk bersama, seperti jaman mereka masih di AC Milan dulu.

Pada laga melawan Olympiacos, penampilan Pirlo memang bisa dibilang buruk untuk standarnya. Agak aneh Allegri masih memasangnya sebagai starter. Padahal, saat Juve ditahan seri oleh tim gurem Sassuolo pekan lalu, performa sang Maestro juga mengecewakan. Mungkin, Allegri masih takut membangkucadangkan salah satu deep-lying playmaker paling ikonik ini karena merasa bersalah dulu pernah membuangnya dari AC Milan.

Setelah kembali dari cedera, performa Pirlo memang menurun. Semalam, sang Maestro menjadi penyebab bobolnya gawang Juve di babak pertama. Allegri baru berani menggantinya dengan Marchisio di babak kedua, saat Juve sudah tertinggal satu gol dari Olympiacos. Dan, itu semua sudah terlambat. Juve tak mampu mengejar ketertinggalannya dan harus pulang dengan tangan hampa dari Piraeus.

Sejak menit pertama, laga antara Olympiacos melawang Juventus berjalan dalam tempo yang tidak terlalu cepat. Tim tuan rumah mengambil inisiatif untuk melancarkan serangan terlebih dahulu. Pada menit ketujuh, gawang tim tamu hampir saja bobol lewat sepakan bebas Alejandro Dominguez. Untung saja, santo pelindung gawang Juve, San Gigi Buffon, masih dapat menyelamatkannya.

Sang Nyonya Tua sendiri juga hampir membobol gawang Olympiacos pada menit ke-12 lewat Carlos Tevez. Sayangnya, bola sundulan striker Argentina itu masih bisa dihalau oleh Pajtim Kasami sebelum menembus gawang Roberto Jimenez. Tujuh menit kemudian, Tevez berhasil merobek gawang tuan rumah. Tetapi, golnya dianulir karena dianggap offside oleh wasit.

Pada menit ke-35, Pirlo yang tampil melempem kehilangan bola di lini tengah. Hal itu dimanfaatkan dengan baik oleh Olympiacos. Lewat kerja sama tim yang rancak, Kasami melakukan tembakan dari jarak 16 meter yang akhirnya membobol gawang Juve. Skor 1-0 untuk keunggulan tim asuhan Michel tersebut tidak berubah hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, Juventus yang tertinggal satu gol langsung membombardir gawang Olympiacos dengan serangan-serangan berbahaya. Hanya saja, tidak ada yang membuahkan hasil. Semuanya dapat dimentahkan oleh kiper Roberto yang tampil brilian dan layak dianugerahi gelar man of the match dalam laga semalam.

Tercatat, ada dua peluang emas Juve lewat Alvaro Morata dan Paul Pogba yang berhasil digagalkan oleh Roberto. Morata bahkan sempat berhadapan one-on-one di depan gawang. Tetapi, bola sepakannya masih bisa dihalau oleh kiper Olympiacos tersebut.

Sampai wasit meniup peluit akhir, skor 1-0 tidak berubah untuk keunggulan Olympiacos. Keunggulan ball possession Juventus yang mencapai 61 persen menjadi sia-sia. Tevez dkk gagal mengonversi 18 tembakan (5 on target) menjadi gol. Sementara itu, dari 9 kali tembakan (4 on target), Kasami dkk berhasil melesakkan satu gol.

Bagi Juve, kekalahan dari Olympiacos semakin menabalkan kelemahan mereka jika melakoni laga tandang di pentas Liga Champions. Tercatat, dalam enam laga away terakhir, baik di era Antonio Conte maupun Max Allegri, sang Nyonya Tua tak pernah menang alias lima kali kalah dan sekali memetik hasil seri. Pantaslah jika para Juventus haters mencibir tim yang dimiliki oleh Keluarga Agnelli tersebut tidak memiliki DNA Eropa. Padahal, mereka begitu perkasa di liga domestik Italia.

Kegagalan membawa pulang poin dari Yunani juga membuat posisi Juve di klasemen sementara grup A semakin terdesak. Saat ini, Gigi Buffon dkk hanya menduduki posisi ketiga di bawah Olympiacos dan Atletico yang semalam membantai Malmoe dengan skor 5-0 di Estadio Vicente Calderon, Madrid.

Jika tidak mampu memaksimalkan tiga laga tersisa di grup A, Allegri berpeluang mengulang “prestasi” Conte yang “sukses” meloloskan Juventus ke pentas Europa League pada musim sebelumnya. Tidak salah jika para Juventini mulai was-was dan dihantui oleh déjà vu kegagalan di masa lalu.

Menyapu bersih sembilan poin dari tiga matchday tersisa memang berat. Selain menjamu dua tim penguasa grup A, Olympiacos dan Atletico Madrid, Juve masih harus melawat ke kandang Malmoe. Semuanya bukan laga yang mudah.

Seperti pada musim-musim sebelumnya, La Vecchia Signora selalu gagal membawa pulang poin penuh jika bertandang ke tanah Skandinavia. Dua kali melawan tim gurem di Denmark, Nordsjaelland dan Copenhagen, Andrea Pirlo dkk tidak bisa menang. Jika musim ini hanya bisa meraih satu poin, apalagi kalah, di Swedia, hampir bisa dipastikan, riwayat tim Zebra di Champions League bakal tamat.

***

Rapor

Olympiacos (4-4-1-1): 6.5
Roberto 7.5; Elabdellaoui 6.5, Botia 6, Abidal 6, Masuaku 6.5; Maniatis 6.5, N’Dinga 6.5, Milivojevic 6.5, Kasami 6.5/Giannoulis 6 (90’); Dominguez 7/Fuster 6 (85’); Mitroglou 6.5/Afellay 6 (69’). Pelatih: Michel 7.

Juventus (3-5-2): 5.5
Buffon 6; Ogbonna 5.5/Pereyra 6.5 (77’), Bonucci 5.5, Chiellini 6; Lichtsteiner 5, Vidal 5, Pirlo 5/Marchisio 6 (57’), Pogba 5/Giovinco 6 (87’), Asamoah 5.5; Tevez 5, Morata 6.5. Pelatih: Allegri 5.

Wasit: Mazic 6.5.

Man of the Match: Roberto Jimenez.

Review Champions League 2014-2015 Group A Matchday 3: Olympiacos 1-0 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s