Review Serie A 2014-2015 Giornata 8: Juventus 2-0 Palermo

Setelah gagal menang dalam dua laga beruntun (ditahan seri Sassuolo dan dibekuk Olympiacos), Juventus kembali ke jalur yang benar dengan mengandaskan tim promosi Palermo di Juventus Stadium. Dua gol kemenangan Juve dalam lanjutan Liga Italia Serie A giornata kedelapan, kemarin (26/10), dilesakkan oleh King Arturo Vidal pada menit ke-32 dan Fernando Llorente (64’).

Sejak laga dimulai, sang Nyonya Tua langsung menekan pertahanan Palermo. Hanya saja, Juve masih belum mampu menciptakan gol ke gawang tim asal Sisilia dengan jersey girly warna pink tersebut. Dua kali upaya Llorente untuk menembus gawang Stefano Sorrentino menemui jalan buntu.

Pada menit ke-12, dengan memanfaatkan umpan Roberto Pereyra, bola hasil tandukan striker asal Spanyol tersebut mampu diblok oleh bek Palermo, Ezequiel Munoz. Lima menit berselang, giliran kiper Sorrentino yang menyelamatkan gawangnya dari sundulan Llorente yang memanfaatkan umpan silang dari Vidal.

Selain itu, beberapa percobaan yang dilakukan oleh Claudio Marchisio, Giorgio Chiellini, dan Leonardo Bonucci juga belum ada yang mengenai sasaran. Selama tiga puluh menit, Juve yang menguasai permainan berkat penampilan ciamik Marchisio harus berkutat di lini tengah tanpa mampu mencetak gol.

Sampai akhirnya, pada menit ke-32, Carlos Tevez mengirimkan umpan terobosan yang sangat brilian ke dalam kotak penalti Palermo. Vidal yang melakukan gerakan coming from behind tidak menyia-nyiakan peluang emas tersebut. Gelandang kebanggaan Chile itu langsung menghujamkan bola lewat kaki kirinya ke gawang Sorrentino.

Meski terus melakukan tekanan, Juve tidak mampu menambah gol lagi. Skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, Juventus kembali melancarkan serangan. Kwadwo Asamoah, Vidal, dan Marchisio silih berganti mengancam gawang Palermo. Tim yang menjadi rival Catania tersebut hanya mampu bertahan agar tidak kebobolan lebih banyak gol lagi.

Pada menit ke-64, usaha Juve untuk menambah keunggulan akhirnya tercapai. Llorente yang mandul di awal musim ini berhasil bangkit seperti pasien impoten yang baru kembali dari On-Klinik. Memanfaatkan umpan sepak pojok yang dilepaskan oleh Andrea Pirlo, mantan striker Athletic Bilbao tersebut mencetak gol yang sudah ditunggu-tunggu oleh para pemujanya.

Unggul dengan skor 2-0 tidak membuat pelatih Max Allegri puas. Pada menit ke-65, dia memasukkan Paul Pogba untuk menggantikan Pirlo yang kemarin tampil kurang memuaskan. Masuknya gelandang asal Prancis itu membuat Juve lebih agresif. Bersama dengan Tevez, Vidal, dan Marchisio, Pogba bergantian mengancam gawang Sorrentino. Palermo hanya mampu sesekali melancarkan serangan balik lewat Paulo Dybala.

Pada menit ke-80, Sebastian Giovinco masuk menggantikan Tevez. Kehadiran striker hobbit ini membuat serangan Juve lebih tajam. Tercatat, tiga kali dia hampir membuat gol, salah satunya menerpa tiang gawang Palermo dan dua di antaranya berhasil diselamatkan oleh kiper Sorrentino.

Hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, skor 2-0 tidak berubah untuk keunggulan tuan rumah. Juve mencatat keunggulan ball possession sampai 66 persen dan mampu melesatkan 20 tembakan (5 on target) dengan dua di antaranya menjadi gol. Sementara itu, Palermo hanya melepaskan 6 tembakan (1 on target) tanpa bisa menembus gawang Buffon.

Dengan kemenangan ini, Juve (22 poin) kembali memimpin klasemen sementara Serie A dengan keunggulan tiga angka atas AS Roma (19 poin). Sehari sebelumnya (25/10), tim Serigala Ibu Kota itu harus kehilangan dua angka setelah ditahan imbang tanpa gol oleh Sampdoria.

***

Rapor

Juventus (3-5-2): 6
Buffon 6; Ogbonna 6, Bonucci 6, Chiellini 5.5; Pereyra 6/Lichtsteiner 6 (53’), Vidal 6.5, Pirlo 5.5/Pogba 6 (65’), Marchisio 6.5, Asamoah 6; Llorente 6.5, Tevez 6.5/Giovinco 6.5 (80’). Pelatih: Allegri 6.

Palermo (3-5-1-1): 5
Sorrentino 6; Munoz 5.5, Gonzalez 6, Andelkovic 5.5; Pisano 5, Bolzoni 5.5, Rigoni 5.5/Maresca 5.5 (74’), Barreto 6/Belotti 5 (60’), Feddal 4.5; Vazquez 5.5/Quaison 6 (80’); Dybala 6. Pelatih: Iacchini 5.

Wasit: Calvarese 6.

Man of the Match: Claudio Marchisio.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 8: Juventus 2-0 Palermo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s