Review Formula 1 GP Amerika Serikat 2014: Hamilton Semakin di Depan

Lewis Hamilton berhasil melanjutkan dominasinya atas Nico Rosberg di GP Amerika Serikat dini hari tadi WIB (3/11). Meski hanya start dari posisi kedua, gacoan Nicole Scherzinger itu mampu memungkasi lomba di Circuit of the Americas tersebut dengan finish pertama.

Kemenangan di Austin tadi juga membuat Hamilton mencetak rekor lima victory beruntun untuk pertama kali sepanjang karirnya di Formula 1. Pada awal musim, Hamilton, yang kala itu sudah mencetak empat kemenangan beruntun, gagal menuntaskan ambisinya karena hanya finish kedua setelah insiden yellow flag dengan Rosberg di Monako.

Musim ini, dari 17 seri yang sudah berlangsung, Hamilton telah menapak podium tertinggi sebanyak 10 kali. Sepanjang karirnya di F1, pebalap Inggris tersebut telah memenangkan 32 lomba. Kini, mantan anak kesayangan McLaren tersebut telah melampui rekor legenda Britania lainnya, Nigel Mansell, yang hanya mampu memenangkan grand prix 31 kali.

Gap antara Hamilton dan Rosberg di klasemen sementara juga semakin jauh. Nico (292) sekarang tertinggal 24 angka di belakang Lewis (316). Meski demikian, peluang untuk menjadi juara dunia belum musnah bagi anak Keke Rosberg tersebut. Dengan dua seri tersisa (GP Brasil dan GP Abu Dhabi), perburuan gelar masih terbuka lebar bagi kedua pebalap. Apalagi, lomba terakhir menjanjikan poin ganda. Apa pun masih bisa terjadi.

Rosberg, yang start dari pole position, sebenarnya berpeluang mereduksi ketertinggalannya dengan memenangkan GP Amerika Serikat. Sayang, dia tak kuasa menahan laju Hamilton di pertengahan lomba.

Pada awalnya, lomba GP AS memang berlangsung mulus. Rosberg dan Hamilton langsung memimpin dibayangi oleh duo Williams, Felipe Massa dan Valtteri Bottas. Sampai akhirnya, safety car keluar pasca insiden yang melibatkan Sergio Perez dan Adrian Sutil.

Setelah safety car masuk kembali, Rosberg masih unggul sekitar satu detik di depan Hamilton. Bahkan, setelah keduanya melakukan pit stop yang pertama, pada akhir lap ke-18, pebalap Jerman itu mampu unggul sampai 2,5 detik.

Hamilton yang merasa tertinggal terus menggeber mobil Mercy-nya. Dan, usahanya tak sia-sia. Pada lap ke-24, juara dunia 2008 itu mampu menyalip Rosberg dari sisi dalam Tikungan 12 yang cukup sempit. Sebuah aksi yang cukup brilian dan pantas mendapat tepuk tangan dari sang kekasih yang mantan personel Pussycat Dolls itu.

Rosberg sempat mengambil alih posisi terdepan pada lap ke-34 saat Hamilton masuk ke pit untuk kedua kalinya. Tapi, itu hanya sesaat. Setelah dia juga masuk ke pit di lap berikutnya, Hamilton kembali memimpin. Posisi tersebut bertahan sampai lomba selesai. Rosberg akhirnya harus puas finish 4,314 detik di belakang Hamilton.

Di belakang duo Mercedes, dua pebalap Williams yang start dari baris kedua akhirnya gagal naik podium. Pit stop yang lambat pada lap ke-32 membuat Felipe Massa kehilangan posisi ketiga. Jagoan Red Bull, Daniel Ricciardo, yang mengawali lomba dengan buruk akhirnya berhasil bangkit dan mencuri podium dari Massa.

Di belakang duo Williams, pebalap yang musim depan statusnya belum jelas, Fernando Alonso, berhasil mengamankan posisi keenam bagi Ferrari. Sayang, rekan setimnya, Kimi Raikkonen, gagal menyumbangkan poin setelah terpuruk di posisi ke-13.

Sementara itu, Sebastian Vettel yang start dari pit lane mampu mengakhiri lomba dengan menembus sepuluh besar. Juara dunia empat kali itu finish di posisi ketujuh di belakang Alonso, pebalap yang kursinya bakal dia gantikan musim depan.

Selepas dari Texas, akhir pekan ini sirkus F1 langsung meyambangi Sao Paulo. Untuk mengunci gelar juara dunia, Hamilton hanya perlu finish kedua di dua seri tersisa. Sebaliknya, Rosberg harus berharap rekan setimnya itu tergelincir, sembari dia sendiri menyapu bersih kemenangan di dua lomba terakhir. Sampai jumpa di Brasil!

Review Formula 1 GP Amerika Serikat 2014: Hamilton Semakin di Depan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s