Menjelang Formula 1 GP Brasil 2014: Kesempatan Terakhir Rosberg Sebelum GP Abu Dhabi

Selepas GP Amerika Serikat akhir pekan lalu, gelar juara dunia pebalap Formula 1 (F1) musim ini sudah pasti dikuasai oleh Mercedes GP. Dua jagoan tim Silver Arrows, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, bakal saling bantai untuk menjadi yang terbaik dalam dua balapan tersisa di Brasil dan Abu Dhabi.

Saat ini, Hamilton unggul 24 angka di atas rekan setimnya. Meski hanya tinggal dua seri lagi, posisi pebalap Inggris itu belum bisa dikatakan aman karena grand prix terakhir di Abu Dhabi menjanjikan poin ganda. Rosberg masih sangat mungkin untuk mengejar dan merebut gelar juara dunianya yang pertama pada saat-saat terakhir.

GP Brasil akhir pekan ini memang tidak akan menentukan bagi kepastian perebutan gelar juara dunia. Seandainya Rosberg tidak berhasil masuk top ten dan Hamilton menang, jarak di antara keduanya menjadi 49 poin. Pebalap Jerman tersebut masih berpeluang menjadi jawara jika menang di Abu Dhabi (menyediakan maksimal 50 poin) dan Hamilton gagal menambah angka.

Meski demikian, balapan di Interlagos weekend ini adalah kesempatan terakhir Rosberg untuk setidaknya memperpendek gap dari Hamilton, atau, bahkan, menyalipnya. Skenario tersebut bisa terwujud jika Rosberg menang dan Hamilton gagal masuk top ten. Ingat, ketahanan mobil Mercedes musim ini tidak sempurna. Beberapa kali mereka mengalami masalah dan mogok di pertengahan lomba. Bisa saja hal itu kembali menimpa Hamilton (dan Rosberg tentu saja).

Ditambah lagi, cuaca di Sao Paulo diperkirakan tidak akan cerah. Bahkan, thunderstorm diprediksi akan menghantam Interlagos pada hari Jumat dan Sabtu. Saat lomba berlangsung pada hari Minggu, ada peluang terjadi hujan sampai 80 persen. Jadi, balapan basah tampaknya tidak terelakkan dan bakal menambah seru persaingan antara Hamilton dan Rosberg.

Sementara itu, Hamilton menyongsong balapan di Interlagos dengan perasaan nyaman. Seandainya sesuatu yang buruk (baca: gagal menambah poin) terjadi akhir pekan ini, dia masih punya “tabungan” pada lomba terakhir di Abu Dhabi. Berbeda halnya dengan Rosberg yang penuh tekanan dan wajib menang dalam dua race tersisa untuk merebut gelar juara dunia.

Hamilton juga hanya butuh finish di posisi kedua di dua balapan tersisa untuk memastikan gelar juara dunia F1. Meski demikian, driver kebanggaan negerinya Mr. Bean ini tetap akan mengejar kemenangan di Sao Paulo. Mantan anak emas McLaren tersebut ingin memenuhi ambisinya menjadi pebalap Britania pertama yang memenangi lomba enam kali beruntun atau 11 kali dalam semusim.

Akhir pekan lalu, di Austin, Hamilton sudah menyalip rekor jumlah kemenangan grand prix milik Nigel Mansell (31 kali) yang sudah bertahan selama 29 tahun. Saat ini, kekasih Nicole Scherzinger tersebut telah menahbiskan dirinya sebagai pebalap Inggris yang berhasil menyabet victory terbanyak (32 kali) di F1.

Di luar persaingan duo Mercedes, GP Brasil juga menjadi ajang bagi tim Williams untuk merebut kemenangan perdana musim ini. Apalagi, di tim tersebut bercokol jagoan tuan rumah, Felipe Massa, yang ingin menapak podium tertinggi di hadapan para pendukung fanatiknya.

Rekan setim Massa, Valtteri Bottas, yang beberapa kali naik podium, juga ingin setidaknya memenangi lomba sekali sebelum musim ini berakhir. Meski demikian, tidak akan mudah bagi tim Williams untuk mewujudkan ambisinya tersebut. Sirkuit Interlagos dihiasi oleh banyak tikungan yang kurang cocok untuk mobil-mobil bermesin Mercy.

Selain Williams, McLaren, yang berusaha bangkit dalam beberapa seri terakhir, juga berambisi mendulang poin sebanyak yang mereka bisa di Brasil. Tim yang didirikan oleh Bruce McLaren ini sekarang hanya tertinggal 49 poin dari Ferrari yang menduduki peringkat keempat. Jika bisa memaksimalkan dua seri tersisa, bukan tidak mungkin mereka berhasil mengangkangi tim Kuda Jingkrak di akhir musim nanti.

McLaren juga mempunyai kenangan manis di Interlagos. GP Brasil 2012 adalah terakhir kalinya tim yang tahun depan CLBK dengan Honda ini memenangi balapan di Formula 1. Saat itu, Jenson Button berhasil menapak podium tertinggi, sekaligus juga victory terakhirnya sampai saat ini. Pacar Jessica Michibata itu tentu saja ingin setidaknya menang sekali lagi sebelum dia cabut dari F1 musim depan.

Ferrari, yang pekan lalu hanya berhasil finish keenam dan ke-13 di GP Amerika Serikat, menyadari ancaman dari McLaren. Setelah dipermalukan oleh tim medioker Williams, tentu saja La Scuderia tak ingin dipecundangi oleh musuh bebuyutannya, McLaren. Maka dari itu, tidak ada jalan lain, Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen wajib meraup poin sebanyak-banyaknya di dua seri tersisa untuk menyelamatkan muka Ferrari yang sudah buruk musim ini.

Sementara itu, Red Bull, sebagai pemenang GP Brasil tahun lalu lewat Sebastian Vettel, ingin kembali berjaya. Apalagi, Sirkuit Interlagos yang memiliki banyak tikungan sebenarnya cocok bagi mobil besutan Adrian Newey yang handal secara aerodinamis. Ditambah dengan faktor cuaca yang tampaknya bakal hujan, bukan tidak mungkin Daniel Ricciardo akan kembali mencuri kemenangan dari duo Mercedes.

Weekend ini, sebanyak 18 pebalap (belum ada tanda-tanda Caterham dan Marussia bakal kembali) akan mengitari sirkuit sepanjang 4,309 kilometer sebanyak 71 lap. Total jarak yang ditempuh mencapai 305,909 kilometer. Pirelli, yang semula menyiapkan ban hard dan medium, akhirnya memasok tipe soft (bertanda kuning) dan medium (bertanda putih) setelah Interlagos diaspal ulang.

Formula 1 Grande Premio Petrobras do Brasil 2014 akan dimulai pada hari Jumat, 7 November 2014, dengan sesi Free Practice 1 (19.00 WIB) dan Free Practice 2 (23.00 WIB). Hari Sabtu, 8 November 2014, akan diawali dengan sesi Free Practice 3 (20.00 WIB) dan dilanjutkan sesi Qualfiying (23.00 WIB). Hari Minggu, 9 November 2014, adalah Raceday dengan start lomba pukul 23.00 WIB. Live di FOX Sports. Selamat menonton!

Menjelang Formula 1 GP Brasil 2014: Kesempatan Terakhir Rosberg Sebelum GP Abu Dhabi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s