Review Formula 1 GP Brasil 2014: Rosberg Kejar Hamilton

Menuju balapan Formula 1 (F1) terakhir musim ini di Abu Dhabi, jarak yang memisahkan antara dua calon juara dunia, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, hanya tinggal 17 poin. Hal itu terjadi setelah Rosberg memastikan kemenangannya di GP Brasil 2014 dengan mengalahkan Hamilton yang hanya finish di posisi kedua.

Sebelum balapan di Sao Paulo hari Minggu yang lalu, Hamilton unggul 24 angka atas Rosberg. Kini, pebalap Inggris itu harus sangat berhati-hati dalam menatap seri terakhir yang menjanjikan poin ganda. Dengan kemenangannya kemarin, Rosberg tentunya semakin termotivasi untuk merebut gelar juara dunia dari genggaman Hamilton di tikungan terakhir. Sunset race di Abu Dhabi akan menjadi perseteruan puncak antara dua jagoan tim Silver Arrows tersebut.

Dengan gap 17 poin, Rosberg bisa menjadi juara dunia asalkan dia menang di Abu Dhabi, sedangkan Hamilton harus finish di bawah posisi kedua. Meski tetap yakin 100 persen bisa merebut gelar, pebalap asal Jerman itu mengakui dia membutuhkan bantuan dari pebalap lain, terutama Felipe Massa dan Valtteri Bottas, untuk mengalahkan Hamilton.

Dua pebalap Williams tersebut memang kerap naik podium. Rosberg berharap Massa dan Bottas mampu menahan laju Hamilton agar terlempar dari dua besar, sedangkan dia sendiri meraih victory di Abu Dhabi. Selain itu, Rosberg juga bisa menaruh asa kepada Daniel Ricciardo untuk menjegal Hamilton. Pebalap Red Bull yang kemarin gagal finish itu musim ini menjadi satu-satunya orang yang mampu mencuri kemenangan dari duo Mercedes.

Sementara itu, Hamilton sendiri mengakhiri GP Brasil dengan kegagalan memecahkan rekor menang enam kali beruntun. Sebelum ini, Hamilton mampu menapak podium tertinggi dalam lima balapan berturut-turut dan merebut posisi puncak klasemen yang semula diduduki Rosberg. Dengan hasil tersebut, untuk mengunci gelar juara dunianya yang kedua, Hamilton harus finish minimal di posisi kedua di Abu Dhabi.

Di Interlagos kemarin, Rosberg memang tampil apik dan tidak membuat error seperti pada race-race sebelumnya. Start dari pole position, anak juara dunia F1 Keke Rosberg itu mampu menahan laju Hamilton yang terus menguntitnya di posisi kedua.

Pada lap ke-28, sebenarnya Hamilton memiliki kesempatan untuk menyalip Rosberg. Namun, mantan pebalap McLaren itu malah membuat kesalahan. Ban belakangnya terkunci dan dia melebar di Tikungan 4. Rosberg yang semula hanya dua detik di depannya pun menjauh hingga lebih dari tujuh detik.

Hamilton pun menyesali kesalahannya. Menurut perhitungan, seharusnya dia mampu melewati Rosberg seandainya tidak melakukan error. Setelah pit stop untuk mengganti ban, meski mencatat waktu per lap lebih cepat, Hamilton tetap tak mampu mengejar rekan setimnya tersebut.

Rosberg akhirnya menyelesaikan 71 lap dan finish dengan nyaman di depan Hamilton. GP Brasil kemarin adalah victory Rosberg yang pertama setelah empat bulan puasa kemenangan. Terakhir kali dia menaiki puncak podium adalah saat balapan GP Jerman di rumah sendiri pada bulan Juli 2014.

Di pihak lain, jagoan tuan rumah Felipe Massa berhasil naik podium di Interlagos. Meski tak mampu mengalahkan duo Mercedes, capaian tersebut mampu menghibur para pendukungnya di Brasil. Sementara itu, rekan setim Massa, Valtteri Bottas, yang biasanya menjadi langganan podium, hanya mampu finish di posisi kesepuluh. Pebalap Williams asal Finlandia itu membuang waktu terlalu lama saat melakukan pit stop yang kedua.

Jenson Button, yang mungkin membalap di F1 untuk terakhir kalinya musim ini, tidak mampu naik podium di Brasil. Meski demikian, dia berhasil finish keempat di depan Sebastian Vettel. Rekan setim Button, Kevin Magnussen, mengakhiri lomba di posisi kesembilan dan menyumbang dua poin untuk McLaren.

Adapun, duo Ferrari, Fernando Alonso dan Kimi Raikkonen, sempat kejar-kejaran pada lap-lap terakhir. Derby Kuda Jingkrak tersebut akhirnya dimenangkan Alonso yang finish keenam di depan rekan setimnya yang banyak digandrungi cewek-cewek abege itu. Tahun depan, pebalap Spanyol tersebut tampaknya bakal kembali ke Brasil dengan seragam McLaren-Honda.

Tidak seperti musim-musim sebelumnya, race selanjutnya yang sekaligus menjadi balapan terakhir F1 tahun ini, dijamin bakal menarik karena menjanjikan poin ganda. Duel perebutan gelar juara dunia antara Hamilton dan Rosberg akan berlangsung hingga seri pamungkas yang dihelat menjelang sunset tersebut. Sampai jumpa di Abu Dhabi!

Review Formula 1 GP Brasil 2014: Rosberg Kejar Hamilton

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s