Preview EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 4: Italia vs. Kroasia

Menjadi salah satu tim yang diunggulkan untuk menjadi juara grup dalam EURO 2016 Qualifiers, saat ini Italia malah tertahan di posisi kedua klasemen sementara. Meski sama-sama mengumpulkan sembilan poin dari tiga kali kemenangan, tim besutan Antonio Conte tersebut kalah selisih gol dari penguasa grup H, Kroasia.

Akhir pekan ini, Italia berpeluang mengudeta Kroasia. Syaratnya, Gigi Buffon dkk harus mampu mampu menang saat menjamu Luca Modric dkk. Hasil seri, apalagi, kalah, hanya akan membuat Gli Azzurri semakin tertinggal dari tim negeri pecahan Yugoslavia itu.

Dalam tiga laga sebelumnya, Italia memang mampu menyapu bersih kemenangan. Meski demikian, ditilik dari permainannya, penampilan Simone Zaza dkk masih jauh dari kata memuaskan. Lawan-lawan yang berhasil mereka bekuk pun bukan tim kelas atas, hanya tim gurem dan antah-berantah semacam Azerbaijan dan Malta.

Tantangan yang dihadapi oleh Conte selaku juru racik strategi juga semakin berat dengan badai cedera yang menimpa sejumlah pemain pilar. Angelo Ogbonna menyusul Andrea Pirlo, Marco Verratti, Andrea Barzagli, dan Riccardo Montolivo yang sudah pasti tidak bisa dimainkan. Demikian juga dengan Leonardo Bonucci. Bek andalan Juventus tersebut terkena sanksi larangan bermain akibat kartu merah yang dia terima saat menghabisi Malta pada matchday ketiga.

Di lini belakang, dengan absennya Bonucci dan Ogbonna, Conte mungkin bakal memasang Matteo Darmian untuk menemani Andrea Ranocchia dan Giorgio Chiellini dalam skema tiga bek. Sementara itu, Mattia De Sciglio dan Manuel Pasqual tampaknya akan menempati posisi wing-back kanan dan kiri.

Di lini tengah, dengan ketiadaan Pirlo dan Verratti sebagai sutradara permainan, Daniele De Rossi atau Claudio Marchisio bisa diplot sebagai regista. Musim ini, di bawah arahan Max Allegri di Juve, Marchisio sudah sering melakoni peran pengganti Pirlo tersebut dalam skema 3-5-2.

Ada pun untuk sektor penyerangan, Conte tampaknya masih mempercayakan posisi tukang gedor pada duet Ciro Immobile dan Simone Zaza. Striker Southampton yang sedang naik daun, Graziano Pelle, juga bisa menjadi alternatif di samping dua ujung tombak Dortmund dan Sassuolo tersebut.

Bagaimana dengan Mario Balotelli? Malang tak dapat ditolak. Setelah kembali masuk ke Gli Azzurri, striker yang masih mandul di Liverpool itu mengalami cedera hamstring saat latihan. Debut Super Mario di era Conte pun dipastikan tertunda.

Di lain pihak, tim tamu Kroasia sudah siap dijamu Italia dengan mengandalkan kekuatan penuh. Anak-anak asuh Niko Kovac tersebut ingin memberi mimpi buruk pada Gli Azzurri. Kemarin, Mateo Kovacic dkk sempat merepotkan Argentina dalam laga persahabatan. Padahal, saat itu Kovac menurunkan banyak pemain cadangan menghadapi gempuran Lionel Messi dkk.

Italia sendiri sudah pernah merasakan bagaimana sulitnya mengalahkan Kroasia. Masih belum lepas dari ingatan, saat fase grup EURO 2012 yang lalu, gol Mario Mandzukic menggagalkan kemenangan Buffon dkk yang saat itu sudah unggul duluan berkat gol Pirlo.

Dengan materi pemain yang cukup mentereng dari posisi kiper sampai striker, Kroasia bukanlah tim kacangan semacam Norwegia, Azerbaijan, atau Malta. Jika tidak waspada, bukan tidak mungkin kali ini Gli Azzurri harus menuai malu di kandang sendiri.

***

Perkiraan Susunan Pemain

Italia (3-5-2)
Buffon; Darmian, Ranocchia, Chiellini; De Sciglio, Candreva, De Rossi, Marchisio, Pasqual; Zaza, Immobile.
Pelatih: Conte.

Kroasia (4-2-3-1)
Subasic; Srna, Corluka, Lovren, Vrsalijko; Modric, Rakitic; Perisic, Kovacic, Olic; Mandzukic.
Pelatih: Kovac.

Wasit: Bjorn Kuipers (Belanda).
Stadion: San Siro, Milan.
Kick-off: Senin, 17 November 2014, 02.45 WIB.
Live: RCTI / MNC Sports 2.

Prediksi: Italia 1-1 Kroasia.

Preview EURO 2016 Qualifiers Group H Matchday 4: Italia vs. Kroasia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s