Menjelang Formula 1 GP Abu Dhabi 2014: The Final Countdown

Setelah bersaing selama satu musim penuh, pertarungan antara Lewis Hamilton dan Nico Rosberg akan mencapai klimaksnya weekend ini. Duo Silver Arrows itu akan memperebutkan gelar juara dunia Formula 1 2014 dalam sebuah twilight race yang eksotik di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi.

Dengan balapan hanya tersisa satu seri, dua jagoan Mercedes itu hanya dipisahkan jarak 17 angka. Meski saat ini tertinggal dari Hamilton (334), bukan berarti peluang Rosberg (317 poin) menjadi kecil. Pebalap Jerman itu memiliki kesempatan besar untuk menyalip rekan setimnya di saat-saat terakhir karena GP Abu Dhabi menjanjikan double-points.

Sistem poin ganda memang untuk pertama kalinya diterapkan musim ini setelah melihat kenyataan begitu dominannya Sebastian Vettel tahun lalu. Pebalap yang baru saja diumumkan secara resmi sebagai penggawa baru Ferrari musim depan itu memang mengangkangi F1 selama empat musim terakhir.

Musim depan, sistem double-points tersebut tidak akan dipakai lagi karena dirasakan kurang adil. Gara-gara poin ganda ini, Hamilton, yang musim ini telah memenangkan sepuluh balapan dan lebih dominan daripada Rosberg, bisa saja gagal menjadi juara dunia jika mengalami nasib sial di seri terakhir di Abu Dhabi.

Sebaliknya, Rosberg, yang saat ini tertinggal 17 angka dari Hamilton, cukup terbantu dengan sistem poin ganda ini. Peluang anak Keke Rosberg itu cukup besar untuk menjadi juara dunia. Jika Hamilton sampai finish di luar dua besar, sedangkan Rosberg menang di Abu Dhabi, maka pebalap Jerman itu yang akan menjadi jawara.

Hamilton sendiri berharap tidak dihampiri oleh nasih apes weekend ini. Di atas kertas, pebalap Inggris itu seharusnya bisa dengan mudah finish minimal di posisi kedua. Apalagi, rekornya cukup bagus di Abu Dhabi. Pada tahun 2011, saat masih memperkuat McLaren, kekasih Nicole Scherzinger itu berhasil menang di Yas Marina.

Beban memang berada di pundak Hamilton untuk mempertahankan posisi di puncak klasemen. Ditambah lagi, sudah enam tahun lamanya dia tidak merengkuh gelar setelah terakhir kali menjadi juara dunia musim 2008. Sebelum ini, hanya Graham Hill yang pernah merebut dua gelar jawara F1 dengan jarak enam tahun (1962 dan 1968).

Meski demikian, Hamilton sudah berpengalaman dalam menghadapi tekanan. Tercatat, sudah dua kali pebalap Inggris tersebut bertarung memperebutkan gelar juara dunia pada seri pamungkas. Pada musim 2007, Hamilton yang waktu itu berstatus sebagai pebalap rookie di F1 harus merelakan titel direbut oleh Kimi Raikkonen pada race terakhir. Tetapi, setahun berikutnya, Hamilton, yang saat itu bertempur dengan Felipe Massa, secara dramatis berhasil menjadi yang terbaik pada tikungan terakhir lomba.

Musim ini, Hamilton bersaing dengan rekan setimnya sendiri, Nico Rosberg. Bagi pebalap Jerman tersebut, ini adalah pengalaman pertamanya bertarung dalam perebutan gelar juara dunia. Hanya saja, tekanan yang dia rasakan tidak sebesar Hamilton. Saat ini, posisinya tertinggal 17 poin di klasemen sementara. Otomatis, Hamilton-lah yang lebih diunggulkan untuk menang.

Sebagai pihak yang mengejar, Rosberg bakal membalap nothing to lose akhir pekan ini. Dia mengakui, cukup sulit untuk menang sekaligus mengharapkan Hamilton terpuruk di luar dua besar. Biarpun begitu, pebalap yang wajahnya mirip Leonardo DiCaprio ini tetap akan berusaha keras untuk meraih hasil terbaik sambil berdoa agar Dewi Fortuna menghampirinya di Abu Dhabi.

Sementara itu, di bawah Hamilton dan Rosberg, posisi Daniel Ricciardo di peringkat ketiga bisa dipastikan aman. Dengan 214 poin yang sudah dikumpulkannya, pebalap Red Bull tersebut tidak mungkin terkejar oleh Sebastian Vettel, Fernando Alonso, dan Valtteri Bottas. Yang masih seru adalah perebutan posisi keempat. Hanya tiga angka yang memisahkan antara Vettel (159), Alonso (157), dan Bottas (156 poin).

Di bawah mereka, ada Jenson Button, Felipe Massa, dan Nico Hulkenberg yang berebut posisi ketujuh. Saat ini, Button sudah mengumpulkan 106, Massa 98, dan Hulk 80 poin. Setelah itu, bakal ada tiga pebalap yang bersaing untuk menempati posisi kesepuluh, yaitu Kevin Magnussen (55), Kimi Raikkonen (53), dan Sergio Perez (47 poin).

Untuk klasemen konstruktor, meski posisi pertama dan kedua sudah pasti dikunci oleh Mercedes (651) dan Red Bull (373), bukan berarti persaingannya bakal sepi. Williams (254) yang saat ini menduduki peringkat ketiga masih belum aman posisinya. Ferrari (210) sangat berpeluang untuk mengkudeta tim asal Inggris tersebut. Adapun, tim Kuda Jingkrak sendiri juga masih rawan digeser oleh McLaren (161) dan Force India (127 poin). Hal tersebut dikarenakan sistem double-points yang menjanjikan sampai 86 angka di seri pamungkas ini.

Di papan bawah, Caterham bakal kembali tampil setelah berhasil mengemis dana kesana-kemari. Sementara itu, Marussia tampaknya masih tetap mati suri. Caterham bakal diperkuat oleh Kamui Kobayashi dan pebalap debutan Will Stevens. Selain itu, juga bakal ada Esteban Ocon (Prancis) dan Adderly Fong (Hong Kong) yang untuk pertama kalinya beraksi di F1 dalam sesi free practice bersama Lotus dan Sauber.

GP Abu Dhabi tahun ini juga bakal menjadi ajang perpisahan bagi Red Bull dan Vettel yang sudah dipastikan pindah ke Ferrari. Begitu juga dengan Alonso yang tinggal menunggu pengumuman untuk CLBK bersama McLaren yang juga CLBK dengan mesin Honda. Sementara itu, sunset race akhir pekan ini kemungkinan menjadi balapan terakhir bagi Jenson Button di F1 seandainya McLaren memutuskan untuk memilih Magnussen sebagai partner Alonso musim depan.

Twilight race weekend ini bakal mengitari Sirkuit Yas Marina yang panjangnya 5,554 kilometer sebanyak 55 lap (total 305,355 kilometer). Cuaca diperkirakan bakal cerah dengan temperatur mencapai 30 derajat Celcius saat lomba berlangsung.

2014 Formula 1 Etihad Airways Abu Dhabi Grand Prix akan dimulai pada hari Jumat, 21 November 2014, dengan sesi Free Practice 1 (16.00 WIB) dan Free Practice 2 (20.00 WIB). Hari Sabtu, 22 November 2014, akan diawali dengan sesi Free Practice 3 (17.00 WIB) dan dilanjutkan sesi Qualfiying (20.00 WIB). Hari Minggu, 23 November 2014, adalah Raceday dengan start lomba pukul 20.00 WIB. Live di FOX Sports. Selamat menonton!

Menjelang Formula 1 GP Abu Dhabi 2014: The Final Countdown

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s