Preview Serie A 2014-2015 Giornata 12: Lazio vs. Juventus

Setelah jeda dua pekan untuk kualifikasi EURO 2016 dan laga persahabatan internasional, kompetisi Liga Italia Serie A akan kembali berlanjut. Weekend ini, sang pemuncak klasemen sementara, Juventus, bakal dijamu oleh tim peringkat kelima, Lazio, di Stadion Olimpico, Roma.

Giornata ke-12 ini memang merupakan pekan yang krusial, baik bagi Lazio maupun Juventus. Tim tuan rumah membutuhkan tiga poin untuk merangsek ke tiga besar. Sementara itu, tim tamu juga harus mengemas kemenangan untuk menjauh dari kejaran rival sekota Lazio, AS Roma.

Sebelum laga Lazio vs. Juventus, Serigala Ibu Kota tampil terlebih dahulu di kandang Atalanta. Di atas kertas, Francesco Totti dkk tidak akan kesulitan menghabisi tim asal Bergamo tersebut. Maka dari itu, jika Bianconeri sampai dipecundangi oleh Miroslav Klose dkk, perolehan poin mereka rawan disamai oleh Giallorossi.

Pertemuan antara Lazio dan Juve seharusnya juga menjanjikan laga yang seru. Keduanya saat ini tercatat sebagai tim yang paling produktif di Serie A. Dalam 11 pertandingan yang sudah dijalani, Carlos Tevez dkk telah mencetak 25 gol. Sementara itu, Filip Djordjevic dkk ada di bawahnya dengan torehan 21 gol. Baik Tevez maupun Djordjevic sama-sama menjadi mesin gol bagi timnya dengan lesakan delapan dan enam gol.

Selain Djordjevic, Lazio juga bakal mengandalkan Antonio Candreva untuk mengobrak-abrik gawang Gigi Buffon. Winger tim nasional Italia itu memang menjadi protagonista bagi tim asuhan Stefano Pioli. Sudah tujuh assist dia sumbangkan bagi Biancocelesti di Serie A musim ini. Motivasi Candreva juga berlipat setiap kali bertemu Juve, mantan tim yang dulu pernah mencampakkannya. Jika tidak bisa meredamnya, Nyonya Tua berpotensi menuai malu di Olimpico.

Sejak era Antonio Conte, Lazio memang kerap menyulitkan Juve, terutama jika bermain di kandang sendiri. Bahkan, Senad Lulic dkk pernah menyingkirkan La Vecchia Signora di semifinal Coppa Italia 2013. Pelatih Max Allegri dituntut untuk menerapkan strategi yang jitu guna menghabisi Elang Ibu Kota tersebut.

Setelah menuai kekalahan di kandang Genoa, Allegri terlihat mulai meninggalkan pola 3-5-2 peninggalan Conte yang dianutnya sejak awal musim. Untuk meladeni Lazio pekan ini, Claudio Marchisio dkk mungkin bakal kembali tampil dengan skema 4-3-1-2 yang sukses membantai Parma dengan tujuh gol tanpa balas.

Dalam sebuah wawancara di sebuah media baru-baru ini, Allegri memang mengakui bahwa era tiga bek di Juve hampir pasti bakal tamat. Dia akan mulai membangun skema baru dengan format empat bek. Impiannya adalah menerapkan formasi 4-3-2-1 dengan dua orang winger yang menyokong seorang striker.

Saat ini, berhubung Juve belum memiliki dua orang winger yang mumpuni, peran sebagai trequartista di belakang duo striker, Carlos Tevez dan Fernando Llorente, kemungkinan bakal diemban oleh Roberto Pereyra.

Untuk menyokong Pereyra, trio gelandang di tengah tampaknya bakal ditempati oleh Paul Pogba, Andrea Pirlo, dan Claudio Marchisio. Sementara itu, karena penampilannya yang angin-anginan akhir-akhir ini, Arturo Vidal kemungkinan akan diparkir di bangku cadangan.

Di lini belakang, karena Kwadwo Asamoah dan Patrice Evra masih terkapar cedera, Allegri sepertinya bakal memasang Simone Padoin sebagai bek kiri. Dia akan didampingi oleh Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini yang akan berduet sebagai centre-back. Adapun, sisi kanan seperti biasa akan dikawal oleh Stephan Lichtsteiner.

***

Probable Line-ups

Lazio (4-3-3)
22 Marchetti; 8 Basta, 3 De Vrij, 27 Cana, 5 Braafheid; 16 Parolo, 20 Biglia, 19 Lulic; 87 Candreva, 9 Djordjevic, 14 Keita.
Bench: 1 Berisha, 77 Strakosha, 39 Cavanda, 13 Konko, 26 Radu, 24 Ledesma, 15 Alvaro Gonzalez, 23 Onazi, 10 Ederson, 7 F. Anderson, 11 Klose.
Coach: Pioli.
Injured: Cataldi, Ciani, Gentiletti, Mauri, Pereirinha, Novaretti.

Juventus (4-3-1-2)
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 3 Chiellini, 20 Padoin; 6 Pogba, 21 Pirlo, 8 Marchisio; 37 Pereyra; 10 Tevez, 14 Llorente.
Bench: 30 Storari, 34 Rubinho, 5 Ogbonna, Romagna, 7 Pepe, 23 Vidal, 38 Mattiello, 9 Morata, 11 Coman, 12 Giovinco.
Coach: Allegri.
Injured: Caceres, Barzagli, Romulo, Evra, Asamoah, Marrone.

Referee: Damato.
Stadium: Stadio Olimpico, Rome.
Kick-off: Sun, Nov 23, 2014, 02.45 WIB.
Live: KompasTV / beIN SPORTS 1.

Prediction: Lazio 1-2 Juventus.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 12: Lazio vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s