Review Formula 1 GP Abu Dhabi 2014: Lewis Hamilton World Champion!

Persaingan antara Lewis Hamilton dan Nico Rosberg yang sudah berlangsung selama semusim ternyata berakhir antiklimaks di Abu Dhabi. Duel seru antara duo Mercedes yang diharapkan terjadi pada balapan “final” di Yas Marina Circuit hari Minggu kemarin (23/11) ternyata tidak terwujud.

Rosberg, yang mengawali balapan dari pole position, sudah harus menyerahkan posisi terdepan setelah disalip oleh Hamilton selepas start. Sementara itu, Felipe Massa dan Jenson Button menguntit duo Silver Arrows tersebut di P3 dan P4.

Dalam dua puluh lap awal, sebenarnya Rosberg secara konsisten mampu menempel Hamilton. Hingga akhirnya pada lap ke-24 mobilnya mulai melambat. Malang tak dapat ditolak. Ternyata, tunggangan pebalap Jerman itu mengalami masalah pada ERS-nya.

Rosberg pun semakin kesulitan untuk mengejar Hamilton. Bahkan, dia tak mampu mempertahankan P2 dari Massa. Kecepatannya semakin menurun dan posisinya semakin melorot. Peluang untuk menjadi juara dunia pun musnah.

Red Bull sempat menginstruksikan Rosberg untuk berhenti. Tapi, anak legenda F1, Keke Rosberg, itu menolak. Dia terus membalap dan akhirnya mampu menyelesaikan lomba, meski hanya finish di posisi ke-14.

Nasib sial yang dialami Rosberg membuat Hamilton dengan nyaman memimpin lomba. Gangguan yang dia dapatkan hanya dari Massa. Pebalap Williams itu sempat mengambil alih posisi terdepan. Namun, itu tidak lama. Hamilton akhirnya berhasil finish di depan Massa dengan gap 2,5 detik. Itu adalah kemenangan ke-11 yang dicetak oleh mantan McLaren tersebut musim ini.

Hamilton juga mencetak rekor sebagai pebalap Britania pertama yang mampu merengkuh juara dunia F1 dua kali sejak Sir Jackie Stewart pada tahun 1971. Saat ini, jumlah gelar pacar Nicole Scherzinger itu menyamai dua legenda Inggris lainnya, almarhum Jim Clark dan Graham Hill.

Sementara itu, Valtteri Bottas, yang melakukan start buruk, akhirnya berhasil mengakhiri lomba di posisi ketiga. Pebalap muda asal Finlandia itu juga memastikan peringkat keempat di klasemen akhir pebalap, di atas para juara dunia seperti Sebastian Vettel, Fernando Alonso, Jenson Button, dan Kimi Raikkonen.

Hasil yang ditorehkan Massa dan Bottas membuat tim Williams menutup balapan pamungkas kemarin dengan memuaskan. Dua pebalap mereka naik podium di Abu Dhabi sekaligus mengunci posisi ketiga di klasemen akhir konstruktor, di atas dua tim besar yang sedang limbung, Ferrari dan McLaren.

Tim Kuda Jingkrak Ferrari hanya mampu finish di posisi kesembilan dan kesepuluh lewat Alonso dan Raikkonen. Sebuah hasil yang cukup mengecewakan mengingat kemarin adalah balapan terakhir Alonso bersama tim merah tersebut. La Scuderia akhirnya menempati posisi keempat di klasemen konstruktor, Alonso di posisi keenam, dan Kimi di P12 kategori pebalap.

Sementara itu, Daniel Ricciardo, yang start dari pitlane bersama Vettel, membalap dengan luar biasa dan akhirnya berhasil finish di posisi keempat. Sedangkan, Vettel, rekan setimnya yang musim depan pindah ke Ferrari, mengakhiri lomba di P8.

Jenson Button, yang mungkin membalap untuk terakhir kalinya di F1, kemarin berhasil finish di posisi kelima. Partnernya, Kevin Magnussen, tidak mampu masuk top ten dan terpuruk di P11. Hasil itu membuat McLaren terpaku di peringkat kelima klasemen akhir konstruktor.

Dengan berakhirnya GP Abu Dhabi, maka berakhir pula rangkaian sirkus F1 musim 2014 ini. Tahun depan diperkirakan bakal lebih menarik dengan kembalinya Alonso dan mesin Honda bersama McLaren. Selain itu, patut ditunggu juga kebangkitan Ferrari dengan senjata barunya dari Jerman, Sebastian Vettel. Bagaimana pula dengan Red Bull yang akan mengandalkan Ricciardo? Apakah Mercedes bakal tetap dominan? Sampai jumpa lagi di musim 2015!

2014 FORMULA 1 ETIHAD AIRWAYS ABU DHABI GRAND PRIX
P Name Points Time
1 Lewis Hamilton 50 1:39:02.619
2 Felipe Massa 36 +2.5 secs
3 Valtteri Bottas 30 +28.8 secs
4 Daniel Ricciardo 24 +37.2 secs
5 Jenson Button 20 +60.3 secs
6 Nico Hulkenberg 16 +62.1 secs
7 Sergio Perez 12 +71.0 secs
8 Sebastian Vettel 8 +72.0 secs
9 Fernando Alonso 4 +85.8 secs
10 Kimi Räikkönen 2 +87.8 secs
11 Kevin Magnussen 0 +90.3 secs
12 Jean-Eric Vergne 0 +91.9 secs
13 Romain Grosjean 0 +1 Lap
14 Nico Rosberg 0 +1 Lap
15 Esteban Gutierrez 0 +1 Lap
16 Adrian Sutil 0 +1 Lap
17 Will Stevens 0 +1 Lap
Ret Kamui Kobayashi 0 Retired
Ret Pastor Maldonado 0 Power unit
Ret Daniil Kvyat 0 Power unit
Note – Ricciardo, Vettel excluded from qualifying, illegal front wings; pit-lane start after parc ferme changes. Grosjean qualified P16, 20-place grid penalty for power unit changes, incurred an in-race drive-through penalty in lieu of undropped places.

Review Formula 1 GP Abu Dhabi 2014: Lewis Hamilton World Champion!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s