Preview Champions League 2014-2015 Group A Matchday 5: Malmo vs. Juventus

Tiga poin yang didapatkan Juventus setelah menghajar Olympiacos belum membuat posisi mereka aman di grup A Liga Champions. Jika kembali tergelincir saat melawat ke Malmo pada matchday kelima tengah pekan ini, nasib sang Nyonya Tua bakal di ujung tanduk dan bisa kembali gagal melangkah ke babak 16 besar seperti musim lalu.

Dilihat dari sisi materi pemain yang bak bumi dan langit, seharusnya, tidak ada yang perlu dikuatirkan dari Malmo. Juara Liga Swedia itu sudah pernah dilumat 0-2 saat mereka bertandang ke Juventus Stadium pada matchday pertama yang lalu. Yang membuat kondisi saat ini berbeda adalah Juve harus gantian bertamu ke Swedbank Stadion. Musim ini, Nyonya Tua selalu keok saat melakoni laga away, baik di kandang Atletico Madrid maupun Olympiacos.

Ditambah lagi, dalam dua musim terakhir di era Antonio Conte, tanah Eropa Utara seakan membawa kutukan bagi La Vecchia Signora. Gigi Buffon dkk selalu gagal menang saat berlaga di tanah Skandinavia. Dua kerikil dari Denmark semacam Nordsjaelland dan Copenhagen berubah menjadi batu sandungan bagi jawara Italia tersebut.

Sekarang, di era Max Allegri, akankah Juve mengalami kesulitan yang sama saat berlaga di Swedia? Dengan hasil positif di pentas domestik, mem-Brasil-kan Parma 7-0 dan kemarin membungkam Lazio 3-0, seharusnya membuat Bianconeri percaya diri. Sudah saatnya mereka move on dan menghapus trauma masa lalu dengan memetik poin penuh dari Skandinavia.

Malmo yang sempat memermak Olympiacos pada matchday kedua yang lalu memang tidak bisa dianggap remeh dan wajib diwaspadai. Meski demikian, asal bisa tampil apik seperti ketika melumat Lazio kemarin, Juve seharusnya bisa membawa pulang kemenangan pertama dari laga tandangnya di Liga Champions musim ini.

Formasi 4-3-1-2 yang sedang panas-panasnya sangat cocok diterapkan oleh Allegri untuk membombardir pertahanan Malmo. Arturo Vidal mungkin bakal kembali menjadi starter di belakang Carlos Tevez dan Fernando Llorente. Ketiga pemain di lini depan inilah yang diharapkan menjadi mesin gol bagi Juve.

Sementara itu, trio Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, dan Paul Pogba bakal mengisi lini tengah. Jika bisa kembali tampil hebat seperti ketika menghabisi Lazio kemarin, Pogba berpeluang menjadi man of the match saat melawan Malmo.

Di lini belakang, dengan masih cederanya Martin Caceres dan Andrea Barzagli, serta kondisi Angelo Ogbonna yang masih meragukan, empat bek kemungkinan bakal ditempati oleh Stephan Lichtsteiner, Leo Bonucci, Giorgio Chiellini, dan Patrice Evra. Simone Padoin juga siap diturunkan sebagai bek kiri jika Evra dirasa belum sepenuhnya fit oleh Allegri.

Singkat kata, apapun formasi yang diterapkan, tiga poin penuh wajib dibawa pulang oleh Juve dari kandang Malmo. Mimpi buruk gagal lolos ke fase knock-out seperti musim lalu jangan sampai terulang. Para Juventini masih trauma menonton tim kesayangannya tampil di Liga Malam Jumat, Europa League.

***

Probable Line-ups

Malmo (4-4-2)
Olsen; Tinnerholm, Helander, Johansson, Ricardinho; Eriksson, Halsti, Adu, Forsberg; Rosenberg, Thelin.
Coach: Hareide.

Juventus (4-3-1-2)
Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Evra; Marchisio, Pirlo, Pogba; Vidal; Tevez, Llorente.
Coach: Allegri.

Referee: Proenca.
Stadium: Swedbank Stadion, Malmo.
Kick-off: THU, Nov 27, 2014, 02.45 WIB.
Live: Stream.

Prediction: Malmo 1-2 Juventus.

Preview Champions League 2014-2015 Group A Matchday 5: Malmo vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s