Review Champions League 2014-2015 Group A Matchday 5: Malmo 0-2 Juventus

Sebelum bertandang ke Malmo dalam lanjutan matchday kelima grup A Liga Champions, Juve dihantui oleh kutukan tanah Skandinavia. Bagaimana tidak, dua musim sebelumnya di era Antonio Conte, sang Nyonya Tua selalu gagal memetik kemenangan kala dijamu oleh tim antah-berantah asal Eropa Utara, semacam Nordsjaelland dan Copenhagen dari Denmark.

Musim ini, di era Max Allegri, Juve akhirnya berhasil mematahkan mimpi buruk tersebut. Dini hari tadi WIB (27/11), Gigi Buffon dkk mampu melumat tuan rumah Malmo di Swedbank Stadion lewat dua gol yang dicetak oleh Fernando Llorente dan Carlos Tevez.

Sebenarnya, di awal laga, Juve sempat membuat ketar-ketir para Juventini yang menonton lewat streaming. Meski menguasai bola, Giorgio Chiellini dkk tidak langsung menggebrak. Malah, pihak tuan rumah yang berinisiatif melakukan tembakan lebih dahulu lewat serangan balik. Tercatat, dua kali striker Malmo, Isaac Thelin, melakukan percobaan untuk menembus gawang Buffon pada sepuluh menit pertama. Untunglah, kedua usahanya itu meleset.

Juve baru merespon serangan Malmo pada menit ke-15 lewat tembakan Arturo Vidal. Sayangnya, usaha yang dilakukan oleh gelandang asal Chile tersebut mampu diselamatkan oleh kiper Robin Olsen yang kemarin tampil cukup apik dalam mengawal gawang Malmo.

Setelah itu, bergantian Andrea Pirlo, Claudio Marchisio, dan Stephan Lichtsteiner membombardir gawang tim juara Swedia itu lewat tendangan dari luar kotak penalti. Hanya saja, semuanya berhasil diblok dan dimentahkan oleh kiper Olsen dan bek-bek Malmo.

Pihak tuan rumah juga sempat beberapa kali melancarkan tembakan lewat serangan balik, tapi tidak ada yang berhasil menaklukkan keperkasaan Buffon. Hingga turun minum, kedua tim masih sama-sama mandul.

Saat babak kedua baru dimulai, Juve langsung menggebrak lewat sepakan Marchisio yang lagi-lagi dapat diselamatkan oleh kiper Olsen. Hingga kemudian, pada menit ke-49, sebuah umpan terobosan dari il Principino mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Llorente. Striker Spanyol itu menggiring bola melewati beberapa pemain Malmo dan akhirnya mengoyak jala gawang yang sudah kosong.

Unggul satu gol tidak membuat Juve mengendurkan serangan. Beberapa kali upaya dilakukan oleh Tevez untuk menambah keunggulan, tapi usaha striker Argentina itu tidak menemui hasil karena finishing yang buruk dan tidak tepat sasaran. Untuk menyegarkan lini serangnya, pada menit ke-72 pelatih Allegri memasukkan Alvaro Morata untuk menggantikan Llorente.

Setelah lima belas menit berlalu, tidak ada peluang berbahaya yang diciptakan Juve. Usaha La Vecchia Signora untuk menambah gol baru menampakkan hasil saat mendekati akhir laga. Itu pun melalui aksi Morata yang sedikit kontroversial.

Pada menit ke-88, Morata mengejar umpan lambung yang membuatnya harus bertabrakan dengan bek Malmo, Erik Johansson. Bola liar akhirnya berhasil dikuasai oleh Paul Pogba yang lalu menyodorkan umpan kepada Tevez. Striker Argentina itu pun tinggal berhadapan dengan kiper Olsen dan dengan tenang merobek gawang Malmo.

Para pemain Malmo seperti Markus Rosenberg, Erik Johansson, dan Robin Olsen langsung memprotes gol tersebut. Mereka menilai Morata terlebih dahulu melakukan pelanggaran karena menabrak Johansson. Menganggap protes mereka terlalu berlebihan, wasit Pedro Proenca pun mengganjar ketiga pemain Malmo tersebut dengan kartu kuning. Khusus bagi Johansson, dia harus meninggalkan lapangan karena itu adalah kartu kuningnya yang kedua.

Dengan sepuluh orang pemain dan waktu hanya tersisa sedikit, Malmo semakin tak berdaya mengejar ketertinggalan. Hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, Juve tetap unggul dengan skor dua gol tanpa balas.

Meski kalah dan mencatatkan ball possession hanya 39 persen, Malmo sejatinya mampu melesatkan 13 kali tembakan (5 on target) lewat serangan balik dan bola-bola mati. Hanya saja, tidak ada satu pun yang bisa menembus gawang Buffon. Juve sendiri berhasil melepaskan 19 kali tembakan (10 on target), yang dua di antaranya menjadi gol.

Dengan membawa pulang tiga poin dari Skandinavia, Juve semakin memantapkan posisinya di peringkat kedua grup A. Matchday terakhir saat menjamu pemuncak klasemen Atletico Madrid dua pekan lagi akan menjadi penentu lolos atau tidaknya Bianconeri ke babak 16 besar Liga Champions musim ini.

***

Ratings

Malmo (4-4-2): 5.5
Olsen 6.5; Tinnerholm 5/Rakip 6 (85′), Helander 5, Johansson 5, Ricardinho 5; Eriksson 5.5, Halsti 5, Adu 5, Forsberg 5.5; Rosenberg 6.5, Thelin 4.5/Cibicki 5.5 (72′).
Coach: Hareide 5.5.

Juventus (4-3-1-2): 7
Buffon 6.5; Lichtsteiner 7, Bonucci 6.5, Chiellini 7, Padoin 6.5; Marchisio 7/Pereyra 6 (83′), Pirlo 7, Pogba 6.5; Vidal 6.5; Tevez 7, Llorente 7/Morata 5.5 (72′).
Coach: Allegri 7.

Referee: Proenca 6.

Man of the Match: Fernando Llorente.

Review Champions League 2014-2015 Group A Matchday 5: Malmo 0-2 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s