Preview Serie A 2014-2015 Giornata 14: Fiorentina vs. Juventus

Setelah meraih kemenangan dengan susah-payah pada detik terakhir kala menjamu Torino akhir pekan lalu, Sabtu (6/12) dini hari WIB ini, Juventus bakal kembali melakoni laga yang tidak mudah saat melawat ke Florence. Sejarah membuktikan, sang Nyonya Tua selalu kesulitan saat bertanding di kandang salah satu musuh bebuyutannya itu.

Musim lalu, Juve sempat unggul duluan di babak pertama lewat dua gol yang diceploskan oleh Carlos Tevez. Tetapi, tidak ada yang menduga, pada babak kedua, Fiorentina berhasil membalik keadaan berkat hat-trick Giuseppe Rossi. Para Juventini pun tercekat. Stadio Artemio Franchi menjadi saksi bisu saat La Vecchia Signora pada akhirnya dipermalukan oleh La Viola dengan skor telak, 2-4.

Musim ini, di bawah arahan nakhoda anyar, Max Allegri, tentu saja Juve tidak ingin mengulang memori kelam di kotanya Leonardo DaVinci tersebut. Hanya saja, ambisi Allegri untuk mempermalukan tim asuhan Vincenzo Montella di kandang sendiri terganggu oleh jadwal yang padat.

Pada tengah pekan depan, Juve harus menghadapi laga hidup mati yang menentukan kelangsungan hidup mereka di Liga Champions melawan Atletico Madrid. Tak pelak, Allegri harus pintar membagi fokus agar Claudio Marchisio dkk bisa membawa pulang tiga poin dari markas Fiorentina sekaligus berhasil mengamankan tiket ke babak 16 besar Champions League.

Pihak tuan rumah sendiri sudah sangat siap menjamu sang capolista. Dalam tiga pertandingan terakhir di semua ajang, Fiorentina sukses menyapu bersih kemenangan. Mario Gomez dkk juga berambisi untuk mengakhiri rentetan kemenangan beruntun Juventus yang sudah berlangsung dalam enam laga. Pengalaman musim lalu membuktikan bahwa tim yang dimiliki oleh Keluarga Della Valle itu berpotensi untuk mempermalukan sang Nyonya Tua dua tahun beruntun di Firenze.

Berbeda halnya dengan Juve yang terganggu oleh cedera yang menimpa pilar mereka di lini belakang, allenatore Montella memiliki skuat yang lengkap untuk menjamu tamunya. Striker Mario Gomez yang sempat menderita cedera panjang sudah cukup fit untuk menggedor gawang Bianconeri. Bahkan, pekan lalu, striker asal Jerman itu mampu mencetak gol ke gawang Cagliari.

Di lain pihak, krisis yang menimpa lini pertahanan Juve semakin parah seiring dengan kartu merah yang diterima oleh Stephan Lichtsteiner kala mendepak Torino pekan lalu. Dengan masih cederanya Martin Caceres dan Romulo, Allegri tak punya pilihan lagi selain memasang Simone Padoin sebagai bek kanan untuk menggantikan pemain asal Swiss tersebut.

Ditambah lagi, santo pelindung gawang Juventus, San Gigi Buffon, pekan lalu harus absen karena cedera bahu sesaat sebelum laga menjamu Torino. Jika nanti il capitano belum fit sepenuhnya, posisinya bakal ditempati oleh kiper cadangan terbaik di Italia saat ini, Marco Storari.

Di samping sejumlah fakta buruk di atas, salah satu kabar positif yang berembus dari Vinovo adalah sudah sembuhnya Angelo Ogbonna dari cedera. Allegri bisa menggunakannya sebagai pelapis bagi Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini. Jika terpaksa, Ogbonna juga bisa dipasang sebagai bek kiri untuk mem-back-up Patrice Evra. Defender asal Prancis itu saat ini menjadi andalan Allegri untuk menggantikan Kwadwo Asamoah yang menepi tiga bulan karena cedera.

Di lini tengah, Roberto Pereyra kemungkinan bakal dipasang sejak awal untuk menggantikan Andrea Pirlo atau Claudio Marchisio. Tenaga dan pengalaman sang Maestro Pirlo tampaknya memang lebih dibutuhkan saat Juve menjamu Atletico Madrid pada matchday terakhir grup A Liga Champions.

Sementara itu, di lini depan, Tevez bakal ditemani oleh salah satu dari Alvaro Morata atau Fernando Llorente. Arturo Vidal, yang mencetak gol dari titik putih saat membenamkan Torino, sepertinya akan kembali menyokong sebagai trequartista di belakang mereka.

Jika kesulitan membawa pulang tiga poin penuh, setidaknya satu angka memang wajib dikemas oleh Juve dari Florence. Hal itu untuk melanggengkan posisi La Vecchia Signora sebagai capolista. Karena, pada pekan yang sama, tim peringkat kedua AS Roma hanya akan menjamu tim gurem Sassuolo. Jika sang Nyonya Tua sampai terpeleset di kandang Fiorentina, Serigala Ibu Kota sudah siap menerkamnya dari puncak klasemen sementara Serie A.

***

Probable Line-ups

Fiorentina (3-5-1-1)
Neto; Savic, Rodriguez, Basanta; Joaquin, Fernandez, Pizarro, Borja, Alonso; Cuadrado; Gomez.
Coach: Montella.

Juventus (4-3-1-2)
Storari; Padoin, Bonucci, Chiellini, Evra; Pereyra, Marchisio, Pogba; Vidal; Morata, Tevez.
Coach: Allegri.

Referee: Rizzoli.
Stadium: Stadio Artemio Franchi, Florence.
Kick-off: Sat, Dec 6, 2014, 02.45 WIB.
Live: KompasTV / beIN SPORTS 1.

Prediction: Fiorentina 1-1 Juventus.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 14: Fiorentina vs. Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s