Review Serie A 2014-2015 Giornata 14: Fiorentina 0-0 Juventus

Stadio Artemio Franchi di Florence terbukti masih menjadi tempat yang sulit ditaklukkan oleh Juventus. Musim lalu, sang Nyonya Tua terkapar di sana setelah dihajar dengan skor telak 2-4 oleh Fiorentina. Dini hari tadi WIB (6/12), pada laga pembuka giornata ke-14 Liga Italia Serie A musim ini, Gigi Buffon dkk kembali dibuat mandul oleh tim asuhan Vincenzo Montella di kotanya Leonardo DaVinci tersebut.

Fiorentina memang memberi perlawanan sengit pada Juve sejak awal laga. Pihak tuan rumah langsung menggedor pertahanan tim tamu dua menit setelah wasit memulai pertandingan lewat Juan Cuadrado. Semenit berselang, giliran winger Kolombia tersebut yang memberi umpan kepada Marcos Alonso. Untungnya, dua tembakan dari luar kotak penalti itu masih belum bisa menjebol gawang Buffon.

Juve pun langsung merespon gebrakan salah satu musuh bebuyutannya itu dengan melepas dua tendangan jarak jauh lewat Paul Pogba dan Fernando Llorente. Sayangnya, bola yang dilesatkan oleh keduanya melayang terlalu tinggi dan tidak tepat sasaran.

Selanjutnya, pertarungan pun terjadi di lini tengah. Kali ini, Fiorentina lebih banyak menguasai bola dan melakukan tekanan ke gawang Juve. Tetapi, penyelesaian akhir yang buruk membuat beberapa tembakan yang diluncurkan oleh Juan Cuadrado, Matias Fernandez, David Pizzaro, dan Borja Valero menjadi sia-sia.

Juve hanya mampu membalas gempuran Fiorentina itu melalui tandukan Fernando Llorente pada menit ke-15 dan sepakan jarak jauh Arturo Vidal pada menit ke-42. Hanya saja, usaha yang dilakukan oleh kedua pemain itu gagal menembus gawang Neto.

Hingga turun minum, laga antara kedua rival klasik itu berakhir mandul tanpa gol. Meski demikian, babak pertama berlangsung cukup keras. Wasit Nicola Rizzoli harus mencabut empat kartu kuning dari sakunya untuk David Pizzaro, Juan Cuadrado, Angelo Ogbonna, dan Giorgio Chiellini.

Pada paro kedua laga, Juve mengambil inisiatif untuk melakukan tekanan. Sejumlah peluang diciptakan oleh Patrice Evra, Roberto Pereyra,Leonardo Bonucci, Andrea Pirlo, dan Paul Pogba. Namun, hingga laga berakhir, tidak ada gol yang berhasil mereka ciptakan.

Upaya Max Allegri untuk menambah daya gedor dengan memasukkan Carlos Tevez juga tidak membuahkan hasil. Masuk menggantikan Kingsley Coman sejak menit ke-61, jangankan membuat gol, striker Argentina yang biasanya ganas itu malah gagal mencatatkan satu pun tembakan ke gawang Fiorentina.

Statistik menunjukkan, laga klasik antara dua tim dari kota Florence dan Turin itu memang berjalan seimbang. Juve unggul tipis dalam penguasaan bola dengan 51 persen. Total, La Vecchia Signora hanya melepaskan 8 kali tembakan (2 on target). Sementara itu, Fiorentina mampu melesatkan tembakan sebanyak 9 kali (1 on target).

Dengan hasil seri tanpa gol di kandang Fiorentina ini, Juve dipastikan tetap memimpin klasemen sementara Serie A dengan 34 poin dari 14 laga. Seandainya malam ini bisa mengatasi Sassuolo, Roma masih tertinggal satu angka dari sang capolista.

***

Ratings

Fiorentina (3-5-2): 5.5
1 Neto 6; 15 Savic 6.5, 2 G. Rodriguez 6.5, 19 Basanta 6; 17 Joaquin 5.5/10 Aquilani 6 (78′), 14 M. Fernandez 6.5, 7 Pizarro 6, 20 Borja Valero 6.5, 28 Alonso 5.5; 33 Gomez 5/30 Babacar 5.5 (69′), 11 Cuadrado 6/16 Kurtic 6 (85′).
Coach: Montella 5.5.

Juventus (3-5-2): 5.5
1 Buffon 6; 5 Ogbonna 6, 19 Bonucci 7, 3 Chiellini 6; 37 Pereyra 5/20 Padoin 6 (88′), 23 Vidal 5.5, 21 Pirlo 5/8 Marchisio 6 (78′), 6 Pogba 6, 33 Evra 5.5; 14 Llorente 5.5, 11 Coman 6/10 Tevez 5.5 (61′).
Coach: Allegri 5.5.

Referee: Rizzoli 5.5.

Man of the Match: Leonardo Bonucci.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 14: Fiorentina 0-0 Juventus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s