Preview Champions League 2014-2015 Group A Matchday 6: Juventus vs. Atletico Madrid

Juventus bakal menjamu Atletico Madrid dalam matchday terakhir grup A Liga Champions. Meski hanya butuh hasil seri untuk melenggang ke babak 16 besar, sang Nyonya Tua tidak bisa menganggap remeh laga ini. Jika Juve sampai kalah dari Atleti, serta di laga lain Olympiacos mampu menekuk Malmo, maka mimpi buruk musim lalu bakal terulang: gagal lolos ke fase knock-out.

Maka dari itu, tim asuhan Max Allegri tersebut seharusnya tidak bermain aman dan all-out mengejar kemenangan. Jika hanya mematok hasil seri, bisa-bisa Juve kecolongan. Apalagi, jika bisa mengalahkan Atletico dengan skor dua gol atau lebih, Juventus bakal menjadi juara grup, yang artinya bakal mendapat lawan yang lebih ringan (para runner-up grup lain) di babak selanjutnya.

Atletico sendiri sudah memastikan lolos ke fase knock-out setelah menghabisi Olympiacos dengan skor 4-0 pada matchday kelima yang lalu. Meski demikian, tim besutan Diego Simeone tersebut juga ingin mengamankan posisi puncak di grup A dengan mengandaskan Juventus di kandangnya.

Performa Atletico saat ini memang cukup mantap. Mario Mandzukic dkk sukses menyapu bersih kemenangan dalam lima laga beruntun. Hebatnya lagi, empat laga terakhir mereka lalui tanpa pernah kebobolan sama sekali.

Satu-satunya kendala yang dihadapi oleh Atletico adalah cedera tiga pemain pilar, yaitu Cristian Ansaldi, Mario Suarez dan Miranda. Simeone harus memutar otak untuk menentukan pengganti mereka, terutama pengisi pos Miranda yang selama ini menjadi andalan di lini belakang.

Di pihak lain, Juve bakal menjamu Atleti dengan bekal kurang memuaskan di kompetisi domestik. Akhir pekan lalu, Allegri yang kembali menerapkan pola 3-5-2 ala Antonio Conte harus menyaksikan tim besutannya dimandulkan oleh Fiorentina-nya Vincenzo Montella. Dengan hasil tersebut, rentetan enam kemenangan beruntun yang sebelumnya ditorehkan oleh Claudio Marchisio dkk pun terhenti di Florence.

Meski demikian, Juve tetap patut percaya diri saat menantang Atletico. Rekor Gigi Buffon dkk cukup mentereng saat menjadi tuan rumah di pentas Eropa. Tercatat, dalam sembilan laga kandang terakhir di Champions dan Europa League, La Vecchia Signora belum tersentuh kekalahan, termasuk saat menahan imbang Real Madrid musim lalu.

Nah, sekarang tinggal menunggu strategi apa yang bakal diterapkan oleh Juve untuk meredam keganasan Koke dkk. Sepertinya, Allegri bakal kembali menggunakan formasi 4-3-1-2 untuk meladeni Atletico yang biasanya tampil dengan skema 4-4-2.

Cederanya Kwadwo Asamoah dan masih belum konsistennya penampilan Patrice Evra mungkin bakal membuat Allegri memasang Simone Padoin sebagai bek kiri. Pemain serba bisa tersebut akan menemani Stephan Lichtsteiner, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini dalam menggalang pertahanan Juve.

Sementara itu, lini tengah, seperti biasa, akan kembali dipercayakan kepada trio Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, dan Paul Pogba. Ada pun, Arturo Vidal bakal menempati pos di belakang dua striker yang kemungkinan akan diisi oleh Carlos Tevez dan salah satu dari Alvaro Morata atau Fernando Llorente.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2)
Buffon; Lichtsteiner, Bonucci, Chiellini, Padoin; Marchisio, Pirlo, Pogba; Vidal; Tevez, Morata.
Coach: Allegri.

Atletico Madrid (4-4-2)
Moya; Juanfran, Gimenez, Godin, Siqueira; Koke, Tiago, Gabi, Turan; Garcia, Mandzukic.
Coach: Simeone.

Referee: William Collum (Scotland).
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Wed, Dec 10, 2014, 02.45 WIB.
Live: SCTV / OrangeTV Festival.

Prediction: Juventus 1-1 Atletico Madrid.

Preview Champions League 2014-2015 Group A Matchday 6: Juventus vs. Atletico Madrid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s