Review Champions League 2014-2015 Group A Matchday 6: Juventus 0-0 Atletico Madrid

Laga terakhir grup A Liga Champions antara Juventus dan Atletico Madrid ternyata tidak berlangsung seseru yang diperkirakan. Dua tim jawara Liga Italia dan Spanyol tersebut mengakhiri matchday keenam dengan skor kacamata.

Sejak laga dimulai, Juve, yang butuh kemenangan dengan margin dua gol atau lebih untuk menjadi juara grup, sebenarnya langsung menekan Atleti. Namun, meski unggul dalam penguasaan bola, tim besutan Max Allegri itu tampak kesulitan menembus ketatnya pertahanan tim tamu yang digalang dengan ciamik oleh Diego Godin.

Atletico sendiri memang sudah memastikan lolos ke babak 16 besar dan hanya butuh hasil seri melawan Juve untuk mengunci status sebagai juara grup A. Maka dari itu, Koke dkk tampak tidak terlalu bernafsu untuk mendikte permainan. Tim asuhan Diego Simeone itu lebih banyak menunggu di daerah pertahanan dan mementahkan serangan Juve.

Meski demikian, bukan berarti Atletico tanpa perlawanan sama sekali. Lewat bola-bola mati yang memang menjadi andalan Simeone untuk menjebol gawang rivalnya, Mario Mandzukic dkk beberapa kali membuat gawang Juve terancam. Untung saja, kiper Gigi Buffon tampil apik dan beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang. Berkat aksinya semalam, santo pelindung Juve tersebut layak dinobatkan sebagai man of the match.

Setelah turun minum, Juve tetap melanjutkan dominasinya dalam penguasaan bola. Namun, intensitas serangan mereka semakin menurun. Tidak banyak peluang berbahaya yang diciptakan oleh Carlos Tevez dkk. Atleti pun tampak semakin nyaman memarkir busnya dan tidak terpancing untuk keluar.

Acungan jempol layak diberikan kepada Simeone. Dengan bermodalkan pemain-pemain semenjana, mantan kapten tim nasional Argentina itu mampu meracik strategi parkir bus yang lebih terorganisasi daripada Jose Mourinho sekalipun. Oleh karena itu, memang ada benarnya jika ada yang menyebut Diego Simeone sebagai the new special one.

Memasuki menit-menit terakhir, kedua tim tampak sudah puas dengan hasil imbang tanpa gol dan tinggal menunggu wasit meniup peluit panjang. Pelatih Allegri dan Simeone pun terlihat tidak berupaya mengubah strategi. Terbukti, keduanya sama sekali tidak melakukan pergantian pemain.

Setelah laga berakhir, Juve tercatat menguasai bola sebanyak 68 persen dan melesatkan 11 kali tembakan dengan empat di antaranya on target, tapi tidak berbuah menjadi gol. Sementara itu, Atletico hanya mampu melepaskan enam tembakan (empat on target).

Dengan hasil mandul gol tersebut, Atletico dan Juventus sama-sama lolos ke babak 16 besar sebagai wakil dari grup A. Olympiacos, yang menghempaskan Malmoe 4-2 pada laga yang lain, harus puas menduduki posisi ketiga dan terlempar ke Liga Malam Jumat alias Europa League.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 6
Buffon 7; Lichtsteiner 6, Bonucci 6, Chiellini 6.5, Evra 6; Pereyra 5, Pirlo 5.5, Pogba 6; Vidal 5.5; Tevez 5, Llorente 5.
Coach: Allegri 6.

Atletico Madrid (4-3-2-1): 6.5
Moya 6; Juanfran 6, Godin 7, Gimenez 7, Siqueira 6; Mario Suarez 6.5, Gabi 6.5, Koke 6; Arda Turan 6, Raul Garcia 6; Mandzukic 5.5.
Coach: Simeone 6.5.

Referee: William Collum 6.

Man of the Match: Gianluigi Buffon.

Review Champions League 2014-2015 Group A Matchday 6: Juventus 0-0 Atletico Madrid

One thought on “Review Champions League 2014-2015 Group A Matchday 6: Juventus 0-0 Atletico Madrid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s