Preview Formula E Punta del Este ePrix 2014

Resor mewah Punta del Este di pinggiran Montevideo, Uruguay, akan menjadi tuan rumah seri ketiga Formula E di penghujung tahun 2014 ini. Para pebalap akan menggeber mobil listrik mereka di sirkuit jalanan sepanjang 2,8 kilometer yang terletak di pinggir pantai Playa Brava tersebut.

Dikenal sebagai Monte Carlo-nya Amerika Selatan, balapan Punta del Este ePrix, dengan pemandangan dermaga di sekitarnya, tak ubahnya Monaco GP versi Formula E. Dengan 20 tikungan yang menghiasi sirkuit sempit tersebut, menyalip menjadi hal yang sulit. Ditambah lagi, hampir semua pebalap belum familier dan belum hafal dengan kondisi trek. Maka dari itu, sesi latihan bakal menjadi momen penting untuk menguasai medan.

Nick Heidfeld, yang hampir menang pada seri pertama di Beijing (sebelum bertabrakan dengan Nicolas Prost), merasakan betul pentingnya sesi free practice. Pada seri kedua di Putrajaya, eks pebalap Formula 1 itu mengalami insiden saat menjalani latihan. Alhasil, dia tidak menguasai trek dengan baik. Akhirnya, pada saat lomba di Malaysia, Quick Nick tak mampu bersaing di barisan depan seperti halnya di Beijing.

Meski sulit melakukan aksi salip-menyalip, bukan berarti tidak ada titik yang dapat dimanfaatkan oleh para pebalap untuk mendahului lawannya di Punta del Este. Chicane di tikungan satu adalah kesempatan pertama untuk menyalip. Setelah itu, chicane di tikungan lima juga menyajikan peluang untuk overtaking.

Selain tikungan satu dan lima, tikungan delapan juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk menyalip. Begitu juga dengan tikungan 14 dan tikungan 17. Hanya saja, di tikungan 17 dibutuhkan keberanian dan skill yang mumpuni untuk melakukan overtaking karena sudutnya sangat sempit.

Seperti halnya di seri pertama dan kedua, sulit menebak siapa yang bakal unggul pada balapan ketiga Formula E akhir pekan ini. Tim E.DAMS dan Audi Sport Abt memang memiliki mobil yang mampu bersaing di barisan depan dalam dua ePrix perdana. Meski demikian, tim-tim lain seperti Virgin Racing (pemenang Putrajaya ePrix) dan Dragon Racing juga tidak bisa diremehkan.

Yang pasti, balapan bakal berjalan dengan ketat. Tidak ada dominasi seperti di F1. Setiap pebalap dari tim mana pun di Formula E memiliki peluang yang sama untuk menang.

FIA Formula E Championship Punta del Este ePrix 2014 akan dimulai pada hari Sabtu, 13 Desember 2014, dengan sesi free practice (19.30 WIB) dan dilanjutkan sesi qualifying (20.45 WIB). Race bakal berlangsung pada hari Minggu, 14 Desember 2014, pukul 00.30 WIB. Live di FOX Sports 3 HD. Selamat menonton!

Preview Formula E Punta del Este ePrix 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s