Preview Serie A 2014-2015 Giornata 15: Juventus vs. Sampdoria

Akhir pekan ini, pemuncak klasemen sementara Serie A, Juventus, bakal menjamu tim yang sedang naik daun, Sampdoria. Laga giornata ke-15 ini akan digelar di Juventus Stadium pada hari Minggu (14/12) pukul 18.30 WIB.

Dalam dua laga sebelumnya di pentas domestik dan Eropa, meski tidak kalah, Juve tidak mampu mencetak gol. Dua kali beruntun, pertandingan yang dilakoni sang Nyonya Tua saat melawan Fiorentina dan Atletico Madrid berakhir dengan skor kacamata alias tanpa gol.

Saat dijamu Fiorentina pekan lalu, Max Allegri secara tak terduga kembali menggunakan pola 3-5-2 ala Antonio Conte, yang nyatanya dapat dijinakkan oleh Vincenzo Montella selaku pelatih La Viola. Sewaktu menjamu Atletico Madrid pada matchday terakhir grup A Liga Champions tiga hari selanjutnya, Allegri kembali ke skema 4-3-1-2. Tetapi, hasilnya tetap sama. Juve masih mandul. Tak ada gol yang berhasil diceploskan oleh Carlos Tevez dkk.

Selain masalah produktivitas, Allegri juga dipusingkan dengan krisis yang menerpa lini belakang Juve. Andrea Barzagli, Martin Caceres, Luca Marrone, Kwadwo Asamoah, dan Romulo masih tergolek cedera dan tidak bisa dimainkan hingga tahun depan. Ditambah lagi, pekan ini Giorgio Chiellni juga tidak bisa diturunkan menyusul hukuman akumulasi kartu kuning yang diterimanya.

Tak pelak, sejumlah rotasi harus dilakukan oleh Allegri. Angelo Ogbonna kemungkinan besar akan mengisi pos yang biasanya ditempati oleh Chiellini, yaitu bek tengah di sisi kiri. Eks pemain Torino itu akan berdampingan dengan Leo Bonucci yang sudah paten sebagai bek tengah di sisi kanan.

Sementara itu, pemain medioker serba bisa, Simone Padoin, tampaknya bakal menempati slot bek kiri, berpasangan dengan Stephan Lichtsteiner sebagai bek kanan. Patrice Evra, yang penampilannya angin-anginan, kemungkinan bakal menghangatkan bangku cadangan di bulan Desember yang dingin ini.

Di lini tengah, Claudio Marchisio, yang tidak diturunkan saat Juve menjamu Atletico karena menderita demam tinggi, sepertinya akan kembali bermain sebagai starter menemani Andrea Pirlo dan Paul Pogba. Arturo Vidal, yang mulai nyaman dengan role barunya di belakang duet striker, bakal mengemban peran sebagai trequartista. Selain itu, masih ada Roberto Pereyra yang siap mengisi posisi mana pun di lapangan tengah.

Di depan, Tevez sebagai striker utama, tampaknya, bakal didampingi oleh Alvaro Morata. Ada pun, Fernando Llorente kemungkinan bakal diistirahatkan oleh Allegri. Di bangku cadangan juga tersedia opsi Kingsley Coman dan Sebastian Giovinco jika Juve membutuhkan pemain yang gesit untuk menusuk pertahanan tamunya.

Di pihak lain, Sampdoria yang baru sekali mengalami kekalahan musim ini siap mempermalukan tuan rumah Juve di kandang sendiri. Kendala yang dihadapi oleh il Samp adalah cedera yang menimpa Matias Silvestre dan Gianluca Sansone. Selain itu, Lorenzo De Silvestri juga tidak bisa dimainkan karena hukuman akumulasi kartu kuning. Meski demikian, tim asuhan Sinisa Mihajlovic itu masih bisa mengandalkan Pedro Obiang dan Roberto Soriano untuk mengacak-acak pertahanan La Vecchia Signora.

Setelah kehilangan poin kala dijamu Fiorentina pekan lalu, kali ini Juve memang tidak boleh lagi kehilangan angka. Kemenangan harus dikemas saat menjamu Sampdoria untuk mengamankan status capolista. Apalagi, sang Nyonya Tua sudah memastikan diri lolos dari fase grup di pentas Eropa. Ini kesempatan emas bagi Gigi Buffon dkk untuk fokus di Serie A dan menyapu bersih semua laga sebelum melakoni babak 16 besar Liga Champions pada bulan Februari tahun depan.

***

Probable Line-ups

Juventus (4-3-1-2)
1 Buffon; 26 Lichtsteiner, 19 Bonucci, 5 Ogbonna, 20 Padoin; 8 Marchisio, 21 Pirlo, 6 Pogba; 23 Vidal; 10 Tevez, 9 Morata.
Bench: 30 Storari, 34 Rubinho, 33 Evra, 38 Mattiello, 7 Pepe, 37 Pereyra, 12 Giovinco, 11 Coman, 14 Llorente.
Coach: Allegri.
Suspended: Chiellini.
Injured: Barzagli, Caceres, Marrone, Asamoah, Romulo.

Sampdoria (4-3-3)
1 Romero; 86 Cacciatore, 5 Romagnoli, 28 Gastaldello, 3 Mesbah; 22 Rizzo, 17 Palombo, 14 Obiang; 21 Soriano, 9 Okaka, 23 Eder.
Bench: 2 Viviano, 1 Da Costa, 44 Fornasier, 19 Regini, 10 Krsticic, 6 Duncan, 4 De Vitis, 32 Marchionni, 11 Gabbiadini, 18 Bergessio, 27 Djordjevic, 7 Fedato.
Coach: Mihajlovic.
Suspended: De Silvestri.
Injured: De Silvestri, Silvestre, Sansone, Wszolek.

Referee: Doveri.
Venue: Juventus Stadium, Turin.
Kick-off: Sun, Dec 14, 2014, 18.30 WIB.
Live: KompasTV / beIN SPORTS 1.

Prediction: Juventus 1-0 Sampdoria.

Preview Serie A 2014-2015 Giornata 15: Juventus vs. Sampdoria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s