Review Serie A 2014-2015 Giornata 15: Juventus 1-1 Sampdoria

Rentetan kemenangan Juventus selama tampil di kandang sendiri di pentas Serie A akhirnya dihentikan oleh Sampdoria. Tim asal kota Genoa tersebut berhasil menahan imbang sang Nyonya Tua dengan skor 1-1 pada giornata ke-15 hari Minggu (14/12) kemarin.

Dengan hasil tersebut, Juve telah mencatat hat-trick hasil seri dalam tiga laga terakhirnya di semua ajang. Sebelum ditahan oleh il Samp, tim yang diasuh oleh Max Allegri itu mengakhiri laga melawan Fiorentina dan Atletico Madrid dengan skor kacamata alias tanpa gol. Ini sebuah lampu kuning bagi La Vecchia Signora menjelang winter break.

Juve sejatinya mampu memimpin terlebih dahulu atas Sampdoria saat laga baru berjalan 12 menit lewat tandukan Patrice Evra. Bek kiri asal Prancis itu berhasil mencetak gol untuk pertama kalinya di Serie A berkat sepak pojok yang dilesatkan oleh Claudio Marchisio.

Sejak wasit memulai pertandingan, Juve memang langsung menggebrak pertahanan Sampdoria. Carlos Tevez, Alvaro Morata dan Roberto Pereyra secara bergantian mengancam gawang Sergio Romero. Saat sudah unggul satu gol pun, Bianconeri terus melakukan tekanan melalui Marchisio, Paul Pogba dan Tevez.

Il Samp sendiri bukannya tanpa perlawanan. Mereka juga melancarkan serangan balik. Beberapa kali Pedro Obiang, Fabrizio Cacciatore, Daniele Gastaldello, dan Stefano Okaka mencoba untuk merobek gawang Juve. Tapi, usaha anak-anak asuh Sinisa Mihajlovic itu tidak menemui hasil berkat penampilan gemilang Buffon. Hingga turun minum, skor tetap 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Pada babak kedua, Juve tidak mengendurkan serangan. Meski bermain tanpa Andrea Pirlo yang diistirahatkan di bangku cadangan, Arturo Vidal dkk tetap mampu mendominasi penguasaan bola. Roberto Pereyra yang kemarin menjadi starter juga sempat mengancam gawang Sampdoria. Namun, upaya tim tuan rumah untuk menambah keunggulan tampaknya belum direstui oleh Yang Maha Kuasa.

Asyik menyerang, petaka malah menimpa sang Nyonya Tua. Bermula saat Mihajlovic memasukkan Manolo Gabbiadini pada menit ke-51. Tak lama setelah dia menggantikan Krsticic, striker yang separuh kepemilikannya dipegang oleh Juve itu berhasil membuat para Juventini tercekat. Sepakannya menembus pojok kanan gawang Buffon dengan indahnya dari luar kotak penalti. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Merasa kecolongan, pelatih Allegri pun mulai panik. Begitu juga dengan Presiden Agnelli dan Pavel Nedved yang terlihat mencak-mencak di tribun VIP Juventus Stadium. Laga menjamu Sampdoria ini memang harus dimenangkan oleh Juve jika ingin menjauh dari kejaran Serigala Roma yang terus merongrong mereka di peringkat kedua.

Dalam upaya untuk meraih kembali keunggulannya, sang Nyonya Tua semakin meningkatkan intensitas serangannya. Namun, strategi parkir bus yang diracik oleh Mihajlovic sukses membuat Carlos Tevez dan Alvaro Morata mati kutu.

Memasuki menit ke-71, Allegri pun mengganti Morata dengan kompatriotnya asal Spanyol, Fernando Llorente. Setelah itu, menyusul Kingsley Coman dan Sebastian Giovinco yang dimasukkan untuk menggantikan Pereyra dan Tevez pada menit ke-78 dan 88. Namun, upaya tersebut tidak membuahkan hasil. Hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, skor tetap imbang 1-1.

Selama 90 menit, permainan Juve memang kurang efektif. Tercatat mendominasi penguasaan bola hingga 65 persen dan melepaskan 19 kali tembakan (8 di antaranya on target), Tevez dkk hanya mampu mencetak satu gol. Di lain pihak, tim tamu cukup berhasil menerapkan strategi serangan balik. Dengan melesatkan 10 kali tembakan (hanya 3 yang on target), Sampdoria mampu mencuri satu gol.

Dengan hasil seri ini, Juve memang masih memimpin klasemen sementara Serie A dengan 36 poin. Hanya saja, status sang Nyonya Tua sebagai capolista mulai terancam oleh AS Roma yang kini hanya tertinggal satu angka di bawahnya. Jika La Vecchia Signora sampai terpeleset lagi saat dijamu Cagliari weekend ini, bisa jadi sang Serigala Ibu Kota yang berhasil menjadi Campioni d’Inverno alias juara musim dingin.

***

Ratings

Juventus (4-3-1-2): 6
Buffon 7; Lichtsteiner 6, Bonucci 6, Ogbonna 6.5, Evra 6; Vidal 5, Marchisio 6.5, Pogba 6; Pereyra 6/Coman 6 (78′); Morata 5.5/Llorente 5.5 (71′), Tevez/Giovinco 6 (88′).
Coach: Allegri 6.

Sampdoria (4-2-3-1): 6
Romero 7; Cacciatore 6, Gastaldello 6.5, Romagnoli 6, Regini 6; Obiang 6/Duncan 6 (83′), Palombo 6; Rizzo 6, Krsticic 5/Gabbiadini 7 (51′), Eder 6.5; Okaka 5.5/Bergessio 6 (73′).
Coach: Mihajlovic 6.5.

Referee: Doveri 6.

Man of the Match: Manolo Gabbiadini.

Review Serie A 2014-2015 Giornata 15: Juventus 1-1 Sampdoria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s